Ini 7 Keutamaan Membaca Al-Qur’an

30 Mar 2021

Informasi

Membaca dan mengamalkan kandungan Al-Qur’an merupakan ibadah mulia yang memiliki banyak keutamaan. Yuk, cari tahu keutamaan-keutamaan membaca Al-Qur’an supaya kita lebih semangat menjadi ahli Qur’an!

Setiap Nabi dan Rasul pasti dianugerahi mukjizat oleh Allah untuk menyampaikan risalah kenabian mereka kepada kaumnya, demikian pula Rasulullah SAW. Mukjizat terbesar yang diterima Rasulullah SAW adalah Al-Qur'an. Al-Qur'an merupakan mukjizat yang berlaku sepanjang masa untuk umat Islam dan berfungsi sebagai pedoman hidup. Artinya, jika kita berpegang teguh pada Al-Qur’an, maka hidup kita akan terarah dan senantiasa berada pada jalan yang diridhoi oleh Allah. Seperti dalam firman Allah: “Lalu barang siapa yang mengikut petunjuk-Ku, ia tidak akan sesat dan tidak akan celaka”. (QS. Thaha: 123)

Membaca dan mengamalkan kandungan Al-Qur’an merupakan ibadah mulia yang memiliki banyak keutamaan. Yuk, cari tahu keutamaan-keutamaan membaca Al-Qur’an supaya kita lebih semangat menjadi ahli Qur’an:

 

1. Pahala Membaca Al-Qur'an

Terdapat hadis yang menjelaskan ganjaran pahala bagi yang rutin mengaji. Abdullah ibn Mas‘ud berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Siapa saja membaca satu huruf dari Al-Qur’an, maka dia akan mendapat satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatkan kepada sepuluh semisalnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim satu huruf. Akan tetapi, alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf,” (HR. At-Tirmidzi). Ganjaran pahala yang diberikan bukan hanya diperuntukkan bagi yang sudah lancar membaca Al-Qur’an, melainkan yang masih terbata-bata pun mendapatkan balasan pahala.  

2. Al-Qur'an Memberi Syafa’at kepada Ahlinya di Akhirat

Keutamaan lain dari membaca Al-Qur’an adalah untuk memberi syafaat dan doa kepada ahli, keluarga, serta sahabat-sahabat kita di akhirat kelak. Bacaan Al-Qur’an akan menjadi wasilah yang akan menolong kita. Hal ini tertuang dalam sebuah hadis yang berbunyi: “Amalan puasa dan membaca Al-Qur’an akan memberi syafa’at bagi seorang hamba di hari kiamat… Al-Qur’an berkata: Aku menahannya dari tidur di waktu malam, maka izinkanlah aku memberi syafa’at kepadanya. Maka keduanya pun diizinkan memberi syafa’at.” (HR. Ahmad)

3. Dapat Menentramkan Hati

Janji Allah SWT bagi siapa saja yang senantiasa mengingat-Nya, maka akan mendapatkan ketentraman hati dan jiwa. Salah satu sarana untuk selalu mengingat Allah adalah dengan membaca Al-Qur’an. Ketika kita mengaji, diri kita akan merasa lebih dekat dengan Allah SWT dan dengan begitu akan mendapat ketentraman hati. Seperti di dalam Al-Qur’an surat Ar-Ra’d ayat 28 yang artinya: “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram”.

4. Dapat Menyembuhkan Penyakit

Selain mendapat ketentraman hati dan perasaan dilindungi oleh Allah SWT, Al-Qur'an juga menjadi obat bagi mereka yang membaca dan mengamalkannya. Penyakit yang dimaksud lebih kepada penyakit hati, seperti akhlak tercela, tidak tenang dalam hidup, selalu rendah diri, dan lainnya. Dalam Al-Qur’an juga sudah disampaikan bahwa Al-Qur’an merupakan obat bagi umat Islam. Rasulullah SAW bersabda, “Hendaknya kamu menggunakan kedua obat-obat: madu dan Al-Qur'an,” (HR. Ibnu Majah dan Ibnu Mas’ud).

5. Al-Qur'an Menjadi Pedoman

Al-Qur'an tidak mengajarkan dan memberikan kemungkinan-kemungkinan mengenai kehidupan dunia dan akhirat. Al-Qur'an tidak memberikan pengetahuan yang tidak nyata mengenai sebab-akibat yang dilakukan manusia. Namun, Al-Qur'an merupakan sumber pedoman kehidupan manusia yang pasti. Maka, jika manusia ingin mendapatkan jalan kebenaran dan pedoman hidup yang baik, Al-Qur'an menjadi jawabannya. Al-Qur’an adalah sebaik-baik petunjuk bagi umat manusia dalam menjalani kehidupan. Allah SWT berfirman yang artinya: “Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu, dan pembeda (antara yang haq dan yang batil)…..” (QS. Al-Baqarah:185)

6. Membaca Al-Qur'an adalah Perdagangan yang Tidak Pernah Merugi

Tidak ada kerugian ketika membaca Al-Qur’an. Sebaliknya, membaca Al-Qur’an justru menambah keuntungan yang banyak. “Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan salat dan menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi.” (QS. Fathir: 30)

7. Diangkat Derajatnya

Bagi seorang Muslim, kemuliaan yang paling penting adalah kemuliaan di sisi Allah. Salah satu cara untuk mendapatkan kemuliaan di sisi Allah adalah dengan membaca Al-Qur'an. Orang akan semakin mulia dengan Al-Qur’an, baik ketika ia membacanya, menghafalnya, memahaminya, atau mengamalkannya. Dalam hadis disebutkan, “Sesungguhnya Allah mengangkat derajat seseorang dengan kitab ini (Al-Qur’an) dan merendahkan yang lain dengan kitab ini.” (HR. Muslim)

 

Itu dia 7 keutamaan membaca Al-Qur'an. Semoga dengan mengetahuinya, kita jadi lebih bersemangat untuk mendekatkan diri pada Al-Qur'an, ya. Ada banyak sekali cara yang bisa digunakan untuk menjadi ahli Qu’ran. Salah satunya dengan teknologi smart speaker Islami Widya Wicara.

Dengan Widya Wicara, kamu bisa manyimak dan membaca Al-Quran ditemani oleh lantunan murrotal yang indah. Untuk memaknai kandungan Al-Qur’an, Widya juga menyediakan fitur Al-Qur’an terjemahan. Selain itu, kamu juga bisa menghafalkan Al Quran dengan fitur hafalan Quran dan menguji hafalanmu dengan fitur sambung ayat.

 

Source Pict: unsplash.com/@aoun17