Chatbot Telegram: Kunci Sukses Tingkatkan Customer Experience Bisnismu

Sahabat Widya, kamu udah tau belum selain WhatsApp, platform Telegram juga bisa terintegrasi dengan chatbot? Telegram adalah sebuah aplikasi pesan instan dengan fitur chat terbuka, dimana pengguna bisa mengirim pesan kepada seseorang atau bergabung dalam sebuah grup tanpa perlu menyimpan nomor terlebih dahulu.

Karena kemudahannya, kini tak jarang perusahaan atau bisnis kecil mulai mengintegrasikan Telegram dengan chatbot. Chatbot memang telah banyak digunakan para pebisnis untuk melayani para pelanggan yang selalu ingin respon yang cepat. Chatbot adalah pilihan yang tepat, karena ia mampu merespon secara instan dan tepat, mampu aktif seharian, dan mudah digunakan.

Menurut riset dari Salesforce, sekitar 69% pelanggan lebih memilih menggunakan chatbot, sebab dapat memberikan respon lebih cepat terhadap pertanyaan simpel. Berdasarkan data dari VentureBeat, sebanyak lebih dari 50% pelanggan menginginkan agar bisnis bisa tersedia seharian penuh. Tentu hal ini sangat susah terwujud tanpa adanya chatbot.

Itulah mengapa, chatbot dapat dikatakan sebagai solusi baru untuk memperbaiki pelayanan pelanggan. Melalui kepintarannya, chatbot tak akan membuat pelanggan menunggu lama dan mampu memberikan pelanggan rasa nyaman serta merasa diprioritaskan.

Kenalan Dulu sama Chatbot

Buat kamu yang belum tahu apa itu chatbot, simak penjelasan singkat ini sampai habis, ya.

Chatbot adalah sebuah program berbasis AI (Artificial Intelligence), yang dapat berkomunikasi atau melakukan percakapan dengan natural layaknya manusia biasa. Kecerdasan buatan yang disematkan pada chatbot membuatnya mampu menerima pesan dari pelanggan, menganalisis pesan, dan memberikan respon secara spesifik berdasarkan kata kunci yang dikirim.

Selain memberikan respon yang cepat, chatbot juga mampu aktif seharian, menjawab pertanyaan berulang serta mampu mengirim pesan secara masif dalam waktu yang bersamaan. Chatbot juga dapat terintegrasi dengan berbagai platform pesan instan seperti WhatsApp, Line, Facebook Messanger dan juga Telegram, sehingga dapat menjangkau pelanggan lebih luas.

Cara kerja chatbot dapat dikelompokkan menjadi tiga metode: pattern matching (penyesuaian pola saat mengelompokkan teks), decision tree-based (pengguna mengikuti urutan jawaban yang sudah terprogram), dan contextual (mengandalkan machine learning untuk menciptakan percakapan natural).

          Baca juga artikel Statistik dan Trend Chatbot untuk Bisnis

Apa itu Chatbot Telegram?

Chatbot Telegram adalah sebuah robot virtual yang bertujuan untuk merespon berbagai pertanyaan, memberikan informasi atau menjalankan perintah apapun yang diberikan oleh pegguna. Misalnya memberi informasi ramalan cuaca, kenaikan atau penurunan harga, melakukan penerjemahan bahasa, menjawab soal, bermain game, pengingat dan fungsi menarik lainnya. Keren, ya?

Pada dasarnya, platform Telegram sudah digemari oleh masyarakat karena memberikan kemudahan dalam berkomunikasi. Pengguna juga akan semakin dimudahkan dengan adanya chatbot Telegram dalam hal mencari dan mendapatkan informasi. Tak heran bila suatu hari nanti chatbot Telegram memiliki tempat spesial di hati para pengguna.

Karena itulah, para pebisnis dapat menjadikan chatbot Telegram sebagai pilihan tepat dalam usaha menjagkau para pelanggan. Bisa dengan memanfaatkan chatbot yang disediakan Telegram atau mengintegrasikan chatbot pihak ketiga dengan Telegram.

Kenapa Chatbot Telegram Penting untuk Bisnis?

Chatbot dapat memudahkan pekerjaan para karyawan terutama untuk customer service. Dengan adanya chatbot, pebisnis jadi bisa menghemat cost yang mungkin dikeluarkan untuk merekrut customer service agent.

Selain itu, chatbot juga mampu merespon dengan cepat dan tepat, membuat pelanggan merasa lebih nyaman, dan ketersediaan fitur chatbot akan mampu menarik pelanggan lebih banyak lagi.

Berdasarkan data statistik dari Cogizant, sekitar 60% orang memilih chatbot untuk memberikan respon secara instan. Lalu, HubSpot juga mengatakan sekitar 40% pembeli tak peduli apakah mereka dibantu oleh program AI atau manusia, yang penting pertanyaan mereka terjawab.

