Chatbot, Solusi Perusahaan Asuransi di Saat Pandemi

14 Jul 2021

Informasi

5 benefit Chatbot Widya Wicara yang bisa menjadi solusi kemudahan transaksi nasabah perusahaan asuransi di kala pandemi.

Di masa pandemi seperti sekarang ini, pemerintah telah mengimbau masyarakat untuk tetap berada di rumah. Imbauan ini menuntut adanya penyesuaian pelayanan pelanggan oleh pelaku bisnis dan perusahaan. Salah satunya adalah perusahaan asuransi. 

Perusahaan asuransi harus memutar otak mengenai bagaimana cara agar nasabah tetap bisa melakukan transaksi dengan mudah tanpa harus keluar rumah.

Nah, salah satu solusi yang dinilai tepat adalah dengan chatbot. Hadirnya chatbot asuransi membuat nasabah bisa membeli produk asuransi hanya lewat chat saja.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Statista pada tahun 2019, 44% orang merasa nyaman menggunakan chatbot untuk membuat klaim asuransi dan 43% orang tidak masalah membeli polis asuransi melalui chatbot.

Kalau kamu masih ragu untuk menggunakan chatbot asuransi, coba simak dulu beberapa benefit chatbot untuk perusahaan asuransi di bawah ini, ya!

   
     Baca juga artikel Chatbot: Software Inovatif, Masa Depan Customer Service


Mudah Mengakses Informasi

Chatbot telah disukai banyak orang karena memberikan kemudahan bagi nasabah dalam mengakses berbagai informasi, seperti produk asuransi, perusahaan asuransi, serta rekomendasi produk. Terlebih lagi untuk pengguna yang masih awam dan ingin mendapat banyak informasi untuk meyakinkan diri sebelum akhirnya memutuskan untuk bertransaksi. 

Mengoptimalkan Layanan Nasabah

Chatbot asuransi bisa mendampingi nasabah untuk melakukan transaksi pembelian dan pembayaran produk asuransi, membantu untuk cek benefit, menutup polis hingga menawarkan produk. Dengan kecerdasan buatannya (artificial intelligence), chatbot juga dapat merekomendasikan produk asuransi yang sesuai dengan nasabah, lho. Hebat kan?

Membantu Pekerjaan Agen Asuransi

Bukan cuma menyediakan informasi yang dibutuhkan nasabah, chatbot juga dapat ditempatkan sebagai asisten virtual untuk mempermudah pekerjaan agen asuransi. Dengan bantuan chatbot, agen asuransi dapat melakukan pengecekan data nasabah dengan mudah, mengecek produksi income, menyediakan daftar kontes yang aktif, dan memberikan solusi untuk mengatasi pertanyaan repetitif dan juga masif.

Praktis Digunakan dan Jangkauan Pelanggannya Luas

Salah satu yang bikin chatbot banyak peminatnya adalah karena chatbot praktis banget digunakan. Chatbot bisa aktif terus seharian selama 24 jam tanpa perlu istirahat serta mampu merespon pertanyaan nasabah dengan cepat dan juga tepat. Selain itu, chatbot bisa terhubung dengan berbagai layanan sosial media seperti telegram, whatsapp, line, dan lain sebagainya. Dengan begitu, chatbot dapat menjangkau pelanggan lebih luas lagi.

Cocok untuk Membidik Generasi Milenial

Generasi milenial terbiasa hidup di era digital yang menawarkan begitu banyak kemudahan dan kepraktisan dalam hidup.  Hal ini mendorong milenial lebih menyukai layanan yang mampu memberikan end-to-end solution secara cepat. Maka, untuk menarik perhatian generasi milenial terhadap produk asuransi, chatbot bisa menjadi jalan ninjamu.


Banyak perusahaan teknologi yang berlomba-lomba membuat produk chatbot terbaik. Tak ingin ketinggalan, perusahaan teknologi anak bangsa, Widya Wicara, juga menciptakan chatbot pintar bernama Chatbot Widya Wicara (WINA).

Mau tahu info Chatbot Widya Wicara lebih lengkap? Yuk, kunjungi website kami di https://widyawicara.com/nlp.