Apa yang Perlu Kamu Siapkan Sebelum Bikin Chatbot Bisnis?

17 Aug 2021

Fitur

Mau naikin pelayanan bisnismu dengan chatbot? Yuk, bikin chatbotmu sendiri pakai Chatbot Widya Wicara. Gampang banget, kok!

Menaikkan kepuasan pelanggan dengan customer service digital menjadi salah satu tren di dunia bisnis saat ini. Pelayanan tersebut berupa chatbot yang berfungsi merespon pertanyaan maupun perintah pelanggan melalui media chatting, seperti WhatsApp, Telegram, LINE, maupun website.

Chatbot customer service semakin banyak digunakan di dunia bisnis, baik oleh perusahaan besar maupun oleh pelaku usaha mikro, karena beragamnya benefit yang ditawarkan. Mulai dari respon yang cepat, pelayanan 24 jam, hingga mengurangi biaya operasional. Penggunaan chatbot diharapkan mampu meningkatkan kepuasan pelanggan.


          Baca juga artikel Statistik dan Trend Chatbot untuk Bisnis


Selain itu, penggunaan chatbot untuk bisnis ternyata sangat mudah. Jangan bayangkan kamu harus menguasai bahasa pemrogaman untuk bisa memasang chatbot pada bisnismu. Kamu cukup memilih layanan Chatbot Widya Wicara dan dengan mudah chatbotmu akan terpasang dan siap untuk melayani pelanggan.


Apa yang Perlu Kamu Siapkan?

  1. Pahami kebutuhanmu. Sebelum kamu menggunakan teknologi chatbot untuk bisnis, pahami terlebih dahulu kebutuhanmu. Apa kebutuhan chatbotmu? Problem apa yang ingin kamu selesaikan dengan chatbot? Seperti apa karakter chatbot yang kamu inginkan? Dengan begini, kamu bisa tau chatbot customer service seperti apa yang sesuai dengan kebutuhanmu untuk melayani pelanggan.

  2. Siapkan informasi penting terkait dengan bisnismu yang sekiranya dibutuhkan oleh customer service chatbot. Hal ini bisa kamu lakukan dengan membuat list pertanyaan yang sering ditanyakan oleh customer (FAQ) beserta jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut.

  3. Persiapkan platform digital. Kalau kamu ingin mengintegrasikan chatbot di platform digitalmu, kamu harus mempersiapkan platform digital yang sesuai kebutuhanmu, karena sebelum menghubungkan channel pesan dari chatbot ke platform, ada syarat-syarat yang perlu kamu penuhi. Jika bisnismu sudah memiliki website, kamu bisa menambahkan chatbot ke dalamnya. Namun, jika tidak ada website, kamu bisa menyambungkan chatbot ini dengan platform lain, seperti WhatsApp, Telegram, maupun Line.

  4. Untuk akun Line, kamu harus menggunakan akun Line Official Account untuk bisa terhubung dengan chatbot. Demikian pula dengan WhatsApp. pastikan kamu menggunakan Whatsapp Business API.


          Baca juga artikel 5 Cara Mudah Bikin Chatbot WhatsApp untuk Bisnismu


Membuat Chatbot Bisnis dengan Chatbot Widya Wicara

  • Proses membuat chatbot bisnis dengan Chatbot Widya Wicara sangat mudah dan tidak ribet. Akan sangat baik jika kamu sudah mempersiapkan poin-poin sebelumnya untuk mempermudah proses pembuatan chatbot. Namun jika belum, tidak perlu khawatir karena bisa didiskusikan lebih lanjut dengan tim Widya Wicara.

  • Kenali dulu produk Chatbot Widya Wicara di sini. Setelah itu, kamu bisa hubungi tim Widya Wicara.

  • Sampaikan konsep dan tujuan pembuatan chatbotmu, serta informasi-informasi terkait produkmu. Kamu juga bisa mendiskusikan dengan tim Widya Wicara terkait dengan karakter chatbotmu, seperti nama panggilan, gaya bahasa yang akan digunakan, dan pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul dari pelanggan.

  • Setelah itu, tim Widya Wicara akan menyusun journey chatbotmu sesuai dengan kebutuhan. Kalau kamu sudah memiliki journey percakapan chatbot yang kamu susun sendiri juga tidak masalah, lho.

  • Tentukan platform mana saja yang ingin kamu integrasikan dengan chatbot supaya bisa terhubung dengan pelangganmu.


Mudah, bukan? Cukup mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa melayani pelanggan setiamu secara 24jam nonstop! Bahkan, kamu bisa melayani banyak pelanggan dalam waktu bersamaan. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, pasang Chatbot Widya Wicara untuk meningkatkan pelayanan bisnismu!

 

Hubungi Kami

 

Sumber gambar: https://www.instagram.com/p/CR3fdxDBDv1/