3 Tools Ini Adalah Contoh Penerapan Teknologi Speech to Text!

Share on linkedin
Share on facebook
Share on twitter

Intip 3 tools speech to text yang dapat membantu aktivitas transkipsimu!

teknolgi speech to text

Perkembangan teknologi  yang semakin cepat menjadikan penggunaan teknologi saat ini juga meningkat dengan tajam. Selain itu, semakin banya pula teknologi baru yang bermunculan. Salah satunya adalah teknologi speech to text. Apakah Sahabat Widya sudah tahu apa itu teknologi speech to text?

Seperti namanya, teknologi speech to text merupakan sebuah teknologi yang dapat mengubah suara menjadi teks secara otomatis hanya dengan satu ketukan saja. Kebayang dong gimana speech to text ini akan memudahkan kegiatan manusia? Terutama untuk hal-hal yang berkaitan dengan proses transkrip dan notulensi? Proses transkrip dan notulensi yang dilakukan secara manual tentu membutuhkan waktu yang lebih panjang jika dibandingkan dengan proses transkrip dan notulensi otomatis menggunakan teknologi speech to text. Orang-orang yang mengalami kesulitan ketika melakukan transkripsi wawancara atau notulensi rapat akan mendapat kemudahan dengan speech to text. Yap, itulah keunggulan speech to text, yakni menjadikan kegiatan pencatatan audio jadi lebih efektif dan efisien.

Sebetulnya, sudah cukup banyak tools yang mungkin tidak kalian sadari merupakan speech to text ini yang berada di sekitar kita, lho. Berikut beberapa tools speech to text yang sangat mudah ditemukan dan akan membantu aktivitas Sahabat Widya!

 

  1. Google Voice Typing

Apakah Sahabat Widya pernah mencoba Google Voice Typing? Google dengan Google Voice Typing-nya merupakan salah satu penyedia layanan teknologi speech to text yang paling sering kita jumpai, karena tools ini tersedia di smartphone untuk para pengguna Android. Kalau sedang malas untuk mengetik, Sahabat Widya cukup tekan tombol microphone pada keyboard smartphone untuk mengaktifkan fitur speech to text, lalu bicara sesuai apa yang kita inginkan saja. Selagi menekan tombol microphone, maka google akan otomatis mengubahnya dalam bentuk teks. Praktis, kan?

Selain itu, Google Voice Typing juga tersedia di Google Docs. Sahabat Widya dapat menemukan fitur speech to text di Google Docs ini dengan klik tools, kemudian pilih opsi “voice typing”. Nantinya, ikon kotak mikrofon akan muncul untuk merekam suara. Pastikan bahasa yang digunakan sudah sesuai, ya, karena ada banyak pilihan bahasa yang tersedia, termasuk bahasa Indonesia. Jika sudah siap, Sahabat Widya bisa mulai merekam secara jelas dengan volume dan kecepatan normal, dan teks transkripsinya akan langsung muncul di work-page yang sedang kita buka.

  1. Subtitle Otomatis YouTube

Siapa yang tidak pernah menonton video di YouTube? Rasanya sebagian besar masyarakat di era digital seperti saat ini sudah sangat akrab dengan kanal ini. Nah, seringkali ketika kita menonton video di YouTube, akan muncul sebuah subtitle/caption dalam video tersebut yang muncul hampir bersamaan dengan suara yang keluar dari video yang sedang terputar. Ternyata, subtitle otomatis tersebut merupakan salah satu contoh penggunaan dari teknologi speech to text, lho, Sahabat Widya. Dengan teknologi speech to text, fitur subtitle atau CC pada YouTube akan mampu untuk mengenali ucapan dalam video dan mengubahnya ke dalam bentuk tulisan. Tulisan itulah yang dimunculkan dan terbaca oleh penonton sebagai subtitle.

Cara mengaktifkan subtitle otomatis di YouTube juga sangat mudah. Sahabat Widya cukup klik opsi yang bertuliskan subtitle/cc pada video YouTube yang sedang terputar (biasanya terletak di sisi kanan bawah video), maka pada bagian bawah video yang sedang kita tonton akan muncul subtitle otomatis tersebut. Subtitle otomatis YouTube ini tentu sangat bermanfaat, terutama untuk teman-teman tuli.

  1. Speech to Text Widya Wicara

Tools speech to text lain yang nggak kalah bermanfaatnya adalah Speech to Text Widya Wicara. Sama seperti tools yang disebutkan sebelumnya, teknologi ini dapat mengonversi suara menjadi sebuah teks. Melalui tangan-tangan anak bangsa, produk ini bahkan mampu mengonversi audio menjadi teks dengan tingkat keakuratan mencapai 96%, lho. Untuk menggunakan Speech to Text Widya Wicara, Sahabat Widya cukup mengakses website https://widyawicara.com.stt/. Di laman tersebut, terdapat ikon mikrofon dan text box yang bisa Sahabat Widya gunakan untuk mengubah suara menjadi barisan kata. Klik ikon mikrofon untuk merekam suara. Jika sudah, klik “berhenti merekam”. Tada! Hanya dalam waktu sekejap saja, akan muncul transkrip dari suara yang tadi Sahabat Widya.

 

 

Sumber gambar: https://www.freepik.com/free-psd/front-view-laptop-mock-up-interior-decoration_10344828.htm

Related Posts:

Related Article

4 Manfaat Speech to Text pada Customer Service

Dalam suatu perusahaan tentunya memiliki banyak pelanggan yang selalu membutuhkan informasi serta jawaban permasalahan yang sedang mereka hadapi. Apabila pelanggan merasa puas serta masalah mereka

Newest Article

Newsletter

Subscribe to our newsletter and stay updated.