Aneh Tapi Nyata, Ini 9 Fakta Unik di Dunia yang Perlu Kamu Tahu!

Bumi, planet yang kita tinggali ini memiliki berbagai keunikan yang mungkin belum pernah kita ketahui. Bayangkan, ada sekitar 200 negara di dunia dengan penduduknya mencapai lebih dari 7.8 miliar orang. Jangan lupakan juga makhluk hidup lain yang tinggal di bumi, seperti tumbuhan, hewan, atau organisme lain.

Tentu saja ada banyak fenomena menarik yang terjadi di bumi. Berikut adalah beberapa hal-hal menarik yang benar-benar terjadi di dunia:

  1. Kecerdasan Buaya
    Bukan buaya yang suka memberi janji palsu, hewan melata ini ternyata memang memiliki kecerdikan yang tinggi. Agar dapat menyelam ke dalam air yang lebih dalam, mereka sengaja menelan kerikil dan batu-batuan di sekitarnya.
  2. Hujan Katak
    Keanehan pertama adalah fenomena hujan yang tidak menurunkan air, tetapi hujan hewan. Fenomena tersebut terjadi pada tahun 1997 di salah kota Meksiko. Anehnya, hujan ini tidak hanya terjadi lokal, melainkan secara merata di kota tersebut.
  3. Manusia Tinggi dari Belanda
    Memiliki tubuh tinggi merupakan idaman semua orang, terutama pria. Namun, tahukah kamu bahwa negara Belanda memiliki rata-rata penduduk tertinggi di dunia? Menurut pe penelitian BBC tahun 2019, laki-laki Belanda memiliki tinggi rata-rata 182,5 cm. Sedangkan, perempuannya memiliki tinggi rata-rata 169,8 cm.
  4. Rahasia Menaklukkan Singa
    Dilihat dari ukuran dan keagresifannya, singa tampak sangat sulit untuk dijinakkan. Namun, ternyata para penjinak singa di sirkus memiliki rahasia sendiri. Mereka menggunakan kursi saat menghadapi singa, karena hewan tersebut hanya bisa fokus pada satu objek saat menyerang. Nah, saat berhadapan dengan kursi dengan empat kaki, singa akan mundur karena kebingungan.
  5. Ibu Kota Kembar Dunia
    Julukan unik tersebut diberikan pada sebuah kota di Nigeria, yang bernama Igbo Ora. Kota ini memiliki rasio anak kembar tertinggi di dunia. Sebanyak 50 persen kelahiran di kota ini selalu menghasilkan anak kembar. Karena persentasenya yang tinggi inilah, akhirnya Igbo Ora mendapat julukan ‘Ibu Kota Kembar Dunia’.
  6. Pantai Gading dan Bahasa Prancis
    Pantai Gading di sini bukanlah nama pantai indah di Indonesia, melainkan salah satu negara yang terletak di Afrika Barat. Meski berasal dari Afrika, pemerintah Pantai Gading meminta agar Pantai Gading disebut dalam bahasa Prancis, yakni Côte d’Ivoire.  Hal tersebut telah tertulis di New World Encyclopedia pada tahun 1985, bahwa penyebutan Côte d’Ivoire digunakan pada seluruh bahasa, sehingga tidak lagi disebut Pantai Gading maupun Ivory Coast.
  7. Unicorn Jadi Hewan Nasional
    Sering muncul sebagai hewan fantasi, ternyata tak membuat unicorn hanya digemari anak kecil saja. Buktinya, Skotlandia menjadikan hewan mitologi ini sebagai hewan nasionalnya. Walaupun sebenarnya tak hanya Skotlandia saja yang menggunakan hewan mitologi, ada pula Tiongkok yang menggunakan Naga sebagai hewan nasional.  Namun tetap saja, unicorn tampak sangat lucu dan menggemaskan untuk dijadikan hewan nasional, bukan?
  8. Kantor Pos Pengirim Bangunan
    Kantor Pos biasanya identik dengan pengiriman surat. Namun, kasus lucu pernah terjadi pada Kantor Pos Amerika Serikat pada tahun 1916. Seorang pria bernama William H. Coltharp mengirim ‘dinding per dinding’ dengan memasukkan batu bata sebanyak 80.000 biji dalam 40 peti yang masing-masing beratnya 22 kilogram. Coltharp mengaku bahwa melakukan pengiriman melalui pos adalah cara termurah mengirim bahan konstruksi bangunan dengan kapal. Karena ulahnya, kantor pos AS melarang pengiriman benda pos melebihi 90 kg dalam sehari sejak 1916.
  9. Ukuran Amerika
    Saat manusia masih purba, mungkin satuan pengukuran manusia daerah satu dan daerah lainnya berbeda. Semenjak revolusi, akhirnya muncul sistem pengukuran seperti kilogram, kilometer, dan sebagainya. Ukuran yang lazim digunakan untuk berbagai negara ini ternyata tidak digunakan oleh Amerika Serikat. Mereka memiliki sistem pengukuran yang disebut United States Customary System. Sehingga mereka tidak menggunakan kilometer tetapi mil, serta kilogram menjadi pon. Sistem yang sudah digunakan sejak tahun 1832 ini diturunkan dari sistem imperial Inggris, sehingga sering disebut sistem pengukuran imperial.

Ingin mendapat informasi menarik tentang fakta keunikan dunia setiap hari? Akses fitur Pengetahuan Umum dan Kuis Trivia di Smart Speaker Widya Wicara sekarang juga! Cari tahu lebih dalam tentang speaker pintar asli Indonesia ini dengan menghubungi www.widyawicara.id.

 

 

output-onlinegiftools-1

Sumber gambar: https://unsplash.com/@jkozoski

 

Post Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *