Informasi

Macam-macam Gaya Belajar yang Efektif

Yang namanya belajar adalah sebuah kewajiban yang harus kita lakukan bukan hanya di sekolah, tapi dimanapun dan kapanpun. Seperti kata hadist “tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina” yang secara harfiah dapat diartikan sebagai perintah Nabi untuk menuntut ilmu meski sampai ke tempat yang sangat jauh.

Seiring jaman, metode pembelajaran pun semakin beragam dan terus berinovasi. Apalagi di saat pandemi seperti ini di mana pembelajaran online menjadi pilihan utama karena proses belajar tatap muka masih belum dapat dilakukan. Nah, berdasarkan penelitian, ternyata banyak jenis gaya belajar yang berbeda-beda lho! Tentunya setiap orang mempunyai kebiasaan dan pilihannya sendiri. Lalu, apa saja sih macam-macam gaya belajar itu?

1. Visual

Pertama ada yang namanya gaya belajar visual. Jika kamu termasuk orang yang suka belajar dengan gaya belajar visual, maka kamu akan lebih tertarik dengan gambar, grafik, warna imajinasi visual, dan spasial. Salah satu tanda jika kamu lebih suka dengan gaya visual adalah ketika membuat catatan, kamu lebih terbiasa memberikan warna yang berbeda untuk menandai sesuatu, tidak jarang pula kamu menggambar bentuk agar lebih mudah ketika dibaca ulang.

Selain itu, kamu juga punya sense yang baik ketika membaca peta ataupun mengikuti instruksi sesuai dengan gambar. Jika kamu termasuk orang yang menyukai gaya belajar visual maka media yang paling cocok adalah menggunakan flashcard bergambar atau video.

2. Aural (auditory)

Sesuai dengan namanya, kamu cenderung memilih untuk mendengar ketimbang melihat. Maka dari itu gaya belajar ini sangat cocok untuk kamu yang suka mendengarkan suara penjelasan guru, pidato, rekaman suara, dsb. Biasanya kamu juga suka menghabiskan waktu untuk duduk diam mendengarkan audio book. 

Karena terbiasa untuk mendengarkan sesuatu, kecenderungan untuk sukses dibidang musik jadi lebih besar karena kamu punya sense yang baik terhadap nada dan ritme. Nah, untuk kamu yang suka dengan gaya belajar aural ini, maka kamu bisa belajar sembari mendengarkan musik atau ketika di kelas, kamu dapat merekam seluruh perkataan guru dan mendengarkannya lagi sepulang sekolah.

Kamu juga dapat menggunakan Smart Speaker Widya Wicara untuk membantu proses belajar lho! Mulai dari mendengarkan musik, sampai membacakan buku pelajaran yang membuat proses belajar kamu menjadi lebih asik.

3. Kinestetik

Gaya belajar kinestetik adalah gaya belajar yang melibatkan gaya gerak seperti olahraga, menari, memainkan musik, pelajaran praktek dsb. Biasanya kamu lebih semangat ketika pelajaran praktek berlangsung ketimbang pelajaran biasa di kelas, lalu kamu juga terbiasa untuk menggunakan objek sebagai alat bantu. Karena mengutamakan praktek ketimbang duduk diam, tentu saja membuat kamu lebih cepat merasa bosan di kelas. 

4. Analitik

Orang dengan gaya belajar analitik memiliki kemampuan untuk membuat analisa lebih mendalam. Orang-orang ini tidak puas jika mendapatkan jawaban yang standar, sehingga mereka menelaah lebih jauh secara bertahap dan terstruktur. Kamu juga termasuk orang yang suka berpikir secara logika, maka ada kalanya kamu akan mencari banyak fakta dan analisa yang justru membuat kamu kehilangan banyak waktu untuk mengerjakan 1 masalah karena terlalu fokus mengerjakan hingga tuntas.

5. Sosial (interpersonal)

Gaya belajar interpersonal ditandai dari kecenderungan kamu untuk belajar kelompok ketimbang sendirian. Maka dari itu, kamu termasuk orang yang dapat berkomunikasi baik dengan banyak orang serta aktif dalam kegiatan belajar di kelas. Kamu tidak sungkan untuk bertanya kepada guru dan teman sekelas, dan mengunggapkan beberapa ide dan gagasan.

Jika kamu termasuk orang yang suka belajar berkelompok, maka pastikan teman sekelompok mu adalah teman-teman yang mampu mendorong kamu untuk tetap dan lebih produktif. 

6. Solitary (intrapersonal)

Gaya belajar intrapersonal ini adalah kebalikan dari gaya belajar sosial. Ini sangat cocok untuk kamu yang seorang introvert. Kamu lebih suka belajar dalam keadaan yang hening dan tidak ada siapa-siapa disekitar. Ini membuat kamu nyaman dan lebih mudah berkonsentrasi terhadap pelajaran yang sedang kamu lakukan. 

Nah itu dia macam-macam gaya belajar yang harus kamu ketahui. Perlu diingat bahwa kamu juga bisa mempunyai lebih dari satu gaya belajar lho! Jadi tinggal sesuaikan caranya agar proses belajar kamu lebih efektif.

Gunakan juga Smart Speaker Widya Wicara Prima untuk mendukung proses belajar kamu menjadi lebih asik. Caranya, segera beli produk Smart Speaker Widya Wicara Prima ini dengan mengunjungi linktr.ee/widyawicara atau apabila Anda ingin mengunjungi offline store kami, temukan lokasinya melalui https://widyawicara.com/temukan-kami. Suarakan semua bersama Widya Wicara, smart speaker orang Indonesia.

 

Update Widya Wicara