7 Jenis Analisis Pelanggan untuk Kemajuan Bisnis

Analisis Pelanggan

Analisis pelanggan adalah proses pengumpulan serta analisis data yang bertujuan untuk meningkatkan kepuasan maupun loyalitas pelanggan. Dimana dengan menggunakan analisis pelanggan, pebisnis dapat lebih mudah menentukan strategi marketing yang akan digunakan.

Sebelum membahas lebih detail mengenai jenis analisis pelanggan (customer analytic), perlu dipahami bahwa analisis pelanggan dibagi menjadi 4 kateogori utama yaitu : 

  1. Analisis Deskriptif : Analisis Deskriptif menggambarkan perilaku pelanggan di masa lalu yang nantiya akan membantu bisnis menyusun strategi bisnis yang lebih baik di masan depan. Dari Analisis  Deskriptif kamu bisa peroleh data seperti histori pencarian, informasi pengguna hingga perilaku transaksi.

  2. Analisis Diagnostik : Dalam Analisis Diagnostik kita akan memahami alasan dibalik perilaku pelanggan. Analisis Diagnostrik mencakup penemuan data, pembuatan korelasi dan masih banyak lagi.

  3. Analisis Prediktif : Analisis Prediktik diperoleh dengan membandingkan data historis dan masa kini untuk memperkirakan aktifitas pelangan di masa depan. Analisis ini mampu mempredisksi kinerja bisnis apapun meski tidak 100% akurat.
  4. Analisis Prespektif : Analisis Prespektif digunakan untuk memutuskan tindakan yang tepat dengan suatu keadan tertentu pada setiap pelanggan. Analisis Prespektif meliputi produk apa saja yang sedang dicari, kategori yang disukai dan masih banyak lagi.

Keempat kategori utama analisis pelanggan di atas tentunya dapat dijadikan pedoman penyusunan strategi bisnis untuk menjangkau pelanggan potensial. 

Namun jangan salah, kita tidak bisa sembarang memilih analisis pelanggan karena belum tentu efektif untuk bisnis kita. Oleh karena itu sebelum mempraktekannya kamu juga perlu memahami beberapa jenis analisis pelanggan. Ada apa saja? 

Jenis Analisis Pelanggan 

  1. Analisis Pengalaman Pelanggan : Analisis Pengalaman Pelanggan berupa analisis deskriptif mengenai pengalaman pelanggan terhadap suatu merek pernah dia gunakan. Dengan memahami Analisis Pengalaman Pelanggan bisnis diharapkan mampu meningkatkan pelayanannya di masa mendatang.
  2. Analisis Interaksi Pelanggan : Analisis Interaksi Pelanggan dapat diperoleh dengan mengumpulkan komentar sosial media, traffic situs web maupun segala aktifitas pelanggan pada platform bisnis kita. Data ini akan membantu bisnis untuk menemukan konten seperti apa yang disukai pelanggan.

  3. Analisis Keterlibatan Pelanggan : Untuk mendapat Analisis Keterlibatan Pelanggan perusahaan perlu memberikan wadah bagi  pelanggan untuk menyampaikan pendapat, saran maupun kritik terhadap produk atau layanan bisnis kamu. Proses ini juga bertujuan agar pelanggan terlibat dalam pengambilan keputusan perusahaan dalam rangka meningkatkan penjualan.

  4. Analisis Loyalitas Pelanggan : Tujuan dari Analisis Loyalitas Pelanggan adalah membuka peluang mendapat pelanggan jangka panjang. Analisis ini juga di dapat dari pengalaman pelanggan yang nantinya akan digunakan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.

  5. Analisis Retensi Pelanggan : Dalam bisnis memperoleh pelanggan baru tidak kalah penting dengan mempertahankan pelanggan lama. Analisis Retensi akan membantu bisnis mengetahui alasan pelanggan bertahan ataupun sebaliknya.

  6. Analisis Nilai Umur Pelanggan : Umur disini tidak diartikan tua atau mudanya seorang pelanggan, namun berapa lama pelanggan tersebut bertahan menggunakan produk atau layanan bisnis kamu. Analisis pelanggan akan membantu menemukan pelanggan yang berharga dan layak dipertahankan.
  7. Analisis Pemikiran Pelanggan : Apa yang sedang ramai dibicarakan calon pelanggan sangat penting untuk diketahui. Dalam hal ini Analisis  Pemikiran Pelanggan bertujuan untuk melacak opini audience sehingga bisnis mampu menyesuaikan setrta memberikan penawaran yang tepat. 

Manfaat Analisis Pelanggan Untuk Bisnismu

Secara garis besar manfaat utama dari analisis pelanggan adalah sebagai acuan perusahaan dalam pengambilan keputusan yang sesuai dengan target maupun keadaan pasar. Namun selain itu terdapat beberapa manfaat dari analisis pelanggan yang akan sangat membantu kinerja bisnis kamu diantaranya :

  1. Menurunkan Biaya Akuisisi Pelanggan

    Biaya akuisisi pelanggan yang tinggi dapat memangkas jumlah keuntungan penjualan terutama bagi bisnis pemula. Dengan adanya analisis pelanggan yang berkualitas bisnis dapat menerapkan strategi yang tepat untuk menurunkan biaya akuisisi pelangan

  2. Memperoleh Retensi Pelanggan Lebih Baik

    Bagi bisnis, mempertahankan pelanggan lama akan memakan biaya lebih sedikit dibanding mencari pelanggan baru. Inilah pentingnya penggunaan Analisis pelanggan bagi bisnis untuk  mengupayakan  retensi pelanggan yang lebih baik sehinggan biaya operasonal dapat ditekan.

  3. Meningkatkan Efesiensi Layanan Pelanggan

    Analisis pelanggan berisi data yang akan membantu bisnis memahami karaker serta perilaku pelanggan. Dengan bantuan analisis pelanggan, bisnis akan memiliki alur pelayanan pelanggan yang lebih efisien.

    4. Meningkatkan Omzet dan Profit Bisnis

    Omset maupun profit penjualan sangat menentukan keberlangsungan setiap bisnis. Dalam hal ini analisis pelanggan berguna untuk memprediksi kondisi pasar serta menentukan strategi yang tepat dalam meningkatkan penjualan.

 

Sahabat Widya, memahami jenis analisis pelangggan beserta manfaatnya saja tidaklah cukup. Langkah nyata mennyusun analisis pelanggan harus dimulai supaya kamu bisa segera merancang strategi bisnismu untuk kedepannya. 

Strategi bisnis  dengan mempertimbangkan analisis pelanggan akan selalu melibatkan teknologi dalam penerapannya. Saat ini Widya Wicara memiliki produk Chatbot Widya Wicara  yang akan menunjang bisnis kamu terutama di bagian layanan pelanggan. 

Chatbot sendiri adalah program komputer berbasis AI (Artificial Intelligence ) atau robot virtual yang mampu berinteraksi dengan natural layaknya manusia. 

Chatbot Widya Wicara dapat diintegrasikan dengan platform pesan instan seperti Whatsapp, Line dan Telegram. Fitur ini akan membantu pekerjaan customer service untuk menjawab banyaknya pesan dari pelanggan dengan cepat dan akurat. 

Rancang strategi yang tepat untuk bisnis kamu dengan analisis pelanggan dan tingkatkan layanan pelanggan dengan chatbot dari Widya Wicara. 

Hubungi Kami

Post Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *