Mengenal 10 Sahabat Nabi yang Dijamin Masuk Surga

13 Jul 2021

Informasi

Rasulullah pernah menyebut 10 nama sahabat yang sudah dijamin masuk surga. Siapa sajakah mereka? Perjuangan apa yang telah mereka lakukan hingga mendapatkan jaminan surga?

Menjadi sahabat yang dapat diandalkan Rasulullah SAW dalam berdakwah bukanlah hal yang mudah. Butuh keberanian dan pengorbanan besar untuk dapat membantu Sang Utusan Allah untuk menyebarkan ajaran Islam.

Sebagai hadiah atas keberanian dan pengorbanan tersebut, ada 10 sahabat Nabi Muhammad SAW yang dikaruniai oleh Allah tiket emas untuk masuk surga. Hal ini sesuai dengan hadist berikut:

Rasulullah SAW bersabda,

“Abu Bakar di surga, ‘Umar di surga, ‘Utsman di surga, ‘Ali di surga, Thalhah di surga, Az-Zubair di surga, ‘Abdurrahman bin ‘Auf di surga, Sa’ad (bin Abi Waqqash) di surga, Sa’id (bin Zaid) di surga, Abu ‘Ubaidah bin Al-Jarrah di surga.” (HR. Tirmidzi, no. 3747 dan Ahmad, 1:193. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini sahih).

 

1. Abu Bakar Ash-Shidiq

Abu Bakar Ash-Shidiq termasuk dalam golongan 10 orang pertama yang masuk Islam (assabiqunal awwalun) dan menjadi salah satu sahabat yang paling dekat dengan Nabi Muhammad SAW. Beliau selalu setia mendampingi dakwah Nabi meski harus menghadapi ancaman berbahaya dari kaum kafir Quraisy. Setelah Rasulullah wafat, Abu Bakar lah yang ditunjuk untuk menjadi khalifah.

2. Umar bin Khattab

Sebelum memeluk agama Islam, Umar bin Khattab sangat membenci Rasulullah SAW dan menentang ajaran yang dibawanya. Namun, setelah mendengarkan lantunan ayat Al-Qur’an dan menjadi seorang muslim, Umar menjadi sahabat yang paling berani menggunakan pedangnya untuk membela Islam. Umar merupakan khalifah yang melanjutkan perjuangan Abu Bakar dalam memimpin umat Islam. 

3. Utsman bin Affan

Utsman bin Affan adalah khalifah ketiga setelah Umar bin Khattab yang terkenal dengan sifat dermawannya. Kekayaan Utsman digunakan untuk membela agama Islam, berzakat, sedekah, dan infaq. Bahkan pada masa kepemimpinannya, Utsman membangun angkatan laut Islam yang pertama dan memperluas daerah syiar. Utsman jugalah yang mengumpulkan dan menyusun mushaf Al-qur’an yang digunakan hingga saat ini. 

4. Ali bin Abi Thalib

Ali bin Abi Thalib merupakan pemeluk agama Islam kedua setelah Siti Khadijah. Ia telah mempelajari agama Islam sejak masih belia, langsung dari Rasulullah SAW. Oleh karena itu, Ali menjadi sangat setia dan selalu ikut berperang demi membela Islam. Ali merupakan khalifah terakhir dari empat khulafaur rasyidin dan mendapat gelar Karrahmallah Wajhah, yang berarti semoga Alllah SWT selalu memuliakan wajahnya.

5. Talhah bin Ubaidillah

Talhah bin Ubaidillah adalah salah satu sahabat yang tidak segan-segan mengorbankan dirinya demi melindungi Rasulullah SAW. Saat perang Uhud, ia bahkan rela kehilangan jari-jarinya saat melindungi Rasulullah dari serangan kaum kafir Quraisy. Rasulullah memberi julukan tiga julukan kepada Talhah, yakni Si Baik Hati, Si Pemurah, dan Si Dermawan. 

6. Zubair bin Awwam

Zubair bin Awwam adalah sepupu dari Rasulullah yang masuk Islam sejak usia 15 tahun. Ia juga termasuk ke dalam golongan assabiqunal awwalun. Zubair dikenal selalu setia melindungi Rasulullah dari bahaya yang mengancam. Rasulllah SAW menyebut Zubair dengan Hawari, yang berarti penolong Nabi. 

7. Abdurrahman bin Auf

Abdurrahman bin Auf mendapat jaminan surga karena jasanya dalam pembangunan Islam yang besar. Meskipun memiliki kekayaan yang melimpah, Abdurrahman bukan orang yang sombong. Ia justru dikenal sangat dermawan dan ikhlas memberikan hartanya untuk kemajuan dakwah Islam.

8. Sa’ad bin Abi Waqash

Sa’ad bin Abi Waqash adalah sosok yang sangat berbakti pada ibunya meski berbeda kepercayaan. Ia merupakan sahabat yang setia mendampingi Rasulullah SAW dalam berbagai peperangan. Dengan keahlian memanahnya, Sa’ad menjadi pemanah pertama yang melepaskan busur demi membela Islam.

9. Sa’id bin Zaid

Sebagai pencari agama yang benar, Sa’id bin Zaid langsung masuk Islam saat Rasulullah SAW menyiarkannya. Setelah masuk golongan assabiqunal awwalun, Sa’id segera menjadi pelopor dalam menyebarkan ajaran Islam. Kesetiaan Sa’id dibuktikan dengan mengikuti seluruh perang bersama Rasul dan menjalankan perintah dengan sungguh-sungguh.

10. Abu Ubaidah bin Jarrah

Anggota assabiqunal awwalun lainnya adalah Abu Ubaidah bin Jarrah. Ia memiliki sifat yang lemah lembut saat bergaul dengan masyarakat, namun dijuluki Singa dalam perang Badar. Hal ini karena Abu Ubaidah merupakan sosok yang sangat berani menghadapi musuh dan cekatan dalam pertempuran. Ia sangat setia dengan mengikuti seluruh peperangan Nabi demi membela Islam. 


Semoga kita bisa meneladani kisah 10 sahabat Nabi Muhammad SAW yang dijamin masuk surga ya.

Ingin tahu kisah lengkap mengenai sahabat-sahabat Nabi Muhammad SAW? Kamu bisa mendengarkannya lewat fitur “Cerita Sahabat Nabi” yang ada di speaker Widya Wicara Prima, lho! Kapan lagi bisa mendapat kisah inspiratif dari speaker pintar masa kini? Yuk, miliki Widya sekarang~


Sumber gambar: https://www.pexels.com/@abdelaziz