Penggunaan Teknologi untuk Menemani Aktivitas di Bulan Ramadan

08 Apr 2021

Informasi

Bulan Ramadan adalah bulan yang sangat dinantikan oleh umat Muslim. Selain karena umat Muslim seluruh dunia akan menjalankan kewajiban berpuasa selama satu bulan penuh, Bulan Ramadan juga memiliki banyak keutamaan. Ada berbagai cara untuk bisa memompa semangat ibadah di bulan suci, salah satunya adalah dengan bantuan teknologi. Berikut beberapa manfaat teknologi agar bulan Ramadan lebih berkah dan penuh suka cita.

Bulan Ramadan adalah bulan yang sangat dinantikan oleh umat Muslim. Selain karena umat Muslim seluruh dunia akan menjalankan kewajiban berpuasa selama satu bulan penuh, Bulan Ramadan juga memiliki banyak keutamaan. Bulan Ramadan merupakan bulan penuh ampunan, bulan dengan pahala berlipat ganda, bulan penuh berkah, dan bulan penuh rahmat Allah SWT. Maka dari itu, sudah sewajarnya kita sebagai umat Muslim untuk memaksimalkan ibadah kita selama bulan Ramadan ini.

Ada berbagai cara untuk bisa memompa semangat ibadah di bulan suci, salah satunya adalah dengan bantuan teknologi. Hadirnya teknologi sangat membantu umat Islam agar bisa lebih maksimal dalam melaksanakan puasa dan amal ibadah lain selama bulan Ramadan. Bahkan, teknologi juga bisa menopang kebutuhan insidental kita ketika bulan Ramadan tiba. Berikut beberapa manfaat teknologi agar bulan Ramadan lebih berkah dan penuh suka cita:

 

1. Acuan untuk salat lima waktu, sahur, dan berbuka puasa

Saat bulan Ramadan, amalan sunnah harus kita gencarkan dan amalan wajib jangan sampai kita tinggalkan, seperti salat wajib lima waktu. Kehadiran teknologi bisa membantu kita untuk mengingatkan kewajiban ibadah sehari-hari. Untuk ibadah sunnah pun kita bisa mengandalkan teknologi berupa reminder atau alarm. Pengingat waktu salat akan membuat kita selalu ingat dan siap untuk melaksanakan salat wajib maupun salat sunnah lain, seperti salat tarawih di bulan Ramadan. Selain itu, pada bulan puasa ini kita juga dianjurkan untuk selalu melaksanakan sahur sebelum berpuasa, yaitu makan dan minum sebelum matahari terbit. Setelah seharian berpuasa, maka akan tiba saatnya untuk berbuka. Dengan teknologi pengingat waktu, kita akan sangat terbantu untuk tidak lupa sahur dan berbuka puasa tepat pada waktunya. Dengan demikian, ibadah puasa kita akan semakin lancar dan bisa fokus untuk melaksanakan ibadah lain juga selama bulan Ramadan.

 

2. Penyedia resep berbuka puasa atau rekomendasi tempat berbuka puasa

Tantangan terberat dari berpuasa adalah untuk bisa menahan lapar, haus dan hawa nafsu selama hampir sehari penuh. Ketika kita berhasil menjalankan puasa, kita akan diberikan pahala dan merasakan kebahagiaan. Seperti dalam sebuah hadis qudsi riwayat Bukhori-Muslim, Allah berfirman bahwa salah satu kebahagiaan orang yang berpuasa adalah ketika berbuka. Maka dari itu, momentum berbuka puasa merupakan momen yang paling ditunggu oleh orang yang berpuasa. Dengan adanya teknologi smartphone, kita bisa mengecek resep makanan dan minuman favorit yang sudah kita idam-idamkan setelah seharian berpuasa. Selain itu, kita juga bisa mengecek rekomendasi tempat makan yang menawarkan menu berbuka puasa yang enak. Kita juga bisa mencari lokasi restoran terdekat dan terbaik sesuai dengan keinginan kita. 

 

3. Silaturahmi dan mengikuti kajian secara virtual

Kemampuan teknologi kini dapat memangkas ruang dan jarak. Untuk bersilaturahmi atau mengadakan pertemuan misalnya, kita tak perlu lagi hadir di ruang yang sama dengan orang lain, melainkan kita bisa memanfaatkan teknologi video call atau telepon. Ditambah lagi dengan adanya pandemi Covid-19, kita dianjurkan untuk menjaga jarak satu sama lain untuk mencegah penularan virus. Maka, teknologi video conference dapat menjadi sebuah solusi. Selain itu, teknologi virtual juga akan memudahkan kita dalam mencari ilmu agama. Kita bisa mendapatkan ilmu agama tanpa perlu menghadiri kajian secara langsung, karena kita bisa mengakses kajian secara online, menyimak melalui siaran radio, mendengarkan podcast, dan berbagai kemudahan lain yang diberikan oleh perkembangan teknologi.

 

4. Beli tiket mudik secara cepat dan aman

Mudik menjadi satu hal yang sangat identik ketika datangnya bulan Ramadan. Mudik merupakan salah satu budaya masyarakat Indonesia, yakni mengunjungi kampung halaman masing-masing atau pulang kampung. Biasanya, mudik dilakukan pada akhir bulan Ramadan atau sekitar H-3 lebaran agar bisa merayakan Idul Fitri bersama keluarga di kampung halaman. Orang yang mudik bisa menggunakan kendaraan pribadi atau bisa juga dengan menggunakan kendaraan umum. Contohnya seperti menggunakan pesawat, kereta api, bus, dan lainnya sesuai dengan jarak dan kebutuhan setiap individu. Masalahnya, pembelian tiket mudik pasti selalu melonjak dan akan menyulitkan calon pemudik jika harus langsung mengantre di kantor pembelian tiket. Tapi dengan bantuan teknologi, sekarang kita bisa mendapatkan tiket dengan lebih santai dan praktis, karena bisa mengakses pembelian tiket secara online.

 

5. Mendapatkan referensi baju lebaran

Hari lebaran atau Idul Fitri merupakan hari kemenangan ketika seluruh umat Islam berbahagia dan bersukacita. Kita bahkan disunnahkan untuk menggunakan pakaian terbaik ketika Idul Fitri. Salah satu kebiasaan umat Islam di Indonesia adalah menggunakan baju baru saat lebaran. Teknologi membantu kita untuk mencari referensi tren pakaian terbaik agar lebih keren dan fashionable dipakai saat hari raya. Selain itu, kita juga bisa berbagi rekomendasi pakaian lebaran melalui platform sosial media, sehingga kita juga bisa saling menyapa satu sama lain. 

 

Berjumpa dengan bulan Ramadan merupakan sebuah kesempatan emas yang tidak boleh kita sia-siakan. Kemajuan teknologi saat ini bisa membantu kita untuk memaksimalkan bulan suci. Smart Speaker atau Speaker Pintar Widya Wicara Prima merupakan sebuah teknologi terbarukan yang dilengkapi dengan fitur-fitur Islami, sehingga bisa menjadi teman ibadah terbaik pada bulan Ramadan. Fitur-fitur yang bisa membantu kita dalam beribadah, di antaranya: pengingat waktu salat, alarm sahur, alarm buka puasa, hadis harian, cerita Islami, fitur kajian, podcast Islami, dll. Selain itu, Widya juga akan menjadi asisten terbaik pada bulan Al-Qur’an ini, karena Widya memiliki fitur-fitur yang akan mendekatkan kita pada kitab suci Al-Qur’an, yaitu Al Quran dan terjemahan, fitur hafalan surat, serta permainan edukasi sambung ayat. 

 

Sumber gambar: unsplash.com/@alfasy