Menghimpun Pahala dengan Al-Quran

Sahabat Widya, kita harus menyadari bahwa kehidupan di dunia hanyalah sementara saja, sedangkan kehidupan yang abadi adalah kehidupan akhirat. Duh, jangan sampai kita terlena dengan duniawi hingga melalaikan akhirat, ya. Allah SWT berfirman dalam QS. Faathir ayat 5 yang artinya:

“Wahai para manusia, sesungguhnya janji Allah adalah benar, maka janganlah sekali-kali kehidupan dunia memperdayai kalian, dan janganlah sekali-kali (setan) yang pandai menipu, memperdayakan kalian dari Allah.”

Di ayat tersebut Allah SWT telah mengingatkan manusia agar tidak terjebak dalam tipu daya kehidupan duniawi. Kita tidak boleh lupa membawa bekal berupa amal saleh untuk kehidupan di akhirat kelak. Salah satu contoh amal saleh yang bisa kita lakukan adalah membaca dan mendengarkan Al Quran.

Al-Quran, Kalam Allah yang Sempurna

Al Quran adalah kitab suci umat muslim yang sempurna, sekaligus pedoman hidup bagi seluruh umat manusia. Apabila seseorang mempelajari dan mengamalkan Al Quran, maka ia bisa terhindar dari kesengsaraan dunia dan akhirat. Allah SWT telah menurunkan Al Quran sebagai penyempurna kitab-kitab sebelumnya. Kesempurnaan Al Quran dijelaskan oleh Allah  SWT dalam Q.S Hud 11 : 2 yang artinya:

“Ini adalah kitab yang ayat-ayatnya telah dibuat kokoh dan bebas dari cacat, kemudian itu telah diuraikan terperinci, dari Tuhan yang Maha Bijaksana, Maha Mengetahui.”

Pahala bagi Orang yang Membaca dan Mendengarkan Al Quran

Membaca dan mendengarkan Al Quran memiliki banyak keutamaan. Rasulullah SAW pernah bersabda mengenai ganjaran orang yang membaca Al Quran:

“Alladzi yaqra-ul Qurana wa huwa mahirun bihi ma’a as-safarati al-kiraami al-bararati , wal ladzi yaqra-ul qur-ana wa huwa alaihi syaqqun falahu ajrani.” Dari `Aisyah Radhiyallahu `Anha berkata, Rasulullah bersabda : “Orang yang membaca Al-Quran dan ia mahir dalam membacanya maka ia akan dikumpulkan bersama para Malaikat yang mulia lagi berbakti. Sedangkan orang yang membaca Al-Quran dan ia masih terbata-bata dan merasa berat (belum fasih) dalam membacanya, maka ia akan mendapat dua ganjaran,” (HR Muttafaq ‘Alaih)

Allah SWT juga telah menjelaskan tentang ganjaran mendengarkan Al Quran pada QS. Al-A’raf ayat 204 yang artinya: “Dan apabila dibacakan Al-Quran, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat.”

Ramaikan hidupmu dengan lantunan ayat suci Al Quran agar kamu selalu dirahmati Allah SWT, diberi kedamaian dan ketentraman, sekaligus memperbanyak bekal untuk hidup di akhirat nanti.

 

Nah, buat kamu yang super sibuk, tenang aja. Kamu bisa lho, mendengarkan lantunan ayat Al Quran menggunakan Smart Speaker Widya Wicara. Caranya gampang, bangunkan dulu Widya dengan mengucapkan, “Hai, Widya.” Lalu, lanjutkan dengan memberi perintah, “Buka audio al Quran.” Tak butuh waktu lama, Widya akan segera melantunkan ayat suci Al Quran untukmu. Yuk, cobain speaker pintar Widya Wicara Prima sekarang!

 

Widya Wicara Speaker Islami

Sumber gambar: https://www.freepik.com/photos/new-year

Post Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *