Informasi

Benarkah Subuh adalah Waktu Terbaik Untuk Menghafal Al-Quran?

Bagi seorang muslim, Al Qur’an adalah pedoman utama bagi seorang muslim dalam menjalani hidupnya. Di dalamnya, terdapat kisah-kisah dan petunjuk jalan yang bila dipegang teguh, niscaya akan mengantarkan pada keselamatan dunia dan akhirat. Keutamaan Al-Quran bagi seorang muslim juga ketika kita dapat menghafalnya. Dalam beberapa hadist juga dijelaskan bahwa membaca Al-Quran adalah wujud iman kita kepada Allah SWT dan itu pula yang akan menuntun kita untuk masuk surga.

Namun memilih waktu menghafal terkadang menjadi kendala utama. Hal ini dapat terjadi karena beberapa alasan seperti rutinitas yang menyibukan sehingga tidak ada waktu menghafal ataupun pekerjaan yang menguras pikiran hingga tidak dapat berkonsentrasi pada hal lainnya.

Untuk itu, bagi kamu yang kesulitan memilih waktu menghafal Al-Quran secara efektif, kamu bisa mencoba menghafalnya di waktu sepertiga malam akhir (subuh). Kenapa? Simak penjelasan berikut:

1. Waktu Terbaik untuk Kerja Otak

Berdasarkan penelitian, jam-jam sepertiga akhir malam adalah waktu yang sangat tepat untuk kerja otak yang maksimal. Ketika tidur, tubuh menghasilkan hormon noreadrenalin yang tujuannya untuk membangkitkan konsentrasi. Ketika bangun tidur, hormon serotin dan noreadrenalin bergabung lalu membuat kamu mempunyai daya konsentrasi yang lebih baik. Maka dari itu, ketika Anda membaca Al-Quran di waktu subuh, daya ingat yang masih optimal memberikan kemudahan untuk Anda guna menghafal Al-Quran.

2. Tubuh Lebih Segar dan Bersemangat

Subuh identik dengan cuaca yang sejuk dan dingin, disaat inilah pohon mengeluarkan oksigen yang membuat pernapasan anda lebih segar dari biasanya. Untuk mengatasi rasa kantuk yang datang, anda perlu mensiasati waktu tidur sehingga memiliki jam tidur yang cukup untuk bangun dikala subuh, tidak hanya itu Anda juga bisa mengambil wudhu atau mandi.

3. Suasana yang Masih Hening

Kebanyakan orang masih tertidur pulas dikala subuh, ini membuat kamu merasa lebih hening dan tenang ketika mulai menghafal Al-Quran. Bukan hanya untuk menghafal Al-Quran, tapi suasana ini juga cocok untuk proses belajar ataupun menyelesaikan kerjaan yang belum selesai dihari sebelumnya. 

Ditambah suhu udara yang segar dan kaya akan oksigen membuat otak mampu berpikir lebih jernih dan menangkap sesuatu lebih cepat. Berbanding terbalik dengan malam hari ketika tumbuhan memproduksi karbondioksida yang menjadi salah satu faktor kamu kesulitan untuk berkonsentrasi.

4. Menjadi Lebih Produktif

Membiasakan diri untuk bangun lebih awal memberikan kamu waktu yang cukup untuk memulai hari lebih produktif. Banyak manfaat yang dapat kamu rasakan ketika bangun subuh dan memulai hari lebih cepat dari orang kebanyakan. Kamu jadi lebih mudah mengatur waktu dan sudah terbiasa untuk disiplin, maka seluruh agenda harian kamu akan dapat dijalani dengan mudah dan hasil yang maksimal.

Sama halnya dengan menghafal Al-Quran, kamu juga perlu komitmen dan rutin membaca Al-Quran secara berulang. Maka dengan memulai hari dari subuh, kamu punya waktu terbaik dikala tubuh sedang optimal untuk menerima informasi.

Nah, untuk Anda yang ingin membiasakan bangun subuh, Smart Speaker Widya Wicara Prima dalam membantu Anda dengan fitur pengingat. Bukan hanya itu, Widya juga bisa membantu Anda membacakan ayat Al-Quran sehingga dalam proses menghafal di waktu subuh, Anda mendapat bantuan extra. 

Untuk pembelian secara online Anda dapat mengunjungi linktr.ee/widyawicara atau apabila Anda ingin mengunjungi offline store kami, temukan lokasinya melalui https://widyawicara.com/temukan-kami. Suarakan semua bersama Widya Wicara, smart speaker karya anak bangsa.

 

Update Widya Wicara