Tips Menghapal Al-Quran dengan Cepat

10 Nov 2020

Fitur

Smart Speaker Widya Wicara akan membantu Anda untuk menghapal Al-Quran lebih cepat

Halo Sahabat Widya, sebagai seorang muslim, sudah menjadi keharusan untuk kita mengamalkan Al-Quran, salah satunya dengan cara membacanya setiap hari. Apapun kesibukan yang kita jalani setiap hari, tentu kita harus pandai membagi waktu untuk setidaknya membaca 1-2 halaman Al-Quran. 

Sebenarnya dengan kemajuan teknologi, Anda dipermudah dalam hal apapun, termasuk membaca Al-Quran, salah satunya dengan Smart Speaker Widya Wicara, Anda tinggal meminta Widya untuk membacakan surat yang ingin dibaca. Lalu bagaimana jika Anda ingin menjadi penghafal Al-Quran? Tentu saja, Smart Speaker Widya Wicara bisa membantu hal tersebut. Selain itu, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar dapat menghafal Al-Quran dengan cepat, diantaranya adalah

Bisa Karena Terbiasa

Seperti kata peribahasa “bisa karena terbiasa”, semakin sering kita membaca Al-Quran maka bukan hanya sekedar membaca ayat, namun kita juga semakin hafal dengan isinya. Anda bisa membagi waktu berdasarkan agenda harian, misalnya jika Anda bekerja, maka sempatkan waktu dikala magrib atau sebelum tidur. Bahkan Anda juga bisa membaca Al-Quran sembari menunggu waktu Shalat Subuh. Apalagi menurut penelitian, waktu subuh adalah waktu yang ideal untuk belajar karena otak sedang berada dalam kondisi yang maksimal untuk menghafal sesuatu.

Ketahui Arti dari Ayat Tersebut

Jika hanya sekedar hafal tanpa tau artinya, itu sama saja bohong. Untuk mengamalkan Al-Quran kita juga harus mengerti arti dan maksud setiap ayat yang dibaca. Selain mengerti artinya, Anda juga bisa mendengarkan penjelasan tentang ayat tersebut. Misalnya, latar belakang ayat tersebut diturunkan, peristiwa yang terjadi, dan maksud dari ayat tersebut. Semakin Anda tahu latar ceritanya, itu akan menambah semangat untuk terus menggali isi Al-Quran. 

Dengarkan lagi Sebelum Tidur

Setelah selesai melakukan tugas harian membaca Al-Quran, Anda bisa mendengarkan lagi ayat yang sudah dibaca dengan memberi perintah pada Smart Speaker sebelum tidur. Itu dapat membantu Anda untuk mengingat ayat yang sudah dibaca, sekaligus mengetahui bagian mana yang belum Anda hapal. 

Anda juga bisa mengatur durasi, agar ketika Anda tertidur, Widya tidak akan terus membaca ayat tersebut. Misalnya Anda bisa atur untuk membaca ayat tersebut selama 30 menit dengan berkata “Widya, bacakan surat Al-Baqarah ayat 255 selama 30 menit”.

Kuatkan Niat hanya untuk Allah SWT

Seperti halnya seluruh aktivitas yang Anda lakukan haruslah berdasarkan pada niat untuk Allah SWT. Apalagi yang menyangkut ibadah, Anda harus melakukan itu sebagai wujud takwa Anda sebagai hamba Allah. Jangan Anda menghapal Al-Quran demi niat yang lain karena itu akan menyulitkan Anda untuk bisa konsisten menghapal Al-Quran.

Nah, bagaimana Sahabat Widya? Makin semangat dong untuk menghapal Al-Quran. Tentunya menjadi penghapal Al-Quran harus memiliki keteguhan hati untuk selalu menjaga hafalan walau dalam keadaan apapun. Sebab yang sudah hafal pun bisa lupa seiring waktu, apalagi yang belum hafal. Maka kuncinya adalah konsistensi yang kuat untuk selalu mengulang hafalan tersebut. Semoga Allah SWT selalu memberikan kemudahan untuk kita semua. 

Smart Speaker Widya Wicara akan membantu Anda untuk jadi penghafal Al-Quran dengan fitur-fitur penunjang. Untuk pembelian secara online Anda dapat mengunjungi linktr.ee/widyawicara atau apabila Anda ingin mengunjungi offline store kami, temukan lokasinya melalui https://widyawicara.com/temukan-kami. Suarakan semua bersama Widya Wicara, smart speaker karya anak bangsa.