7 Alasan Mengapa Konten Digital Kamu Butuh Teknologi Text-To-Speech

Menjadi pengelola website tentunya memiliki tantangan tersendiri. Agar website bisa terus mendapatkan kunjungan, konten pastinya mesti up-to-date juga menarik. Sayangnya terkadang harus mengorbankan kualitas demi kuantitas. 

Banyaknya website yang menawarkan konten serupa membuat penikmat konten jadi lebih selektif. Persaingan pun semakin ketat. Meski semua hal seperti SEO, konten terkini, konsistensi update konten sudah diusahakan, tetap diperlukan sesuatu yang baru. Sesuatu yang menjadikan konten digital kamu layak dinikmati daripada yang lainnya. 

Teknologi text-to-speech bisa menjadi jawaban dari tantangan tersebut. Text-to-speech sendiri merupakan teknologi kecerdasan buatan yang memungkinkan kamu untuk merubah teks ke dalam tulisan secara otomatis. 

Lalu, kenapa harus menggunakan teknologi text-to-speech? Berikut ini beberapa alasan mengapa kamu harus menggunakan teknologi ini untuk website dan konten digital kamu. 

1. Kendala Bahasa 

Pengguna internet tidak hanya datang dari negara-negara tertentu. Namun, hampir semua negara dan pelosok daerah bisa mengakses internet. Karena hal tersebut terkadang bahasa menjadi salah satu kendala untuk mendapatkan informasi. 

Text-to-speech dapat menjadi penerjemah online bagi konten digital kamu. Beberapa perangkat text-to-speech yang bagus bahkan bisa mendeteksi berbagai macam bahasa. 

2. Kemudahan Akses

Seperti yang kita tahu, tidak semua orang suka membaca. Terutama masyarakat Indonesia yang minat baca dan tingkat literasinya sangat rendah. Budaya kita ini membuat orang-orang lebih suka mendengarkan daripada membaca. Teknologi inovatif seperti text-to-speech tentunya sangat cocok untuk mereka. 

Text-to-speech di website dapat mengubah konten digital kamu menjadi konten audio. Tanpa harus membaca mereka cukup mendengarkan saja. Hal ini tentunya mempermudah akses terhadap informasi yang mereka butuhkan. 

3. Ramah Penyandang Disabilitas

Selain untuk masyarakat dengan tingkat literasi yang rendah, text-to-speech juga sangat membantu bagi kaum difabel untuk belajar dan memperluas wawasan. Mereka juga bisa menikmati konten digital kamu dengan bantuan audio teks dari text-to-speech. Website yang ramah penyandang disabilitas sebenarnya masih jarang ditemui saat ini. Sekarang giliran kamu buat website yang ramah difabel. 

4. Ramah Anak dan Lansia

Ada kelompok usia masyarakat yang juga perlu diperhatikan. Terutama bagi website yang konten digitalnya mencakup kategori umum dan diperuntukkan bagi segala usia. Anak-anak usia dini zaman sekarang sudah pintar mengoperasikan gadget dan internet. Namun, kebanyakan dari mereka masih berada pada fase awal pembelajaran. Sehingga masih banyak yang belum terlalu lancar membaca atau bahkan tidak bisa membaca sama sekali. 

Begitu juga dengan pengguna internet usia lanjut. Jika kita melihat realitanya, hoax atau berita bohong banyak beredar di kalangan usia 50 tahun ke atas. Itu artinya tingkat kemampuan literasi mereka sangat rendah. Ditambah faktor kesehatan juga membuat kemampuan penglihatan kalangan ini menurun. Dengan adanya text-to-speech di website atau konten digital kamu, maka mereka juga bisa menikmati konten-konten tersebut dan memperluas wawasan mereka.  

5. Bisa Dipersonalisasi

Teknologi text-to-speech merupakan teknologi kecerdasan buatan yang bisa kamu customize sesuai kebutuhan. Seperti Text-To-Speech Widya Wicara ini. Melalui teknologi Speech Synthesis Markup Language (SSML) memungkinkan text-to-speech mengetahui tanda baca, akronim, dan angka. Suara yang dihasilkan pun terdengar natural karena pengucapan nadanya nyaman didengar serta artikulasi akurat. Selain itu jenis suara bisa dipilih sesuai kebutuhan dan sasaran penikmat konten digital kamu. 

Kabar baiknya, kamu bisa coba gratis text-to-speech milik Widya Wicara di sini. 

6. Orang-Orang Lebih Suka Yang Praktis

Makin berkembangnya teknologi terbaru, masyarakat sekarang tidak suka dengan sesuatu yang ribet. Sebab sudah dibiasakan oleh teknologi canggih serba praktis jadinya mereka pasti akan lebih memilih hal yang tidak merepotkan. 

Hukum ini juga berlaku di dunia konten digital. Beberapa orang bahkan tidak memiliki waktu untuk membaca. Adanya text-to-speech pada konten atau website kamu bisa memudahkan mereka untuk bisa menikmati konten sambil melakukan pekerjaan lain dalam satu waktu. 

7. Memperluas Jangkauan

Poin-poin di atas tadi kita sudah membahas bagaimana text-to-speech bisa menjadikan konten digital atau website kamu mencakup masyarakat global, ramah difabel, anak-anak, dan lansia. Hal ini tentunya akan membuat jangkauan website kamu menjadi lebih luas. Tidak hanya orang-orang tertentu, semua orang bisa mengakses website kamu. 

 

Itulah alasan-alasan mengapa website atau konten digital kamu perlu teknologi text-to-speech. Teknologi kecil seperti text-to-speech ternyata bisa mengubah dunia menjadi lebih baik dengan mempermudah akses bagi siapa saja dan dimana saja. 

Kamu pun bisa mengubah dunia. Cukup mulai dari menggunakan text-to-speech untuk konten digital dan website kamu. Coba dan buktikan sendiri. Kunjungi website kami sekarang juga di www.widyawicara.com.

 

Post Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *