Tingkatkan Interaksi Audiens dengan Chatbot untuk Memaksimalkan Penjualan Produk

21 Jul 2021

Informasi

Bagaimana cara meningkatkan interaksi audiens menggunakan chatbot marketing? Berikut penjelasan lengkapnya!

Selain mengandalkan copywriting dan desain iklan untuk memikat pelanggan, ternyata chatbot juga bisa jadi senjata marketing, lho. Bahkan, pendekatan audiens melalui chatbot dinilai efektif menaikkan penjualan. Oleh karena itulah, chatbot ini kerap disebut dengan julukan Chatbot Marketing.

Apa itu chatbot marketing?

Dengan kecanggihan Artificial Intelligence (AI), kini chatbot tidak hanya membantu customer service saja, melainkan dapat digunakan bidang pemasaran (marketing). Penggunaan chatbot marketing dapat menjadi sarana memperkenalkan brand, serta menjalin ikatan yang lebih dalam dengan pelanggan setia. 

Tidak seperti iklan kebanyakan, chatbot marketing bisa menawarkan produk dengan personalisasi. Dengan data yang lebih akurat, pengguna tidak akan merasa mendapatkan spam iklan yang mengganggu. Namun, pengguna akan merasa mendapatkan rekomendasi produk yang mereka butuhkan. 

         
          Baca juga artikel Goodbye Ribet, Hello Chatbot!

Bagaimana cara chatbot marketing meningkatkan penjualan?

Chatbot jenis ini menawarkan produk dengan metode soft selling. Pertama-tama, chatbot akan membuat pengguna merasa melakukan chatting dengan teman. Menggunakan platform chatting yang familiar akan menambah kenyamanan pelanggan dalam berinteraksi dengan chatbot. Contohnya dengan aplikasi WhatsApp, LINE, Telegram, maupun Facebook Messenger. 

Kemudian, dibandingkan mengisi data diri pada website, pengguna akan lebih nyaman memberikan data dirinya lewat chatbot. Dengan begitu, data yang diperoleh pun akan semakin akurat untuk menawarkan produk yang tepat. 

Tak hanya menawarkan produk saja, chatbot sekaligus dapat melayani transaksi pembelian produk dari awal hingga akhir, sehingga kepuasan pelanggan akan meningkat drastis. Hal ini akan memberikan dampak pembelian berulang, hingga menjadi pelanggan setia yang merekomendasikan produk kita pada orang lain. 


Kalau chatbot marketing bisa meningkatkan interaksi dan penjualan secara maksimal, kapan kamu akan menggunakannya untuk bisnismu? Yuk pasang chatbot pada brandmu sekarang juga dengan Chatbot Widya Wicara!

 

Sumber gambar: https://www.freepik.com/photos/winter