Al Quran sebagai Asy-Syifa, Obat Penyakit Hati dan Jasmani

14 Sep 2021

Informasi

Al Quran memiliki beragam nama, salah satunya yakni Asy-Syifa yang artinya penyembuh. Membaca dan mendengarkan Al Quran mampu menyembuhkan penyakit rohani dan jasmani.

Allah SWT telah mewahyukan kitab suci Al Quran kepada Nabi Muhammad SAW untuk diteruskan kepada umat manusia. Kitab ini berfungsi sebagai sumber dari segala sumber ilmu, serta petunjuk dan pedoman hidup manusia. 

Sahabat Widya tentu sudah tahu kalau Al Quran itu memiliki sejumlah nama. Salah satu namanya Al Quran adalah Asy-Syifa, yang berarti penyembuh. Nama ini berasal dari firman Allah SWT yang terdapat dalam ayat berikut:

"Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.” (QS. Al-Isra : 82) 


Al Quran sebagai Penawar Penyakit Jasmani dan Rohani

Umat Islam dianjurkan untuk banyak membaca ayat Al-Quran sebagai salah satu bentuk ibadah. Namun kenyataannya, dibalik perintah tersebut terdapat fungsi lain dari Al Quran, yakni mampu menyembuhkan penyakit rohani dan jasmani manusia. 

Dalam kitab Taisir al-Karim ar-Rahman fi Tafsir Kalam al-Manan, As-Sa'di menjelaskan bahwa Al Quran dapat menyembuhkan semua penyakit hati. Kemudian dalam khutbah Jumat laman NU menyebutkan bahwa ada beberapa penyakit hati yang mampu diobati Al Quran. Penyakit tersebut merupakan syahwat, yang menghalangi manusia untuk taat kepada syariat serta syubhat yang mengotori iman. 

Maka dari itu, ketika Sahabat Widya sedang dihadapkan pada perasaan iri, dengki, kecewa, penuh keraguan, kemunafikan, sedih, dan pekara penyakit hati lainnya, Al Quran dapat menjadi bacaan yang tepat untuk menyembuhkannya.


          Baca juga artikel Ini 7 Keutamaan Membaca Al-Qur’an


Penyakit hati itu sebaiknya segera diobati, sebab ketika hati seseorang rusak karena syahwat dan syubhat, maka jasmani akan mengikuti. Begitu juga sebaliknya, jika hati dalam keadaan tenang dan bersih, fisik pun akan terasa sehat dan kuat. 

Melalui kitab Zad al-Ma'ad, Ibnul Qayyim menjelaskan, Al-Quran adalah penyembuh yang sempurna dari seluruh penyakit hati dan jasmani. Demikian pula penyakit dunia dan akhirat. Bagi Ibnu Qayyim, seseorang yang menuntut ilmu dan tujuan hidupnya bukan demi mencari ridha Allah, maka akan mengakibatkan kesesatan, kerusakan, penyakit jasmani, dan rohani. 

Obat penawar yang mujarab untuk kedua penyakit ini adalah mengakrabkan diri dengan Al Quran. Maka dari itu, manusia dianjurkan untuk mengakrabkan diri dengan Al-Quran agar terhindar dari segala penyakit jasmani dan rohani.


Cara Rasulullah Berobat dengan Al Quran

Sahabat Widya, tahukah kamu bahwa Rasulullah SAW pernah menyampaikan kepada para Sahabat mengenai cara berobat dengan ruqyah? Lalu apa yang dimaksud dengan Ruqyah? 

Ruqyah adalah metode penyembuhan dengan membacakan ayat Al Quran kepada orang yang sakit.

Pernah suatu ketika, seorang sahabat membacakan Al Quran untuk pemimpin kampung yang tersengat kalajengking. Tindakan itu dibenarkan oleh Rasulullah. Lalu, orang yang membacakan ruqyah itu mendatangi Rasulullah dan berkata, “Wahai Rasulullah, aku tidaklah meruqyah kecuali dengan membaca surat al-Fatihah.”

Rasulullah SAW lantas tersenyum, “Bagaimana engkau bisa tahu al-Fatihah adalah ruqyah?”.


Pada situasi lainnya, Rasulullah SAW juga menggunakan surat al-Ikhlas untuk mengobati orang lain. Ketika Sahabat Utsman sakit, beliau bersabda, “Letakkan tanganmu pada bagian tubuh yang sakit,” Kemudian, Rasulullah SAW membaca:

"Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, aku mendoakanmu dengan nama Allah Yang Esa, Yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu, Yang tiada beranak dan tidak pula diperanakkan dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia, dari segala keburukan yang engkau temui." (HR Abu Ya’la).


Rasulullah SAW juga pernah melakukan pengobatan dengan membaca surat al-Mu’awwidzatain (al-Falaq dan an-Nas). Dalam sebuah hadits dari ‘Aisyah RA yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim disebutkan: 

“Rasulullah SAW jika menderita suatu penyakit, biasanya beliau meruqyah dirinya dengan membaca kedua surah tersebut (al-Falaq dan an-Nas), kemudian meniupkannya. Ketika beliau sakit keras, akulah yang membacakan kedua surat tersebut untuk beliau. Selanjutnya akulah yang mengusapkan tangan beliau (pada badan beliau), demi mengharap barokah dari tangan beliau.”

Kata “meniupkan” dalam hadits tersebut memiliki arti meniupkan pada kedua telapak tangan, lalu mengusapkannya di bagian yang sakit. Namun, jika rasa sakit terasa menyebar dan sulit diketahui letaknya, maka cukuplah mengusapkan pada bagian tertentu atau sesuai yang diinginkan. Begitulah yang cara yang dilakukan Rasulullah SAW untuk menyebuhkan.


          Baca juga artikel 5 Resep Rahasia Cepat Menghafal Al Quran


Ayat Syifa dalam Al Quran

Selain ayat-ayat Al Quran digunakan Rasulullah untuk ruqyah, Sahabat Widya perlu tahu bahwa didalam Al Quran juga terkandung sejumlah ayat Syifa yang banyak dibaca dengan mengharapkan Allah SWT memberi kesembuhan bagi orang yang sakit.

Dalam buku Wawasan Alquran Tentang Dzikir dan Doa oleh M Quraish Shihab, ditunjukkan beberapa ayat Syifa berikut.


1. QS. Yunus : 57


"Wahai manusia. Sungguh, telah datang kepadamu pelajaran (Al-Qur'an) dari Tuhanmu, penyembuh bagi penyakit yang ada dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang yang beriman."


2. QS. An-Nahl : 69

 


"Kemudian makanlah dari segala (macam) buah-buahan lalu tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berpikir."


3. QS. Al-Israa’ : 82

 


"Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman."


4. QS. Asy-Syu’araa’ : 80 

 

"Dan apabila aku sakit, Dialah Yang menyembuhkan aku."


5. QS. Fussilat : 44

 

"Katakanlah: Al Quran itu adalah petunjuk dan penawar bagi orang-orang mukmin"


Al Quran memang memiliki berbagai keutamaan dan manfaat, salah satunya seperti yang sudah kita bahas yaitu sebagai asy-syifa atau penyembuh, namun sayangnya, masih banyak umat muslim yang merasa tidak memiliki waktu untuk membaca Al Quran.

Oleh karena itu, Smart Speaker Widya Wicara hadir dengan fitur Al Quran untuk mendekatkanmu dengan Al Quran setiap hari. Kamu dapat memperbaiki bacaanmu sembari mendengarkan qiroah dari Widya. Selain itu, Wdiya juga akan membaca terjemahannya, sehingga kamu dapat memahami arti dari ayat-ayat yang kamu lantunkan. 

Bukan hanya membantumu beribadah, Smart Speaker Widya Wicara Prima juga membantu Sahabat Widya dalam menjaga hati, lho. Yuk gunakan Smart Speaker Widya Wicara!


Sumber gambar: https://www.freepik.com/free-photo/islamic-new-year-concept-with-copy-space_9259618.htm