Melihat dari data tersebut, bisa dipastikan bahwa pengaplikasian chatbot Telegram sebagai salah satu strategi bisnis dalam hal peningkatan kepuasan pelanggan adalah hal yang perlu dipertimbangkan oleh para pebisnis. Entah bisnis besar maupun bisnis kecil seperti UMKM.

          Baca juga artikel Kenapa UMKM Perlu Pasang Chatbot Sendiri?

Gimana sih Cara Menggunakan Chatbot Telegram?

Agar dapat berinteraksi dengan chatbot Telegram, ada dua cara yang bisa kamu lakukan.

  • Pertama, kamu bisa mengirim pesan perintah dengan membuka obrolan bot tujuanmu. Carilah bot tujuanmu di searchbar atau di kolom pencarian. Jika kamu sudah menemukan bot yang kamu inginkan, klik bot tersebut dan kamu bisa langsung mengirimkan pesan berupa perintah atau permintaan. Pesan yang kamu kirimkan akan diterima dan dianalisis oleh bot. Setelah itu, bot akan memberikan respon yang tepat untukmu.
  • Kedua, dengan menggunakan Bot Inline. Caranya adalah dengan mengetikkan nama pengguna bot sekaligus perintah yang kamu inginkan. Cari dulu username bot yang kamu butuhkan. Setelah muncul pada hasil pencarian, masuk ke mode obrolan dengan bot. Kamu bisa mulai dengan mengirim perintah/start. Kalau sudah mendapat balasan, barulah kamu bisa memberi instruksi selanjutnya.

Keuntungan Chatbot Telegram untuk Bisnis Kecil atau UMKM

Ada banyak keuntungan penggunaan chatbot Telegram untuk bisnismu, Widya akan merangkumnya seperti sebagai berikut:

  • Mengoptimalkan engagement pelanggan terhadap bisnis.
    Bila engagement meningkat, kemungkinan pembeli untuk melakukan transaksi pembelian juga akan ikut meningkat.
  • Menjangkau pelanggan dengan lebih luas
    Chatbot dapat diintegrasikan dengan berbagai platform. Oleh sebab itulah jangkauan pelanggan melalui chatbot terbilang besar.
  • Menjaga privasi dan data pelanggan
    Chatbot pastinya akan menjaga privasi dan data pelanggan tetap aman, sehingga pelanggan pun nyaman untuk memakainya.
  • Meningkatkan rate pembelian kembali
    Bila pelanggan merasa puas dengan layanan chatbot yang cepat dan tepat, maka kemungkinan mereka membeli kembali sebuah produk semakin besar.
  • Mendongkrak profit bisnis
    Tingkat kepuasan pelanggan berbanding lurus dengan profit bisnismu. Bila kepuasan pelanggan maksimal maka profit yang akan didapatkan juga akan maksimal.
  • Meningkatkan kualitas customer experience
    Pengalaman pelanggan dalam proses mencari informasi, berinteraksi hingga melakukan transaksi adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Perbaiki customer experience untuk memperbaiki penjualanmu.
  • Menghemat waktu dan biaya pengeluaran
    Penggunaan chatbot akan menghemat waktu pelanggan dalam mencari dan mendapatkan informasi, serta dapat membantu pekerjaan karyawan agar selesai lebih cepat. Chatbot juga dapat memangkas biaya yang akan dikeluarkan bila merekrut karyawan tambahan pada bagian customer service.
  • Memperbaiki image bisnis dimata pelanggan
    Berhati-hatilah dalam melayani pelanggan sebab image bisnismu ditentukan dari sini. Menurut Mark Steven, pelanggan yang puas dan bahagia akan memberitahu 4-5 orang lainnya, sedangkan pelanggan yang kecewa akan memberitahu 9 -12 orang tentang pengalaman buruknya.
  • Mudah dan praktis digunakan
    Satu lagi keuntungan chatbot adalah penggunaannya yang begitu mudah dan praktis. Tak perlu proses lama, dapat diakses dimanapun dan kapanpun pelanggan membutuhkannya.
  • Aktif 24 jam dan mampu menjawab repetitive question.
    Tugas customer service tidak hanya melayani pertanyaan ataupun keluhan pelanggan. Akan sangat merepotkan bila ribuan pelanggan terus mempertanyakan hal yang sama. Nah, kamu tak perlu khawatir lagi tentang itu bila menggunakan chatbot. Chatbot bisa kok merespon pertanyaan repetitif berjumlah besar dalam waktu bersamaan. Keren!

Sekarang jadi tahu kan benefit chatbot Telegram untuk segala macam bisnis? Kapan lagi kamu bisa melayani pelanggan dengan cepat, mudah dan bisa aktif selama 24 jam pula. Kalau kamu tertarik pakai chatbot, ada lho sebuah chatbot Indonesia super pintar bernama Chatbot Widya Wicara yang bisa kamu jadikan pilihan.

Buruan pakai Chatbot Widya Wicara dan rasakan betapa nyaman dan mudahnya berbisnis ditemenin sama asisten virtual super pintar!

Sumber gambar: https://www.instagram.com/p/CRyWSQ3B3Iq/

Post Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *