Fungsi Chatbot bagi Perusahaan Asuransi

05 Oct 2021

Fitur

Yuk, kenalan sama Chatbot Widya Wicara yang dapat membantu perusahaan asuransi menangani para nasabah!

Perkembangan teknologi mendorong para pebisnis untuk terus berinovasi dalam memberikan layanan kepada para konsumennya. Apalagi di masa pandemi seperti ini, sektor bisnis harus bisa beradaptasi dengan keadaan yang menuntut mereka untuk Go Online. Karena jika tidak, maka bisnis tersebut akan mudah dikalahkan oleh para kompetitornya.

Meski kondisi sedang dalam masa pandemi, tapi sebuah bisnis tentu tetap harus memberikan pelayanan yang prima kepada para konsumennya. Maka dari itu, Widya meluncurkan teknologi teknologi yang dapat membantu sektor bisnis untuk tetap memberikan layanan yang prima meski dalam kondisi pandemi, yaitu teknologi chatbot berbasis artificial intelligence (AI). Chatbot dapat membantu perusahaan asuransi menangani para nasabahnya.

Fungsi Chatbot bagi Perusahaan Asuransi

  • Mendampingi para nasabah dalam melakukan proses transaksi
  • Memberikan informasi mengenai prosedur dan persyaratan pengajuan klaim
  • Melihat status polis
  • Memberikan penawaran produk asuransi


          Baca juga artikel Chatbot, Solusi Perusahaan Asuransi di Saat Pandemi


Beberapa Perusahaan Asuransi yang Sudah Menggunakan Chatbot

  • PT Asuransi Cakrawala Proteksi Indonesia meluncurkan Hummi Bot
  • Asuransi Astra meluncurkan chatbot GarXia
  • Aswata Asuransi meluncurkan chatbot Vania
  • PasarPolis menggunakan chatbot Poli


Keuntungan Menggunakan Chatbot dari Widya

  1. Memberikan Layanan Prima kepada Pelanggan

    Chatbot memungkinkan kita untuk membalas pesan dari konsumen dengan cepat, sehingga layanan kepada konsumen pun akan tetap prima, meskipun di luar jam kerja. Dengan layanan yang sigap, tentu tidak memberi waktu kepada konsumen untuk beralih ke kompetitor. Layanan yang prima juga akan membuat konsumen merasa nyaman dan puas, sehingga mereka tidak akan segan untuk mempromosikan perusahaan asuransimu kepada kerabat mereka.

  2. Menjangkau Pelanggan yang Lebih Luas

    Chatbot dari Widya dapat dikoneksikan ke berbagai platform pesan instan yang banyak digunakan oleh para generasi milenial, seperti Whatsapp, Line, dan Telegram. Selain itu, juga bisa dikoneksikan ke website perusahaanmu sehingga bisa menjangkau pelanggan yang lebih luas.

  3. Mengoptimalkan Layanan Standby 24/7

    Di era yang serba cepat dan instan ini, kesigapan menjadi salah satu tolok ukur dalam memberikan layanan yang prima kepada konsumen. Dengan menggunakan chatbot dari Widya, chat bisnismu akan selalu aktif 24/7, sehingga pertanyaan dari konsumen di luar jam kerja pun tetap bisa terjawab dengan cepat.

  4. Menggunakan Otomasi Pesan

    Chatbot dari Widya berteknologi intent (Untuk mengetahui maksud dari suatu input percakapan atau teks), entity (Untuk memberikan pelabelan suatu topik, item atau objek sehingga dapat mengetahui konteks suatu percakapan), serta Classification Service (Untuk menentukan kategori dari suatu teks inputan). Teknologi ini akan memahami konteks percakapan dengan lebih baik, akurasi jawaban yang lebih akurat, dan tentunya akan lebih natural seperti mengobrol dengan manusia.

  5. Efisiensi Biaya Customer Support

    Chatbot dapat menggantikan peran customer support. Perusahaanmu pun tidak perlu merekrut banyak customer support, sehingga dapat mengurangi anggaran yang dikeluarkan untuk menggaji karyawan. Anggaran tersebut bisa dialokasikan ke kebutuhan lainnya, seperti untuk strategi marketing, promosi, dan lain-lain.


Selain berbagai keuntungan yang sudah disebutkan di atas, chatbot dari Widya juga sudah bisa dikolaborasikan dengan Teknologi Speech to Text dan Text to Speech untuk memberikan pengguna pengalaman percakapan yang natural layaknya berkomunikasi langsung dengan manusia.


Sudah ada beberapa perusahaan asuransi yang menggunakan chatbot, kamu masih mau ketinggalan? Untuk menggunakan chatbot dari Widya, langsung saja kunjungi website www.widyawicara.com.

 

Sumber gambar: https://www.freepik.com/free-photo/math-blocks-house-key-stacked-coins-wooden-surface_2697961.htm