Chatbot Smart City: Pelayanan Publik dengan Sekali Klik

16 Jul 2021

Informasi

Proses pelayanan publik lama dan ribet? Tenang, itu nggak akan terjadi lagi, asalkan kamu pakai chatbot smart city!

Apa Sih Smart City Itu?

Smart city adalah sebuah konsep kota cerdas, dimana seluruh pelayanan publik dan juga tata kelola sehari-hari telah terintegrasi dengan teknologi. 

Smart city kini telah hadir di beberapa kota di Indonesia, sebagai usaha pemerintah untuk meningkatkan efektifitas pelayanan publik untuk masyarakat. Melalui konsep smart city, pemerintah berharap dapat menyelesaikan berbagai permasalahan yang dialami masyarakat dengan proses yang lebih mudah dan cepat, sehingga masyarakat tidak lagi mengalami masalah seperti sulitnya akses website, prosedur pengaduan yang terkesan panjang dan ribet, serta respon pengaduan yang terlalu lambat.


Nah, lebih enaknya lagi, teknologi chatbot juga turut melengkapi konsep smart city ini, lho. Kebayang nggak sih, akan jadi secepat dan sememuaskan apa pelayanan publik kalau mengolaborasikan smart city dengan chatbot? Kualitas pelayanan publik dijamin meroket!


          Baca juga artikel 3 Keunggulan Chatbot bagi Dunia Perbankan


Ini Dia Poin Plus Chatbot Smart City!

Pertama, melaporkan pengaduan dari masyarakat secara cepat kepada instansi terkait. Misalnya, pengaduan tentang jalan berlubang, lampu jalan yang rusak, atau jembatan putus.

Kedua, mampu mendampingi masyarakat untuk mengurus berbagai dokumen penting, mengurus pembayaran pajak, dan kepentingan lainnya. Jadi, untuk masyarakat yang ingin mengurus atau hanya ingin mengakses informasi tentang prosedur pembuatan suatu dokumen, bisa langsung tanyakan saja kepada chatbot smart city.

Ketiga, kecepatan respon chatbot smart city tidak ada tandingannya. Super cepat tapi juga nggak asal-asalan merespon. Dengan begitu, nggak ada lagi masyarakat yang merasa diabaikan atau tidak diprioritaskan.

Keempat, chatbot smart city mudah diakses oleh siapapun, kapanpun dan di manapun. Ditambah lagi, chatbot bisa diakses selama 24 jam setiap hari, tanpa batas waktu jam kerja. Super easy! 

Kelima, chatbot dilengkapi dengan NLP (Natural Language Processor) di dalam sistemnya. NLP akan membuat komunikasi chatbot smart city sangat natural seperti manusia, sehingga masyarakat pun menjadi lebih nyaman karena tidak merasa seperti berbicara dengan robot.

Keenam, mampu memonitor dan memberikan insight mengenai tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik. Dengan begitu, pemerintah bisa tahu seperti apa sih kualitas pelayanan yang diinginkan oleh masyarakat.


Bagaimana Sistem Kerja Chatbot Smart City?

Secara sederhana, chatbot smart city berfungsi sebagai tempat pelayanan atau pendaduan masyarakat. Bagi masyarakat yang ingin mengirimkan pertanyaan, keluhan atau mengakses informasi, bisa langsung mengirimkan pesan ke chatbot smart city.

Setelah pesan diterima oleh chatbot, chatbot akan meneruskan pesan tersebut kepada dinas terkait. Setelah dinas terkait menerima pesan dari chatbot, maka pertanyaan atau keluhan dari masyarakat akan bisa segera diproses. Pelayanan publik memuaskan, masyarakat pun senang!


Oh iya, chatbot bukan hanya bisa diakses lewat website saja lho, melainkan bisa diakses dengan mudah dan cepat melalui platform pesan instan seperti Line, WhatsApp, Telegram atau Messanger. Cus, langsung cek Chatbot Widya Wicara untuk tau kemudahan lainnya yang ditawarkan oleh sistem chatbot.