Adu Pinter sama Smart Speaker

07 Jun 2021

Informasi

Sepintar apa, sih, smart speaker? Kenali lebih jauh tentang smart speaker dan bagaimana alur kerja smart speaker, serta manfaatnya bagi kehidupan

Ada yang bilang kalau kecanggihan teknologi masa kini bisa bikin manusia jadi kecanduan. “Smart technology, stupid human,” katanya. Mungkin saja, spekulasi itu tidak sepenuhnya salah. Namun, sebutan tersebut bukan untuk manusia-manusia cerdas dan bijak seperti kamu. Iya kamu, wahai Sahabat Widya! 

Berteman dengan Smart Speaker

Kecanggihan teknologi bukanlah sesuatu yang bisa dianggap saingan. Sebaliknya, teknologi diciptakan untuk menjadi asisten dalam membantu pekerjaan manusia. Salah satunya adalah teknologi smart speaker yang dapat melakukan banyak hal dengan menggunakan perintah suara.

Kamu hanya perlu memanggilnya, “Halo, Widya!” lalu perintahmu akan segera dilaksanakan secara tepat dan cepat. 

Smart Speaker Bisa Buat Apa Aja, sih?

Speaker yang bisa muterin musik? Ah, udah biasa! Speaker yang bisa buat karaoke dan pengeras suara aja? Uh, dimana-mana juga banyak. Tapi, kalau speaker yang bisa ingetin jadwal sholat, ngajak ngaji bareng, bangunin sahur, matiin lampu, bahkan teman ngobrol… emang ada? 

Ada dong! Jika biasanya hanya robot yang bisa menjalankan perintah, kini smart speaker pun juga bisa seperti itu. Meski tidak bergerak, namun perintah suaramu akan diubah Si Smart Speaker ini menjadi jawaban atau tugas-tugas tertentu. 

Contohnya adalah menjawab pertanyaan tentang informasi yang diinginkan pengguna. Mulai dari informasi harga bahan makanan, cuaca, umum, dan beberapa informasi pendukung lain sesuai dengan fitur yang dipilih. Tak hanya menyediakan jawaban, namun smart speaker juga dapat mengontrol perangkat lain seperti mematikan lampu, mengunci rumah, menghidupkan AC, menyalakan TV, hingga menghidupkan mesin pembuat kopi.

Bahkan, melalui smart speaker bernama Widya Wicara Prima, kita bisa memesan barang, membeli bahan makanan, hingga berinteraksi dengan seru, lho! Dilengkapi dengan fitur gombalan lucu, tebak-tebakan, dan permainan seru akan membuat hidupmu menjadi lebih ceria. Sehingga selain membuatmu lebih fokus bekerja, kamu pun akan merasa punya teman baru, nih! 

Kok, Smart Speaker Bisa Sepinter Itu?

Gimana sih ceritanya, kok, smart speaker bisa mengerjakan tugas yang biasanya dilakukan manusia secara manual? Apakah ada sihir yang berada di dalam device-nya?

Oh, tentu saja tidak! Mengusung konsep kecanggihan teknologi Artificial Intelligence (AI), semua hal yang tampak mustahil pun bisa terwujud. Dalam proses smart speaker sendiri, ada tahapan yang harus dilalui agar bisa melakukan pekerjaan-pekerjaan tertentu.

Jadi, setelah kamu memberikan perintah pada Si Smart Speaker melalui IoT (Internet of Things), maka Intelligent Virtual Assistant akan bekerja. Elemen inilah yang akan mengenali, mengolah, dan merespon suara manusia. Singkatnya, beginilah alur kerja smart speaker:

  • Untuk mengaktifkan atau membangunkan voice virtual assistant, harus ada komando yang diucapkan. Seperti “OK, Google!” untuk Google Assistant, “Hi, Alexa!” untuk Smart Speaker Alexa, dan “Halo, Widya!” untuk speaker Widya Wicara Prima.
  • Setelah smart speaker aktif, kamu bisa menyebutkan perintah melalui suara. Perintah itu direkam lalu dikirim ke server atau cloud. Sehingga, teknologi cloud computing sangat dibutuhkan untuk tempat pemrosesan data.
  • Kemudian, rekaman tersebut akan diterjemahkan menjadi teks dengan teknologi Speech to Text (STT). Dengan begitu, Bahasa pemrograman akan bisa mengolah perintah yang diberikan oleh pengguna. 
  • Untuk menghasilkan output yang sesuai, maka dibutuhkan teknologi Natural Language Processing (NLP). NLP ini adalah cabang dari AI untuk mengolah dan menganalisis Bahasa manusia agar dipahami oleh komputer. 
  • Setelah data menemukan jawaban yang sesuai, maka teks hasil pengolahan akan diubah lagi menjadi suara. Proses ini menggunakan teknologi Text to Speech (TTS) untuk menghasilkan suara sebagai jawaban atas perintah yang diberikan. 
  • Ternyata, smart speaker ini bisa makin pinter karena ada machine learning untuk mempelajari aksen dan kosakata pengguna. Makanya, semakin kamu menggunakan smart speaker, semakin bagus pula jawaban yang akan kamu terima.

Gimana? Udah paham, kan, kenapa smart speaker bisa sepintar itu? Sekarang giliran kamu membuktikan keefektifan hidup dengan menggunakan smart speaker asli buatan anak Indonesia. Yuk temenan sama Widya Wicara! Dijamin deh hidupmu bakal lebih seru~

 

 

Photo by olia danilevich from Pexels