Chatbot, Si Asisten Virtual dengan Segudang Manfaat!

05 Jun 2021

Fitur

Memahami pengertian chatbot sebagai customer service serta keuntungannya bagi pelaku bisnis!

Ketika bisnis sudah berjalan, penting sekali bagi pelaku bisnis untuk menjalin komunikasi dengan pelanggan. Salah satu gerbang bagi pelaku bisnis untuk mendengarkan dan mendapatkan feedback dari pengguna adalah melalui customer service. Agar performa customer service bisa maksimal, tentu ada biaya yang perlu dikeluarkan. Semakin banyak pelanggan yang dimiliki, perusahaan juga harus menambah jumlah agen customer service untuk meningkatkan kecepatan respon. Belum lagi biaya yang dikeluarkan untuk pelatihan customer service agar bisa memberikan pelayanan yang terbaik.

Salah satu teknologi yang bisa digunakan untuk memecahkan masalah tersebut adalah memaksimalkan penggunaan chatbot sebagai pendukung customer service. Berdasarkan BoomTown, sebanyak 58% perusahaan B2B sudah menggunakan chatbot untuk memberikan layanan bagi pelanggan mereka. Bahkan, diprediksi naiknya pengguna chatbot sudah terjadi sejak 2019 dan tentunya akan terus berkembang.

Mari kita berkenalan lebih lanjut tentang apa itu chatbot, manfaat menggunakan chatbot, peran chatbot dalam dunia bisnis, hingga layanan chatbot mana yang bisa digunakan!

DEFINISI CHATBOT

Chatbot merupakan sebuah program yang dikembangkan sebagai jembatan antara manusia dan teknologi dalam berkomunikasi. Bentuk input dari chatbot biasanya berbentuk teks, tapi saat ini bisa juga berbentuk suara, teks, gerakan hingga sentuhan yang bisa digunakan kapanpun.

Popularitas penggunaan chatbot diprediksi meningkat mulai dari tahun 2019. Penyebutannya-pun tidak terbatas chatbot saja, tapi bisa juga disebut dengan conversational AI, Virtual Assistant, Digital Assistant, hingga conversational interface.

KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN CHATBOT

Survei yang dilakukan oleh Drift memberikan 5 hal apa keuntungan yang akan didapat ketika mulai menggunakan chatbot.

  1. Respon cepat ketika pengguna mengajukan pertanyaan. Didukung data dari Business2Community, 82% pengguna nyaman menggunakan chatbot yang bisa menjawab kebutuhan mereka dengan cepat dan tepat.
  2. Siap sedia kapanpun pengguna membutuhkan informasi. Sistem customer service yang menggunakan chatbot bisa dijalankan meskipun tidak ada agen manusia yang hadir sehingga memberikan kebebasan bagi pelanggan yang ingin mengakses informasi sesuai waktu luang yang mereka miliki
  3. Mengurangi biaya operasional hingga 30% karena optimalisasi dari customer service sudah didukung oleh chatbot. Tidak masalah berapapun banyak pelanggan, chatbot tetap bisa melayani dan memberi informasi dengan cepat.
  4. Meningkatkan loyalitas terhadap produk karena pelanggan merasa puas dengan pengalaman berinteraksi dengan chatbot.

CHATBOT WIDYA WICARA

Widya Wicara menyadari bahwa memahami keinginan customer akan memberikan performa maksimal pada kelancaran bisnis yang kamu miliki dan percaya bahwa teknologi bisa menjadi jembatan dalam menyelesaikan beberapa masalah customer service. Alasan itu yang membuat Widya Wicara menghadirkan WINA atau Widya Intelligent Assistant yang merupakan Conversational AI yang dikembangkan, sehingga pengguna bisa merasakan proses interaksi layaknya dengan manusia.

MANFAAT TAMBAHAN KETIKA MENGGUNAKAN WINA

Selain bisa memberikan keuntungan layaknya chatbot pada umumnya, menggunakan WINA memberikan beberapa keuntungan tambahan:

  • Personalisasi percakapan yang disesuaikan dengan kebutuhan produk yang kamu miliki hingga karakteristik perusahaan.
  • Pengalaman nyata seperti berinteraksi dengan manusia yang dirasakan pelanggan bisa menambah nilai dalam kenyamanan yang dibangun dalam komunikasi.
  • Mengaplikasikan teknologi Artificial Intelligence yang akan membantu sistem mempelajari maksud dari pertanyaan yang diajukan sehingga chatbot bisa benar-benar memahami apa yang dibutuhkan pelanggan, memahami beragam konteks percakapan dengan idiom yang bervariasi.

Gimana menurut kalian? Banyak manfaatnya, bukan? Kamu juga bisa mengetahui dan mencoba chatbot yang dikembangkan Widya Wicara melalui Website Widya Wicara atau dapatkan update terbaru mengenai Chatbot Widya Wicara dengan follow akun instagram @wicara.ai