5 Bencana Alam Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah

Share on linkedin
Share on facebook
Share on twitter

Berikut sederet bencana alam yang tergolong paling mengerikan yang pernah terjadi dalam sejarah manusia.

Menurut seorang ahli yang bernama Coburn A.W, bencana alam adalah sebuah kejadian atau serangkaian kejadian yang mengakibatkan adanya korban dan atau kerusakan, kerugian harta benda, infrastruktur, pelayanan-pelayanan penting atau sarana kehidupan pada skala di luar kapasitas normal.

Kemudian, berdasarkan undang-undang nomor 24 tahun 2007 yang termasuk bencana alam antara lain, gempa bumi, tsunami, banjir, gunung meletus, angin topan, tanah longsor, kekeringan, kebakaran hutan karena faktor alam, hama penyakit tanaman, epidemi, wabah, kejadian luar biasa dan kejadian antariksa/benda-benda luar angkasa.

5 Bencana Alam Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah

Ada bencana alam apa aja sih? Yuk, simak 5 bencana alam paling mengerikan yang pernah terjadi di dunia!

1. Gempa Bumi dan Tsunami Aceh 2004

Salah satu peristiwa gempa bumi terbesar yang sempat menggemparkan dunia adalah peristiwa gempa dan tsunami aceh tahun 2004. Gempa Aceh ini berkekuatan 9,1 SR dan disebut juga dengan gempa megathrust. Gempa bumi megathrust adalah gempa interlempeng paling kuat di planet ini.

Akibatnya, lebih dari 200 ribu orang tewas akibat peristiwa ini. Karena gempa ini begitu kuat, akhirnya memicu terjadinya gelombang tsunami dengan ketinggian kurang lebih 40 meter. Gelombang ini menyapu mulai dari Banda Aceh, Sri Lanka, India bahkan Thailand.

2. Banjir Saint Marcellus

Salah satu bencana banjir terdahsyat yang pernah terjadi di muka bumi adalah banjir Grote Mandrenke atau disebut juga dengan banjir Saint Marcellus. Banjir yang terjadi pada awal tahun 1362 ini, telah menelan banyak korban, menghancurkan bangunan, gereja dan rumah-rumah warga hingga rata dengan tanah.

Banjir Saint Marcellus disebabkan oleh badai ganas yang terjadi di laut utara. Saking ganasnya, beberapa negara di Eropa pun terdampak begitu parah. Seperti Denmark, Belanda dan juga Jerman.

3. Kekeringan dan Kelaparan di Tiongkok Utara

Pada tahun 1876 – 1879 telah terjadi kekeringan di Tiongkok dan berujung pada peristiwa kelaparan yang sangat mengerikan. Bahkan dari peristiwa ini lahir lah sebuah istilah ‘Sepuluh Ribu Lubang Manusia’ untuk menggambarkan betapa buruknya efek dari kekeringan yang menimpa negara ini.

Kekeringan ini bermula dari daerah Tiongkok Utara di tahun 1875 yang kemudian menyebabkan gagal panen secara terus menerus pada tahun-tahun berikutnya. Tercatat ada kurang lebih 13 juta orang tewas akibat peristiwa ini dan 100 juta jiwa terdampak.

4. Letusan Gunung Krakatau 1883

Widya yakin kalian pasti sangat familiar dengan peristiwa meletusnya gunung Krakatau yang menggegerkan seluruh dunia. Sudah banyak jurnal penelitian, berita, buku dan film dokumenter yang mendokumentasikan salah satu peristiwa paling bersejarah.

Gunung yang berlokasi di pulau Sumatra ini meletus pada tahun 1883 sebanyak empat kali. Seorang jurnalis dan penulis buku bernama Simon Winchester menuliskan dalam bukunya yang berjudul Krakatoa: The Day the World Exploded, August 27, 1883, bahwa erupsi Krakatau berlangsung selama 20 jam 56 menit dan ledakannya pun terdengar hingga ke Australia.

Tak hanya Australia saja yang mengalami dampak, tetapi hampir sepertiga langit bumi menjadi gelap tertutup abu, rata-rata suhu bumi turun hingga 1,2 derajat selsius, tsunami yang menyapu negara tetangga bahkan guncangan tsunaminya dirasakan hingga ke Afrika Selatan, lho.

5. Wabah Hitam atau Black Death 1348

Berbicara tentang wabah, saat ini seluruh penduduk dunia tengah berjuang bertahan hidup di tengah terpaan wabah virus Covid-19. Sebelum merebaknya virus corona, ada berbagai peristiwa epidemi wabah mematikan yang terjadi di masa lampau, misalnya saja peristiwa Black Death.

Black Death merupakan salah satu peristiwa paling mengerikan yang tercatat dalam sejarah. Peristiwa yang menewaskan sepertiga hingga dua pertiga penduduk eropa atau sekitar 75 juta – 200 juta jiwa pada tahun 1348 ini, disebabkan oleh bakteri yersinia pestis yang disebarkan melalui lalat dan tikus rumah. Akibat dari peristiwa ini, grafik jumlah penduduk dunia pun mengalami penurunan yang sangat drastis.

Mengerikan sekali, ya?

Selain 5 peristiwa di atas, kamu bisa mendapatkan pengetahuan-pengetahuan menarik lain di fitur “Trivia” dan “Pengetahuan Dunia” Smart Speaker Widya Wicara Prima. Dukungan teknologi artificial intelligence (AI) juga menjadikan Widya Wicara sebagai asisten vitrual yang akan membantumu melakukan aktivitas sehari-hari. Mulai dari berbelanja online di alfamart, olahraga, mendengarkan audiobook sampai mengingatkan sholat dan melantunkan ayat suci Al-Quran pun jago banget.

Penasaran gimana kerennya Smart Speaker Widya Wicara Prima? Langsung kunjungi aja website kami di www.widyawicara.com.

Sumber gambar: https://unsplash.com/@cherath14

Related Article

4 Manfaat Speech to Text pada Customer Service

Dalam suatu perusahaan tentunya memiliki banyak pelanggan yang selalu membutuhkan informasi serta jawaban permasalahan yang sedang mereka hadapi. Apabila pelanggan merasa puas serta masalah mereka

Newest Article

Newsletter

Subscribe to our newsletter and stay updated.