Chatbot: Software Inovatif, Masa Depan Customer Service

10 Jun 2021

Informasi

Permasalahan yang sering dihadapi para pebisnis atau pemilik perusahaan adalah respon customer service yang terlalu lama. Saking lamanya, bisa-bisa para pelanggan akhirnya memilih pergi ke perusahaan kompetitor. Wah, bisa gawat nih. Terus harus gimana dong? Tenang, ada solusinya kok. Kamu bisa pakai chatbot!

Permasalahan yang sering dihadapi para pebisnis atau pemilik perusahaan adalah respon customer service yang terlalu lama. Saking lamanya, bisa-bisa para pelanggan akhirnya memilih pergi ke perusahaan kompetitor. Wah, bisa gawat nih. Harus gimana dong? Tenang, ada solusinya kok. Kamu bisa pakai chatbot!

Chatbot? Apa itu? Chatbot adalah software inovatif yang bisa menerima dan memberikan respon secara cepat terhadap pesan dari pelanggan. Kini, chatbot sudah banyak digunakan oleh perusahaan di berbagai bidang sebagai software pendamping customer service dengan tujuan optimalisasi kecepatan respon kepada pelanggan. Misalnya saja seperti perusahaan finance, perbankan, e-commerce, bahkan pada bidang kesehatan sekalipun.

Persentase penggunaan chatbot terbilang cukup besar, lho. Dilansir dari Invespro.com, beberapa tahun terakhir ini penggunaan chatbot diperkirakan mencapai 67% dan kemungkinan angka persentase ini akan terus meningkat di setiap tahun. Keren, kan!


Memangnya Apa Aja Sih Manfaat Chatbot?

Semua yang terjadi dalam hidup pasti ada alasannya, begitu juga dengan peningkatan penggunaan chatbot. Kira-kira ada apa aja ya manfaat yang menjadi alasan penggunaan layanan chatbot diprediksi akan terus meningkat?

  • Chatbot mampu menerima, memproses dan merespon pesan pelanggan dalam waktu singkat
  • Chatbot bisa selalu aktif selama 24 jam sehari
  • Komunikasi mudah
  • Mampu menjawab pertanyaan repetitif dalam jumlah banyak
  • Memungkinkan semua pelanggan menerima respon
  • Bisa diakses kapan pun dan di mana pun
  • Biaya terjangkau
  • Mampu mengirim pesan secara masif

Mengapa Chatbot Dikatakan Sebagai Masa Depan Customer Service?

Sahabat Widya, ternyata masih banyak lho pelanggan merasa tidak puas dengan pelayanan customer service yang menurut mereka masih terlalu lambat. Pasalnya, customer service memiliki berbagai masalah yang memperlambat pekerjaan mereka. Misalnya pesan yang datang secara masif dalam satu waktu dan ratusan pesan dengan pertanyaan yang sama yang datang berulang kali.

Chatbot dengan segala kecerdasannya mampu mengenali kata kunci dan menjawab pertanyaan repetitif dalam waktu singkat. Oleh karena itulah, chatbot dinilai sebagai masa depan dari customer service yang akan membantu manusia dalam memaksimalkan pelayanan.


Bukan Cuma E-Commerce, Tapi Perusahaan Finance dan Perbankan Juga Butuh Chatbot

Berbagai perusahaan telah menilai penggunaan chatbot bisa menjadi masa depan dan jalan keluar dari permasalahan customer service yang dinilai kurang cepat dan tidak bisa selalu aktif seharian penuh dalam melayani pelanggan. Dengan menggunakan chatbot, sekarang pelanggan tak perlu lagi menunggu lama. Cukup mengirimkan pertanyaan, lalu bot akan menganalisis pertanyaan tersebut dan memberikan respons cepat dan tepat.

Menariknya, ada juga layanan chatbot untuk perbankan dan finance. Di Indonesia juga banyak kok perusahaan layanan perbankan dan finance yang menggunakan chatbot. Misalnya adalah bank BCA, BRI, Mandiri dan lain sebagainya. Selain perbankan, perusahaan seperti Telkomsel, XL dan Unilever juga sudah menggunakan chatbot, lho. 


Keuntungan bagi Perusahaan

Salah satu keuntungan perusahaan yang menggunakan layanan chatbot yaitu dapat menaikkan persentase kecepatan respons customer service terhadap pesan pelanggan dan menghemat biaya sekitar 30% dibandingkan dengan merekrut banyak customer service. Kecepatan respons chatbot juga tak perlu diragukan lagi.

Efek domino dari meningkatnya pelayanan customer service itu sangat besar. Bila pelayanan pelanggan membaik, pelanggan pun akan merasa lebih puas dan menjadi loyal terhadap perusahaan tersebut. Nggak bakal deh lirik-lirik ke perusahaan kompetitor.


Dimana ya tempat terbaik untuk mendapatkan layanan chatbot inovatif? Widya punya jawabannya! Kamu bisa lho pakai layanan chatbot punya Widya, namanya Chatbot WINA (Widya Intelligent Assistant). Chatbot WINA ini akan memberikan banyak keuntungan buat kamu. Mulai dari jangkauan yang luas, bisa aktif kapan saja selama 24 jam, respons yang cepat jadi nggak ada yang namanya late response lagi, dan kamu juga bisa mendapatkan insight dari berbagai platform.