Definisi dan Keuntungan Memakai Chatbot Banking

10 Jan 2022

Informasi

Siapa bilang pelayanan nasabah hanya bisa dilakukan oleh CS manusia saja? Sekarang lembaga bank bisa lho memanfaatkan teknologi chatbot yang super pintar ini!

Sebagai salah satu bentuk lembaga keuangan, bank memiliki peran penting yaitu untuk memfasilitasi aktivitas keuangan bagi masyarakat. Mulai dari transaksi simpan pinjam, pembayaran, kredit dan masih banyak lainnya.

Sebegitu pentingnya peran bank, bank pun dituntut agar selalu mampu memberikan performa yang terbaik kepada nasabah. Bisa dibilang nasabah adalah ‘raja’ di dunia perbankan. Maka sudah selayaknya mereka mendapatkan pelayanan terbaik, bukan?


Layanan Prima, Nasabah Bahagia

Seiring perkembangan zaman, ada banyak hal yang mengalami perubahan terutama dalam hal teknologi. Mau tidak mau, siap tidak siap, bank harus bisa beradaptasi dengan keadaan baru ini agar pelayanan nasabah dapat selalu prima.

Mengapa bank perlu mengikuti kemajuan teknologi? Tentu saja untuk meningkatkan kualitas layanan agar masyarakat semakin puas dan nyaman bertransaksi dengan bank.

Apa contoh teknologi yang tepat untuk diadopsi oleh bank agar layanan nasabah (customer service) semakin baik? Jawabannya adalah Chatbot!


Apa Iya Orang Suka Memakai Chatbot?

Menurut Sahabat Widya, kira-kira ada berapa banyak orang yang udah pernah berinteraksi dengan chatbot

Acquire melaporkan, ternyata ada sebanyak kurang lebih 1,4 miliar orang yang telah berinteraksi dengan chatbot, lho. Wow!

Karena ternyata, cukup banyak orang yang lebih menyukai dilayani oleh chatbot ketika mereka mengharapkan jawaban atau respon yang instan. Berdasarkan data dari Salesforce, sekitar 69% pelanggan memilih menggunakan chatbot karena kecepatannya dalam memberikan respon.

Tingginya minat masyarakat tentu telah mendorong perusahaan teknologi untuk mengembangkan produk AI (artificial intelligence) berupa chatbot.

Jadi penasaran, deh. Kalau di Indonesia perkembangan chatbot-nya  seperti apa ya?

Menurut Mordor Intelligence, perkembangan chatbot di Indonesia kisaran tahun 2019 - 2024 terbilang tinggi, lho. Coba lihat gambar di bawah ini ya.

 

Sahabat Widya, ternyata di Indonesia perkembangan chatbot itu pesat banget. Sebegitu pesatnya, sampai-sampai banyak perusahaan di Indonesia yang bergerak di berbagai sektor yang udah mengimplementasikan chatbot untuk melancarkan bisnis mereka. Salah satunya adalah sektor perbankan.


         Baca juga artikel Akselerasi Transformasi Digital Perbankan


Seberapa Besar Keuntungan Memakai Chatbot Banking?

Agar Sahabat Widya bisa menilai seberapa besar keuntungan memakai chatbot banking, Widya akan jabarkan beberapa benefit yang bisa kamu dapatkan dari chatbot, di bawah ini!

  1. Memperbaiki kualitas customer service
    Chatbot menawarkan kecepatan respon yang ternyata dapat mempengaruhi kepuasan nasabah terhadap layanan bank. Semakin cepat dan tepat pesan dibalas, nasabah akan merasa tenang, tidak terabaikan, dipentingkan, dan juga merasa bahwa layanan bank dapat diandalkan.

  2. Menghemat cost
    Berdasarkan sebuah penelitian, mengadopsi chatbot ke dalam sistem kerja dapat mengurangi cost hingga 30%. Hal ini terjadi karena perusahaan tak perlu lagi terlalu banyak merekrut customer service.

  3. Tersedia sepanjang waktu
    Hal menarik lain yang dimiliki chatbot adalah kemampuannya untuk aktif sepanjang hari tanpa istirahat. Nasabah dapat dengan mudah menggunakan dan mengakses chatbot kapan pun yang mereka inginkan tak terbatas dengan jam operasional.

  4. Meningkatkan angka NPS (The Net Promoter Score)
    The net promoter score adalah sebuah skor yang digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan atau nasabah. Kepuasan pelanggan akan terus meningkat seiring dengan peningkatan kualitas layanan pelanggan.

  5. Kinerja lebih efisien
    Hadirnya virtual assistant chatbot, sangatlah membantu mengurangi pekerjaan customer service terutama ketika harus menjawab pertanyaan repetitif dalam jumlah banyak. Dengan begitu, mereka jadi bisa lebih fokus untuk mengerjakan pekerjaan lainnya yang tak kalah penting.

  6. Personalisasi pengalaman nasabah
    Dilansir dari situs retail customer experience, kurang lebih sebanyak 63% orang mengharapkan adanya layanan yang lebih personal. Apakah bisa? Bisa dong. Chatbot mampu mengumpulkan data tentang nasabah sehingga engagement dengan mereka semakin kuat dan personal.

  7. Up-Sell dan Cross-Sell
    Masih berhubungan dengan personalisasi yang sempat dibahas di atas, chatbot juga mampu mengetahui behaviour dan kebutuhan nasabah. Dengan mempelajari behaviour, teknologi ini dapat melakukan up-sell dan cross-sell produk dan layanan lainnya kepada nasabah.


        Baca juga artikel Mengenal 5 Jenis Teknologi yang Digunakan dalam Dunia Perbankan


Otomatisasi Layanan Bank Menggunakan Chatbot Banking

Setelah membahas tentang chatbot banking beserta berbagai keuntungannya, sekarang saatnya kita berbicara tentang implementasi chatbot banking untuk mengoptimalkan layanan bank. 

Apa aja ya layanan bank yang bisa diotomatisasi dengan chatbot banking? Yuk, kita bahas bareng!

  1. Menjawab FAQ
    Urusan melayani FAQ (frequent asked question) atau pertanyaan repetitif, percayakan saja sama chatbot. Sahabat Widya tak perlu risau, sebab virtual assistant ini sangat bisa diandalkan dalam urusan melayani nasabah.

  2. Cek saldo rekening dalam sekejap
    Dengan chatbot, nasabah dapat meminta chatbot untuk memberitahukan saldo rekening mereka dalam waktu singkat, tanpa perlu pergi ke bank, atm atau log-in terlebih dahulu ke akun e-banking.

  3. Mempermudah transfer dana
    Pengguna bisa memanfaatkan chatbot untuk mentransfer uang, melakukan pembayaran, tracking transfer, memperbarui penerima, mengontrol batas transfer dan lain-lain.

  4. Permudah proses setoran
    Kemudian, nasabah juga bisa melakukan proses setoran secara mudah dengan bantuan virtual assistant chatbot. Apakah nasabah bisa melihat jumlah bunga yang didapatkan setiap bulannya? Bisa banget!

  5. Track histori transaksi
    Lalu, apakah pengguna bisa memeriksa kembali seluruh histori transaksi yang pernah dilakukan? Tentu saja bisa. Chatbot akan turun membantu pengguna melakukan monitoring transaksi.

  6. Layanan perbankan yang dipersonalisasi
    Kemudian, chatbot mampu menawarkan solusi yang telah dipersonalisasi agar relevan dengan kebutuhan nasabah. Dengan harapan ekspektasi nasabah dapat terpenuhi dan mereka bersedia untuk loyal terhadap suatu bank.

  7. Pemberitahuan berkala
    Pemberitahuan berkala ini sangat bermanfaat untuk mengingatkan nasabah mengenai tanggal jatuh tempo pembayaran, transaksi penting, notifikasi penting seperti pemberitahuan update layanan dan lain sebagainya.

  8. Customer service sekali klik
    Di atas sudah beberapa kali Widya singgung mengenai pentingnya kecepatan dalam merespon nasabah. Bayangkan betapa puasnya nasabah bila mereka dapat menghubungi customer service suatu bank dalam sekali klik.
     
  9. Mendeteksi aktivitas mencurigakan
    Menariknya lagi, chatbot banking bisa lho mendeteksi berbagai aktivitas mencurigakan atau penipuan yang mengancam rekening bank. Wah, jadi lebih aman, kan!


Chatbot Widya Wicara Solusinya!

Kalau Sahabat Widya bertanya sama Widya rekomendasi produk chatbot terbaik di Indonesia, jawabannya jelas Chatbot Widya Wicara, dong! Semua keuntungan  teknolog chatbot yang tadi udah sempet Widya sebutin di atas bisa banget kalian dapetin di chatbot asli buatan Indonesia ini, lho. 

Chatbot super cerdas ini dilengkapi dengan teknologi canggih berupa artificial intelligence (AI) dan natural language processing (NLP), plus mudah digunakan dan ramah di kantong. Ditambah lagi, ia dapat dengan mudah diintegrasikan ke berbagai platform seperti Facebook, Telegram, Line, Whatsapp, bahkan di dalam Website sekalipun.

Dimana lagi coba kamu bisa dapetin produk chatbot se-epic itu kalau bukan di Chatbot Widya Wicara.

Buruan gih, langsung aja kunjungi website kami di www.widyawicara.com. Jangan sampai menyesal, ya!

 

Hubungi Kami

Sumber gambar: https://www.freepik.com/photos/coffee Coffee photo created by jcomp