Tips Khatam Al Qur'an 30 Juz di Bulan Ramadhan

29 Apr 2021

Informasi

Salah satu kegiatan mulia yang dilakukan pada bulan Ramadhan adalah membaca Al Qur’an. Karena keutamaan membaca Al Qur'an sangat besar, banyak pula umat Muslim yang berusaha untuk khatam Al Quran selama bulan Ramadhan. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu coba untuk menghatamkan Al Qur’an selama bulan Ramadhan.

Bulan suci Ramadhan merupakan salah satu dari 12 bulan dalam penanggalan Hijriyah yang paling ditunggu-tunggu kedatangannya oleh umat Islam. Di samping banyaknya keutamaan pada bulan Ramadhan, Allah juga berjanji akan melipatgandakan pahala dari setiap perbuatan baik yang dilakukan oleh umatnya sebanyak 700 kali lipat (HR Bukhari no. 1904). Hal ini yang membuat umat Muslim berlomba-lomba untuk berbuat baik dan mendulang pahala sebanyak-banyaknya, seperti memperbanyak sedekah, dzikir dan salat sunnah.


Selain itu, salah satu kegiatan mulia yang dilakukan pada bulan Ramadhan adalah membaca Al Qur’an. Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa membaca satu huruf dari kitab Allah maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf; tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf.” (HR. At-Tirmidzi). Jadi bayangkan saja, betapa besar pahala yang akan kita dapat ketika membaca Al Qur’an, terutama di bulan ramadhan. Karena keutamaan yang besar itu, banyak pula umat Muslim yang berusaha untuk khatam Al Quran selama bulan Ramadhan. Yang artinya menyelesaikan 30 juz dalam waktu 30 hari. 


GIMANA, SIH, CARANYA KHATAM AL QURAN SELAMA BULAN RAMADHAN?


Berikut langkah-langkah yang bisa kamu coba untuk menghatamkan Al Qur’an selama bulan Ramadhan:

  • Niat

    Jika kamu ingin menyelasikan bacaan 30 juz selama bulan Ramadhan, maka kamu harus meniatkannya sejak awal Ramadhan atau bahkan sejak sebelum Ramadhan dimulai. Semua perilaku yang dilandasi dengan niat yang kuat akan lebih mudah dilakukan. Kamu bisa ajak diri sendiri untuk berkomitmen dalam menyelesaikan target baca Al Quran.
  • Buat Target dan Jadwal

    Setelah memantapkan niat, coba untuk membuat target harian seberapa banyak kamu harus membaca Al Quran. Kamu bisa coba untuk membuat target baik per juz, per lembar, bahkan per ayat. Contoh paling mudah adalah dengan menerapkan metode One Day One Juz. Karena ada 30 juz dalam Al Quran, maka berikan target diri untuk menyelesaikan satu juz dalam satu hari, sehingga kamu bisa menyelesaikan 30 juz dalam waktu 30 hari. Jika dalam satu juz ada 9-10 lembar, kamu bisa coba dengan menyelesaikan paling tidak 2 lembar setiap sehabis sholat wajib. Makin banyak lembar target yang kamu buat, semakin cepat juga target harianmu untuk mengkhatamkan Al-Qur’an tercapai.
  • Bawa Al Quran Mini Kemanapun Kamu Pergi

    Ada kalanya kita tidak bisa selalu berada di rumah untuk mengaji. Sebagai solusinya, coba untuk selalu membawa Al Quran mini atau pasang aplikasi Al Quran pada  perangkat elektronik milikmu. Dengan demikian, kamu tetap bisa membaca Al Quran untuk memenuhi target harian yang sudah kamu tetapkan di manapun kamu berada.
  • Cari Teman untuk Khatam Al Quran Bersama-sama 

    Ketika sedang bekerja, akan sangat menyenangkan bila kita memiliki teman dengan tujuan yang sama. Begitu juga dengan proses khatam Al Quran. Coba untuk mengajak keluarga, kerabat, teman untuk memasang dan mewujudkan target yang sama. Atau kamu juga bisa bergabung dalam komunitas One Day One Juz (ODOJ) untuk membaca Al Quran bersama-sama. Selain itu, kamu bisa juga, lho, menggunakan Speaker Pintar Widya Wicara Prima untuk menjadi teman kamu dalam membaca Al Quran. Widya Wicara Prima menyediakan fitur Al Quran dan Al Quran Terjemahan yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Jadi, apapun caranya, selama ada teman, proses khatam Al Quran akan semakin menyenangkan.


Sekian tips dari Widya, Semoga dengan beberapa langkah di atas bisa membantu Sahabat Widya untuk menyelesaikan bacaan Al Quran selama bulan Ramadhan 2021! Selamat Berpuasa, ya, Sahabat Widya!

 

Sumber Gambar: unsplash.com/@thedancingrain