7 Tips Menjaga Pola Hidup Sehat Menurut Islam

Sebelum membahas pola hidup sehat menurut pandangan Islam, mari mencari tahu terlebih dahulu mengenai konsep kesehatan itu sendiri. Menurut World Health Organization (WHO), kesehatan bukan sekedar terbebas dari penyakit secara fisik, tetapi juga menckup psikis, serta lingkungan sosial.

Kesehatan Menurut Pandangan Islam

Tak jauh berbeda, Islam juga memandang kesehatan sebagai suatu kondisi yang sehat secara menyeluruh, baik dari fisik, mental, spiritual,bahkan sosial. 

Dalam musyawarah Nasional Ulama tahun 1983, MUI mengungkapkan bahwa kesehatan merupakan ketahanan jasmani, ruhaniyah dan sosial yang dimiliki manusia sebagai karunia Allah yang wajib disyukuri dengan mengamalkan tuntunan-Nya.

Membahas sedikit tentang bersyukur, Allah SWT telah memerintahkan agar selalu bersyukur terhadap-Nya. Hal itu tertuang dalam QS. Ibrahim ayat 7 yang artinya, “Dan (ingatlah juga) tatkala Tuhan kalian memaklumkan, sesungguhnya jika kalian bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepada kalian; dan jika kalian mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.”.

Oleh sebab itu, ketika dianugerahi kondisi tubuh yang sehat wal afiat hendaknya selalu mengucap syukur kepada Allah SWT dengan harapan kelak Allah SWT akan menambahkan nikmat kesehatan.

Demi menjaga kesehatan fisik, mental, spiritual dan sosial, Islam memiliki 7 tips pola hidup sehat yang bisa Sahabat Widya terapkan, nih. Ada apa aja?

 

7 Tips Pola Hidup Sehat Islami

  1. Mengatur makan dan minum
    Allah SWT telah berfirman mengenai makanan dan minuman yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi. Seperti dalam QS. Al-Maidah ayat 88, yang artinya “Dan makanlah makanan yang halal lagi baik dari apa yang Allah telah rizkikan kepadamu, dan bertakwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya”.

    Dalam ajaran Islam, ada makanan dan minuman yang diharamkan untuk dikonsumsi karena dapat berbahaya bagi kesehatan. Diantaranya ada darah, bangkai, daging babi, binatang buas bertaring, burung berkuku tajam, hewan jalalah atau yang memakan kotoran dan minuman keras atau khamar.

  2. Menjaga kebersihan
    Selanjutnya adalah menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Kamu bisa mulai dengan hal kecil seperti selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Sekarang ini mencuci tangan juga termasuk dalam protokol kesehatan oleh pemerintah dalam rangka mencegah tertularnya covid-19, lho. Selain kebersihan diri, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan lingkunganmu juga, ya.
  3. Seimbang antara aktivitas dan waktu istirahat
    Ada waktunya tubuh bekerja dan ada pula waktu untuk tubuh beristirahat. Apabila tubuh terus menerus dipakai untuk bekerja tanpa istirahat sedikit pun, sudah hal yang pasti bahwa suatu saat tubuh akan tumbang.

    Berkaitan dengan hal ini, Allah SWT berfirman dalam surat Al-Qashash ayat 73, “Dan karena rahmat-Nya, Dia jadikan untukmu malam dan siang, supaya kamu beristirahat pada malam itu dan supaya kamu mencari sebahagian dari karunia-Nya (pada siang hari) dan agar kamu bersyukur kepada-Nya”. Jadi ingat ya, sesibuk apapun kamu jangan lupa untuk tetap beristirahat.

  4. Memelihara kesehatan rohani
    Selain kesehatan jasmani, rohani manusia juga memiliki hak untuk dipelihara. Menurut ajaran Islam, cara memelihara kesehatan rohani adalah dengan senantiasa mendekatkan diri dan mengingat Allah SWT. Karena hanya Allah lah yang mampu memberikan ketenangan dan ketentraman dalam hati.

    Bagaimana cara mendekatkan diri kepada Allah SWT? Yaitu dengan melaksanakan sholat lima waktu, berdzikir, dan melaksanakan ibadah mulia lainnya yang diperintahkan oleh Allah SWT.

  5. Memperhatikan kesehatan mental
    Dilansir dari situs dosenpsikologi.com, secara umum ada 3 komponen kesehatan mental, yaitu pikiran, emosional dan spiritual. Kesehatan pikiran tercermin dari bagaimana pola pikir yang dimiliki seseorang.

