Kenalan Dulu Yuk sama Widya Wicara Speech to Text!

Widya Wicara punya banyak produk artificial intelligence (AI) yang bisa menjadi solusi anti ribet buat kamu. Misalnya saja produk Widya Wicara Speech to Text. Produk ini punya segudang manfaat lho, Sahabat. Khususnya buat kamu yang harus terus-menerus mengetik, mencatat, mengirim pesan atau membuat transkrip wawancara dan notulensi rapat.

Buat kamu yang belum tahu, yuk kenalan dulu sama Widya Wicara Speech to Text. Siapa tau habis kenalan terus jadi sayang dan pengen pakai produknya kan~

Suara Menjadi Tulisan? Apa Sih Maksudnya?

Speech to text atau dikenal dengan nama lain yaitu speech recognition, adalah sebuah sistem perangkat lunak yang memungkinkan komputer, laptop, handphone atau speaker, untuk mengubah suara menjadi teks atau tulisan. Sistem akan mengenali suara atau audio yang diinput, kemudian mengidentifikasi dan mengubahnya jadi teks. Praktis, bukan?

Sebenarnya sistem ini udah dikenal sejak lama lho, Sahabat. Sekitar tahun 1950-an, Bell Laboratories membuat teknologi speech recognition yang mereka beri nama “Audrey”. Setelah itu, teknologi modern ini terus dikembangkan hingga akhirnya muncul banyak “Audrey” yang lain, termasuk Widya Wicara Speech to Text.

Gini Lho Cara Kerjanya

Penasaran nggak sih gimana cara kerja speech to text itu? Pada intinya, kamu tinggal masukkan audio atau suaramu. Setelah itu, sistem yang bakal bekerja mengidentifikasi dan mengubah audiomu jadi tulisan. Masih penasaran lagi? Ya udah, simak penjelasan dibawah ini ya.

Secara singkat, ada empat tahap tentang gimana cara kerjanya speech to text. Mulai dari membuat sampel, digitalisasi dan menjadikannya basis data, mengidentifikasi hingga mengonversi jadi teks:

1. Speech to text butuh sampel kata dari kamu dulu. Bisa pakai audio yang udah ada, atau berbicara langsung.

2. Sampel kata tersebut akan didigitalisasi, terus disimpan di dalam sistem. Nah, nantinya sampel kata ini bakal jadi basis data.

3. Basis data yang udah ada tadi bakal jadi alat buat identifikasi atau mencocokan kata-kata yang diucapkan oleh seseorang.

4. Kalau kata-katanya udah teridentifikasi, sistem bakal menerjemahkan suara tersebut, lalu mengonversikannya menjadi teks atau tulisan, deh.

Kalau masih penasaran lagi, kamu praktekin sendiri aja langsung pakai produk Widya Wicara Speech to Text, gimana? Practice makes perfect, kan? Hehe~

Bisa Dipakai Buat Apa Aja?

Teknologi speech to text bakal berguna banget terutama buat kamu yang tangan dan bahunya sering pegel karena nyatet dari pagi. Kayaknya kamu perlu deh nyobain pakai speech to text punya Widya Wicara.

Misalnya nih, kalau lagi dengerin dosen ngajar atau bertugas jadi notulen rapat, kamu tinggal aktifin aja sistemnya. Nanti, sistem ini bakal mengidentifikasi suara orang yang masuk dan mengonversinya jadi tulisan. Kalau udah selesai, tinggal kamu rapihin aja deh catatannya!

Selain notulensi rapat, Widya Wicara Speech to Text juga bisa kamu pakai buat kebutuhan lainnya, lho. Di antaranya bisa buat transkrip telepon, transkrip wawancara, mengisi subtitle video dan asisten virtual lainnya. Pokoknya praktis banget deh kalau pakai Widya Wicara Speech to Text!

Gimana kesannya setelah kenalan? Udah jadi sayang apa belum nih? Atau jadi makin penasaran sekeren apa produknya? Dijamin produknya bakal berguna buat kamu dan banyak orang lainnya. Mulai dari notulen, reporter, customer service, mahasiswa sampai youtubers pun, bakal bisa dapetin manfaat dari Widya Wicara Speech to Text. Cuss pakai produknya sekarang!

Sumber gambar: www.pexels.com/@ekaterina-bolovtsova

Post Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *