Informasi

Manfaat Edukasi Islam Pada Anak Sejak Dini

Sebagai muslim dan orangtua, pentingnya mulai menanamkan edukasi islam pada anak sejak dini adalah sesuatu yang wajib dilakukan orangtua jika ingin anaknya dapat beragama dengan baik dan benar.

Dahulu kita mengenal istilah pesantren kilat yang selalu diadakan ketika bulan ramadhan tiba. Itu menjadi momen yang selalu ditunggu oleh anak-anak karena suasana belajar yang asik dan kerap diselingi oleh permainan Islami. Menanamkan pendidikan agama sejak kecil juga memiliki banyak manfaat bagi mereka, apa saja itu? Simak beberapa penjelasan berikut

1. Mengenal Allah sejak dini

Dengan mengenalkan pengetahuan islam kepada anak sejak dini, maka membuat anak-anak mengenal Allah sebagai sang pencipta. Dari situ terbentuk sikap untuk menjadi umat muslim yang taat agar dapat menjadi penghuni surga.

Anda dapat mulai dengan menceritakan kisah-kisah inspiratif mulai dari kisah nabi, para sahabat, hingga tokoh-tokoh muslim dunia. Lalu, untuk pengetahuan yang lebih general, anda bisa mengenalkan apa saja ciptaan Allah SWT yang ada di bumi, misalnya hewan, tumbuhan, alam semesta, dsb ini juga dapat memberi contoh tentang kebesaran Allah SWT. Maka dengan mengenal Allah sejak dini, mereka akan belajar mencintai dan mensyukuri apa yang mereka punya sekarang.

2. Menjadi pribadi yang berbudi pekerti

Di sini peran orangtua menjadi sangat penting untuk dapat mengenalkan Islam pada anak sejak dini. Seperti yang kita tahu bahwa anak akan mudah terpengaruh lingkungan sekitar. Maka dari itu penanaman budi pekerti dan moral di usia dini akan lebih mudah untuk diserap dan ditiru oleh anak.  

Seperti pribahasa “belajar di waktu kecil bagaikan mengukir di atas batu” maka penting untuk orang tua jika ingin anaknya dapat berbudi pekerti di masa depan untuk dapat menanamkan ilmu agama sebagai bekal hidup. Karena agama tentu mengajarkan kebaikan bukan hanya untuk sesama manusia, tapi juga diri sendiri. 

3. Fondasi keimanan yang kuat

Pendidikan agama bukan hanya soal akademik, tapi juga akidah, ibadah, dan akhlak. Keempat unsur tersebut adalah fondasi yang penting bagi anak agar dapat menjalani hidup sesuai dengan perintah agama. Bagaimana mengenalkan anak kepada Allah SWT, membentuk keyakinan mereka, dan manfaat beribadah untuk lebih dekat kepada Allah SWT.

Untuk pendidikan yang lebih lengkap, Anda bisa mendaftarkan anak di pesantren ataupun kegiatan mengaji di masjid dekat rumah. Saat ini juga banyak lembaga yang mulai  berkembang tidak hanya taman kanak-kanak tetapi juga ada pendidikan anak usia dini, siswanya berumur dari 3 sampai 4 tahun. Dengan adanya lembaga pendidikan ini akan membantu anak lebih memahami pendidikan agama islam sejak dini dan dapat bekerja sama dengan orangtua untuk hal ini. Kegiatan di lembaga pendidikan bisa berupa hafalan doa sehari-hari atau tata cara sholat dan sebagainya. 

Intinya, untuk menanamkan agama sejak dini, bisa dimulai dengan cara yang menarik. Seperti Smart Speaker Widya Wicara prima yang dapat menemani anak anda belajar tentang kisah kisah nabi. Bukan hanya itu, Widya juga dapat membacakan ayat Al-Quran dan doa-doa pendek agar anak lebih mudah dalam menghafal doa tersebut.

Segera beli produk Smart Speaker Widya Wicara Prima ini dengan mengunjungi linktr.ee/widyawicara atau apabila Anda ingin mengunjungi offline store kami, temukan lokasinya melalui https://widyawicara.com/temukan-kami. Suarakan semua bersama Widya Wicara, smart speaker orang Indonesia.


Sumber: https://www.prestasiglobal.id/4-manfaat-pendidikan-islam-harus-ditanamkan-dari-usia-dini/

 

Update Widya Wicara