    Kesehatan emosional juga tak kalah penting. Emosional yang sehat bisa terlihat dari kemampuan seseorang dalam mengekspresikan emosi yang sedang dialami. Kemudian, seseorang yang sehat secara spiritual akan merasakan ketenangan jiwa karena ia dekat dengan Tuhan.

  6. Menjaga kesehatan sosial
    Menjaga kesehatan sosial juga diperlukan karena pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial. Seperti kata Aristoteles, seorang filsuf yunani, ia mengungkapkan istilah zoon politicon, yang artinya kodrat manusia itu hidup bermasyarakat dan berinteraksi dengan satu sama lain.

    Lebih jauh lagi, Allah juga menerangkan dalam QS Al-Hujurat ayat 13 “Hai manusia, sesungguhnya kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah yang paling bertakwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui Lagi Maha Mengenal.”

  7. Rutin olahraga
    Terakhir adalah rutin berolahraga. Ada banyak jenis olahraga yang bisa Sahabat Widya lakukan, seperti lari, berjalan, sepak bola, basket, renang dan olahraga lainnya. Tapi sebenarnya apa manfaat olahraga untuk tubuh?

    Selain untuk menjaga agar berat badan tetap ideal, olahraga juga dapat membuat tubuh tetap bugar dan kuat, mengatasi stress, menjauhkan dari beragam penyakit, membuat tubuh lebih tegap, meningkatkan daya pikir dan masih banyak lagi.

Jenis Olahraga yang Dianjurkan Rasulullah

Berbicara tentang olahraga, ada lho beberapa jenis olahraga yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW dan bisa Sahabat Widya coba lakukan. Simak daftar berikut ini.

  • Berkuda
    Olahraga yang satu ini memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, lho. Misalnya memperkuat inti tubuh, menguatkan otot paha, membakar kalori sekitar 360 kalori (menurut Federasi Berkuda Inggris) serta meningkatkan fleksibilitas. Selain menyenangkan berkuda ternyata membawa banyak pengaruh baik, kan.
  • Memanah
    Menurut hellosehat, olahraga memanah bisa meningkatkan koordinasi tangan, mata serta keseimbangan tubuh. Lalu melatih fleksibilitas tangan dan jari, meningkatkan fokus dan membangun kekuatan tubuh. Wah keren sekali bukan.
  • Berlari
    Olahraga berlari sering dikatakan sebagai olahraga yang mudah untuk dilakukan karena tidak membutuhkan banyak peralatan. Meskipun mudah dilakukan, ternyata berlari diketahui dapat membawa dampak baik. Misalnya menjaga kesehatan lutut, mencegah osteoporosis, mengurangi resiko penyakit jantung dan lain-lain.
  • Jalan cepat
    Jalan cepat yang dilakukan secara rutin juga dapat membantu tubuh agar selalu fit, mengurangi lemak berlebih, memperbaiki kesehatan jantung, melatih otot dan persendian agar fleksibel, memperkuat tulang dan lainnya. Buat Sahabat Widya yang lama tak berolahraga, mungkin kamu bisa memulai dengan olahraga yang satu ini.
  • Gulat
    Meskipun olahraga gulat terlihat berbahaya, ternyata olahraga ini menyimpan banyak manfaat, lho. Melakukan gulat secara tidak langsung akan mengajarkan seseorang untuk bertanggung jawab, memiliki ketangguhan mental, mengajarkan tentang menjaga nutrisi dan berat badan dan lain sebagainya.
  • Berenang
    Adakah Sahabat Widya yang menyukai aktifitas yang berhubungan dengan air? Kalau iya, berenang bisa menjadi pilihan yang tepat untukmu. Tak hanya menyegarkan, olahraga renang juga menawarkan efek yang baik untuk tubuh. Diantaranya memelihara kesehatan jantung, menambah kapasitas paru-paru, menghilangkan stress, memperbaiki suasana hati dan lainnya.

Tuh kan, pola hidup sehat itu bukan cuma tentang menjaga makan aja tapi juga harus diimbangi dengan olahraga. Karena rutin berolahraga sangatlah baik untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan bugar. 

Nah, buat kamu yang pengin rutin olahraga tapi masih suka males-malesan karena nggak ada teman. Kamu bisa nih mulai olahraga dengan ditemani sama Widya, lho!

Gimana caranya? Smart Speaker Widya Wicara punya fitur bernama ‘Olahraga Widya’. Dengan menggunakan fitur ini, Sahabat Widya dapat menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga. Widya menyediakan opsi mulai dari olahraga sesi ringan, sedang hingga berat.

Cobain sendiri deh nyamannya olahraga bareng Widya. Yuk miliki produknya sekarang!

 

 

Shopee

Tokopedia

Post Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *