5 Keutamaan Sholat Berjamaah Agar Hidup Semakin Berkah

Mendirikan sholat merupakan salah satu kewajiban yang wajib dilakukan oleh seluruh umat muslim. Sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW,

“Sholat adalah tiang agama, barangsiapa yang menegakkannya, maka ia telah menegakkan agamanya dan barangsiapa yang merobohkannya, berarti ia telah merobohkan agamanya.”

Sholat Sendirian atau Berjamaah?

Sholat dapat dilakukan secara sendirian atau berjamaah dengan orang lain. Sholat yang dilakukan secara berjamaah paling sedikit dilaksanakan oleh dua orang; seorang imam dan seorang makmum. Mana yang lebih baik, sendirian atau berjamaah? Dibandingkan dengan sholat sendirian, ternyata sholat berjamaah bisa mendatangkan pahala berlipat, lho.

Rasulullah SAW pernah bersabda,

“Manusia paling besar pahalanya dalam shalat adalah yang paling jauh perjalannya, lalu yang selanjutnya. Dan seseorang yang menunggu shalat hingga melakukannya bersama imam, lebih besar pahalanya daripada yang melakukannya (sendirian) kemudian tidur.” (HR. Muslim)

Baca juga artikel Tips Agar Shalat Selalu Tepat Waktu 

Perintah Sholat Berjamaah Beserta Hukumnya

Berdasarkan dalil dan juga pendapat para ulama, ada beberapa hukum sholat berjamaah. Seperti apa penjelasannya?

  1. Fardhu ‘ain
    Artinya adalah sholat berjamaah wajib dilakukan secara berjamaah bagi kaum laki-laki, misalnya pada pelaksanaan sholat jumat.
  2. Fardhu Kifayah
    Fardhu kifayah adalah kewajiban atas seluruh umat namun akan gugur menjadi sunnah bila sudah ada sebagian umat muslim lain yang mengerjakannya.
  3. Sunnah
    Beberapa contoh sholat yang disunnahkan untuk dilakukan secara berjamaah adalah sholat Hari Raya Idul Fitri, Idul Adha, Istisqa dan lain sebagainya.

Dilansir dari situs Nu Online, ada hukum sholat berjamaah lainnya selain ketiga hukum diatas, yaitu:

  1. Mubah
    Maksudnya adalah sholat-sholat yang tidak disyariatkan atau diperintahkan untuk dilaksanakan secara berjamaah. Contohnya adalah sholat dhuha dan shalat rawatib.
  2. Khilaful Ula
    Hukum ini berlaku bila ada perbedaan niat antara imam dan makmum. Misalnya sang imam berniat shalat bukan qadha tapi makmum justru berniat demikian.
  3. Makruh
    Shalat berjamaah bisa berhukum makruh jika melaksanakannya bersama dengan imam yang fasik. Yaitu seseorang yang keluar dari keimanan atau ketaqwaan agama.
  4. Haram
    Shalat berjamaah juga bisa mempunyai hukum haram bila dilaksanakan di atas tanah yang diperoleh secara tidak halal, di lokasi ghosob (tanpa izin) walaupun secara hukum shalatnya tetap sah.

5 Keutamaan Sholat Jamaah

Berikut keutamaan melaksanakan sholat berjamaah yang perlu Sahabat Widya ketahui. Apa saja keutamaannya?

  1. Pahala berlipat ganda
    Nabi Muhammad SAW pernah bersabda:
    Kemudian dalam hadits lain, Rasulullah SAW juga bersabda, yang artinya, “Barangsiapa shalat isya’ secara berjamaah maka seakan-akan dia melakukan shalat separuh malam. Barangsiapa shalat subuh berjamaah maka seakan-akan dia shalat seluruh malam.” (HR Muslim)
  2. Allah SWT menjanjikan surga
    Berdasarkan hadits Rasulullah SAW, ada tiga golongan yang dijamin oleh Allah SWT akan dimasukkan ke dalam surga.“Ada tiga golongan yang semuanya dijamin oleh Allah Ta’ala, yaitu orang yang keluar untuk berperang di jalan Allah, maka ia dijamin oleh Allah hingga Dia mewafatkannya lalu memasukkannya ke dalam Surga atau mengembalikannya dengan membawa pahala dan ghanimah, kemudian orang yang pergi ke masjid, maka ia dijamin oleh Allah hingga Dia mewafatkannya lalau memasukkannya ke dalam Surga atau mengembalikannya dengan membawa pahala, dan orang yang masuk rumahnya dengan mengucapkan salam, maka ia dijamin oleh Allah.” (HR. Abu Dawud)
  3. Terlindung dari api neraka dan sifat munafik
    Dalam sebuah hadits, Nabi Muhammad SAW bersabda: “Barang siapa berjamaah sholat subuh kemudian duduk seraya mengingat Allah ta’ala hingga matahari terbit maka hal tersebut merupakan perlindungan dan pembebasan dari api neraka.”Lalu dalam hadits lainnya, Rasulullah bersabda yang artinya, “Barang siapa shalat berjamaah 40 hari maka Allah ta’ala menetapkannya bebas dari api neraka dan bebas dari sifat munafik”
  4. Sholat berjamaah lebih baik daripada seisi dunia
    Nabi Muhammad SAW bersabda: “Shalat jamaah itu rahmat dan lebih baik daripada dunia seisinya. Berjamaah itu rahmat dan perpecahan itu siksa.”
  5. Terhindar dari gangguan syaitan
    Rasulullah SAW pernah bersabda:“Tidaklah tiga orang di suatu desa atau lembah yang tidak didirikan shalat berjamaah di lingkungan mereka, melainkan setan telah menguasai mereka. Karena itu tetaplah kalian (shalat) berjamaah, karena sesungguhnya serigala itu hanya akan menerkam kambing yang sendirian (jauh dari kawan-kawannya).” (HR. Abu Daud dan An-Nasai)

Semoga setelah mengetahui keutamaannya, Sahabat Widya jadi semakin semangat untuk mendirikan sholat jamaah, ya. Yuk, laksanakan sholat berjamaah mulai hari ini!

Oh iya, Sahabat Widya udah kenal sama fitur Widya Islami yang dimiliki Smart Speaker Widya Wicara? Di dalam fitur Widya Islami, ada banyak fitur lainnya yang akan menunjang kegiatan ibadahmu, lho. Seperti fitur Jadwal Sholat, Kajian Islami, Cerita Islami, Kisah 25 Nabi, Doa Harian, Ayat Al-Quran dan masih banyak lagi fitur menarik lainnya.

Kerennya lagi, Smart Speaker Widya Wicara merupakan produk smart speaker Indonesia karya asli anak bangsa. Smart speaker ini berbasis teknologi artificial intelligence (AI) yang membuatnya sangat pintar dan dapat mengerti segala bentuk instruksi suara. Menarik sekali bukan!

Tertarik memiliki produknya? Mampir ke website kami di www.widyawicara.com yuk! Disitu Sahabat Widya akan mendapatkan info lengkap mengenai Smart Speaker Widya Wicara.

Sumber gambar: https://unsplash.com/@levimeirclancy

Post Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *