Perusahaan Penyedia Layanan TTS dan STT

03 May 2021

Informasi

Kali ini kita akan membahas perusahaan-perusahaan yang bergerak di bilang penyediaan layanan text-to-speech (TTS) dan speech-to-text (STT).


Setelah membahas tentang speech-to-text dan text-to-speech di kanal LinkedIn Widya Wicara, kali ini kita akan membahas perusahaan mana saja yang bergerak dibidang penyediaan layanan text-to-speech (TTS) dan speech-to-text (STT).


1. MobVOI

https://www.mobvoi.com/us/voice/overview


MobVOI merupakan perusahaan teknologi yang berfokus pada sistem interaksi suara dan integrasi hardware-software. Perusahaan ini didirikan oleh Zhifei Lei pada tahun 2012 dan memiliki kantor pusat di Beijing, Tiongkok. Sejak awal didirikan, MobVOI memiliki tujuan untuk memaksimalkan penggunaan Artificial Intelligence sebagai solusi kehidupan. Beberapa produk MobVOI yang berfokus pada suara, yaitu TickTalk untuk produk TTS dan TicReco sebagai produk STT.


2. Soundhound

https://www.soundhound.com/

Ketika didirikan pada tahun 2005 di Amerika Serikat oleh Keyvan Mohajer, Soundhound awalnya bernama Midomi App yang menyediakan produk pencarian musik. Kemudian pada tahun 2018, bersama dengan Honda, Hyundai, dan Mercedes-Benz, Soundhound meningkatkan produknya untuk memberikan layanan interaksi suara Text to speech dan Automatic Speech Recognition menggunakan voice AI platform mereka, yaitu Houndify.


3. Viettel AI

http://viettel.com.vn/en

Viettel Group merupakan sebuah perusahaan telekomunikasi di Vietnam. Namun, selain produk telekomunikasi, Viettel Group mulai melakukan pengembangan Artificial Intelligence untuk diaplikasikan pada berbagai produk dan menjadi layanan yang akan memberi solusi bagi bisnis di Vietnam. Jenis layanan suara TTS dan STT yang disediakan oleh Viettel AI adalah Speech Synthesis (TTS) dan Speech Recognition (STT) yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan pemrosesan bahasa ke bahasa vietnam atau sebaliknya.


4. Widya Wicara

http://widyawicara.com/

Berangkat dari keinginan untuk memberikan solusi untuk Indonesia yang berkaitan dengan pemrosesan bahasa dan suara, Widya Wicara menghadirkan TTS Widya Wicara dan STT Widya Wicara. Widya Wicara sendiri sudah berkecimpung di dunia pemrosesan bahasa sejak tahun 2019 melalui produk smart speaker yang menyasar pasar retail dan B2B. Selanjutnya, mulai merambah ke layanan TTS, STT serta Chatbot di tahun 2021 untuk kebutuhan bisnis. Saat ini, Widya Wicara juga mulai mengembangkan sistem NLP serta Wake Word sebagai produk yang akan datang.