Selamat! Widya Wicara Tembus 10 Besar Lomba Poster AIIS 2021

Share on linkedin
Share on facebook
Share on twitter

Artificial Intelligence Innovation Summit 2021 (AIIS 2021) merupakan ajang menampilkan kemampuan seluruh komponen bangsa yang memiliki pencapaian inovatif di bidang teknologi AI.

“There is a Will, There is a Way!”

Kabar menyenangkan bagi Sahabat Widya! Belum lama ini, Widya Wicara berhasil menorehkan prestasi baru. Dalam sebuah gelaran lomba poster inovasi kecerdasan buatan, perwakilan Widya Wicara berhasil menyabet posisi 10 besar.

Helatan bergengsi ini diadakan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melalui Organisasi Riset Pengkajian dan Penerapan Teknologi (OR PPT) bersama Kolaborasi Riset dan Inovasi Kecerdasan Artifisial (KORIKA). Lomba poster merupakan salah satu rangkaian acara dalam gelaran Artificial Intelligence Innovation Summit 2021 (AIIS 2021).

Pada Lomba Poster AIIS 2021, tim Widya Wicara berhasil mengamankan posisi 10 besar, dengan judul poster “Integrated End-to-End Bahasa Indonesia Speech Processing System with Chatbot for Automatic Call Center”. Adapun Lomba Poster ini diikuti oleh nyaris 100 orang peserta.

Sekilas tentang AIIS 2021

Artificial Intelligence Innovation Summit 2021 (AIIS 2021) merupakan perhelatan yang menampilkan pemanfaatan teknologi AI. Ajang ini sekaligus menonjolkan kemampuan seluruh komponen bangsa yang memiliki pencapaian inovatif di bidang teknologi AI. Sementara itu, event ini telah berlangsung secara virtual pada tanggal 10-13 November 2021.

BRIN melalui OR PTT bersama Korika menjadi penyelenggara AIIS 2021. OR PTT yang sebelumnya dikenal dengan nama Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), sempat menjadi  katalisator penerapan kecerdasan artifisial di Indonesia pada AIIS tahun sebelumnya. Tim BPPT kemudian merumuskan Stranas Kecerdasan Artifisial 2020-2045.

Untuk mewujudkan impelentasi tersebut, sebuah lembaga bernama Pusat Inovasi Kecerdasaan Artifisial (PIKA) dibentuk, dan kemudian lahir lembaga orkestrator KORIKA untuk mengawal Stranas KA menuju visinya.

Mengutip Technology-Indonesia.com, acara ini di tahun sebelumnya telah berhasil menggaet 10 ribu pengunjung. 

Sementara di tahun 2021, AIIS menggelar beberapa acara seperti webinar, virtual expo, lomba poster, bisnis forum, parade pameran dan poster, yang keseluruhannya digelar secara virtual.

Lomba Poster AIIS 2021

Lomba Poster AIIS 2021 dapat diikuti oleh seluruh kalangan yang memiliki ide, konsep, penelitian, atau hasil inovasi teknologi AI. Untuk mengikutinya, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh peserta.

Jumlah pesertanya pun tidak sedikit, yakni sebanyak 91 peserta, yang lantas diperciut menjadi 20 besar, dan diseleksi kembali menjadi 10 besar untuk kemudian ditentukan 3 poster terbaik.

 

Widya Wicara Lolos 10 Besar

Perusahaan anak bangsa Widya Wicara, menjadi salah satu peserta yang tergerak mengikuti lomba poster inovasi kecerdasan buatan AIIS 2021. Poster perwakilan Widya Wicara menjadi satu dari 20 poster yang dipamerkan dalam helatan tersebut.

Diwakili Rahmad Kurniawan, Widya Wicara membuat poster berjudul “Integrated End-to-End Bahasa Indonesia Speech Processing System with Chatbot for Automatic Call Center”. 

Rasa suka cita ini sekaligus sebagai harapan agar di masa depan Widya Wicara dan tim semakin bersemangat untuk menciptakan teknologi yang dapat membantu masyarakat dan bisnis Indonesia. Adapun, berikut daftar tim yang lolos 10 besar Lomba Poster AIIS 2021:

  • Tim AI Karhutla OR PPT dengan poster berjudul AI Innovation for Forest Fire Mitigation.
  • Tim dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan poster berjudul Autonomous Tram Development Using Artificial Intelligence.
  • Tim dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dengan judul INOSEC19 – Covid-19 Screening Tool through Axillary Sweat Odor.
  • Tim Widya Wicara dengan judul poster Integrated End-to-End Bahasa Indonesia Speech Processing System with Chatbot for Automatic Call Center.
  • Tim Universitas Telkom dengan judul poster Forecasting of Wave Height Time Series Using AdaBoost dan XGBoost, dengan studi kasus di Pangandaran, Indonesia.
  • Tim Universitas Islam Al-Ihya Kuningan, mengusung judul poster Deep-learning-based Smart Detection of Melon Leaf Abnormality on Raspberry Pi.
  • Tim Universitas Gunadarma dengan poster berjudul Follow Me Samart Cart.
  • Tim dari BRIN dengan judul poster Toward Explainable Automated Flower Recognition System.
  • Tim Universitas Sebelas Maret (UNS) dengan judul poster AI For Heart: Inovasi Website Diagnosis Risiko Penyakit Jantung Koroner Menggunakan Aficial Intelligence Berbasis Analisis Tekstur Wajah Guna Menakan Angka Kematian.
  • Tim Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan judul Alat Penilai Kualitas Hutan Berbasis Bioakustik Suara Burung Menggunakan Kecerdasan Buatan.

Dengan mengikuti lomba poster ini, Widya Wicara ingin menonjolkan Chatbot anak bangsa buatan Widya Wicara, di mana Chatbot kami dapat menampilkan sistem pemrosesan ucapan Bahasa Indonesia terintegrasi end-to-end yang baik. Jika penasaran dengan Chatbot Widya Wicara, kamu bisa mengunjungi www.widyawicara.com.

Related Article

4 Manfaat Speech to Text pada Customer Service

Dalam suatu perusahaan tentunya memiliki banyak pelanggan yang selalu membutuhkan informasi serta jawaban permasalahan yang sedang mereka hadapi. Apabila pelanggan merasa puas serta masalah mereka

Newest Article

Newsletter

Subscribe to our newsletter and stay updated.