5 Tokoh Ilmuwan Muslim Pelopor Teknologi Modern

Sejak zaman keemasan peradaban Islam, ilmu dan teknologi memiliki kedudukan penting sebagai cabang ilmu yang sah. Para cendekiawan muslim pun sudah mengelompokkan jenis ilmu yang bersifat teknologis. Misalnya ilmu bangunan, ilmu optik, ilmu jembatan, mesin militer, ilmu pencarian sumber air tersembunyi, dan lain sebagainya.

Pada masa kejayaan Islam itulah banyak lahir ilmuwan muslim dengan pengetahuan tinggi dengan karyanya yang bermanfaat hingga kini. Yuk, kenalan sama 5 tokoh muslim pelopor perkembangan teknologi modern!

Al-Khawarizmi

Al-Khawarizmi telah dikenal oleh masyarakat luas berkat temuan hebatnya, yaitu ilmu algoritma. Algoritma berperan penting sebagai pembuka gerbang teknologi terutama dalam bidang komputer.

Selain algoritma, Al-Khawarizmi juga berhasil menemukan konsep aljabar, memperkenalkan angka nol serta sistem notasi desimal, membuat tabel perhitungan astronomi untuk mengukur jarak dan kedalaman bumi, menemukan model pembuatan peta dunia, menemukan konsep alat penunjuk waktu dengan bayangan sinar matahari, dan lain sebagainya. Hebat sekali, bukan?

Al-Jazari 

Keinginan manusia untuk menghadirkan robot ternyata sudah muncul sejak abad ke-13. Konsep dasar robot pertama kali diungkapkan oleh ilmuwan muslim bernama Ibnu Ismail Al-Jazari. Saking hebatnya, beliau sampai dijuluki sebagai Bapak Robot, lho.

Robot ciptaan Al-Jazari dapat bergerak dengan bantuan tenaga air (hidrolik). Contoh robot ciptaannya adalah robot pemain musik yang digunakan untuk menghibur tamu kesultanan Turki dalam sebuah jamuan. Selain itu, beliau juga menciptakan sederet karya lainnya berupa mesin engkol, roda gigi, mesin pompa air, dan lain-lain.

Ibnu Firnas 

Ibnu Firnas dikenal sebagai seorang ilmuwan muslim yang ahli pada bidang aerodinamika sekaligus konseptor pesawat terbang. Beliau berhasil mendemonstrasikan mesin penerbangan sederhana dengan kerangka berbahan kayu. Walaupun percobaan tersebut dikatakan gagal, pesawat rakitannya telah mampu bertahan di udara selama 10 menit.

Setelah itu, Ibnu Firnas melanjutkan studi lebih lanjut di bidang avionik. Beliau juga berhasil menemukan gelas transparan berkualitas tinggi, mempelajari sifat kaca pembesar, dan membuat lensa untuk membantu penglihatan. Wow, mengagumkan sekali!

Jabir bin Hayyan 

Ilmuwan muslim selanjutnya adalah Jabir bin Hayyan atau oleh orang barat dikenal dengan nama Ibnu Geber. Beliau adalah orang pertama yang menemukan dan mengenalkan ilmu kimia. Oleh karena itu, beliau disebut sebagai bapak kimia modern. Jabir bin Hayyan telah berhasil membuat instrumen pemotong, peleburan, dan pengkristalan.

Jabir bin Hayyan juga telah menulis banyak buku tentang penemuannya. Ada satu hal yang selalu beliau lakukan selesai menulis uraian eksperimennya, yaitu, “Saya pertama kali mengetahuinya dengan melalui tangan dan otak saya, dan saya menelitinya hingga sebenar mungkin, dan saya mencari kesalahan yang mungkin masih terpendam.”

Ibnu Sina 

Ibnu Sina merupakan tokoh Islam yang terkenal sebagai filsuf muslim perintis ilmu kedokteran dunia. Berkat kontribusinya yang sangat besar bagi ilmu kedokteran, beliau disebut sebagai bapak kedokteran. Beberapa bukunya yang terkenal adalah Al Qanun fil-Tibb (The Canon of Medicine), Kitab Al Shifa (Kitab Penyembuhan) dan masih banyak lagi.

Nah, beberapa temuan Ibnu Sina yang masih bermanfaat di dunia medis hingga hari ini, yaitu ditemukannya manfaat etanol dan juga teori penularan TBC. Wih, keren ya?

Sahabat Widya, penguasaan IPTEK dan IMTAQ itu harus saling bersinergi. Kalau kata Albert Einstein, “Ilmu tanpa agama buta dan agama tanpa ilmu lumpuh.” Jadi, gunakanlah agama sebagai alas ilmu pengetahuan dan manfaatkan ilmu dalam pengamalan agama.

Speaker Pintar Widya Wicara Prima diciptakan bukan hanya untuk mempermudah pekerjaan dan memperkaya ilmu pengetahuan saja, namun juga bertujuan untuk membantu kegiatan ibadah sehari-hari. Maka dari itu, Widya telah menyediakan berbagai fitur menarik, salah satunya adalah “Widya Islami”. Melalui fitur ini, kamu bisa mendengarkan lantunan ayat suci Al-Quran, doa-doa harian atau cerita nabi, lho.

Segera pakai produk Smart Speaker Widya dan rasakan kenikmatan memiliki asisten pribadi sekaligus pendamping ibadahmu.

 

Sumber gambar: pexels.com/@polina-tankilevitch

Post Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *