Bisnis Belum Lengkap Tanpa Text to Speech!

Akhir Juli 2020 lalu, kementerian ketenagakerjaan (Kemnaker) telah mencatat di Indonesia ada lebih dari 3,5 juta orang pekerja mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Hal ini tentu memperburuk permasalahan ketenagakerjaan yang telah lama eksis di negara ini.

Hal tersebut diakibatkan oleh banyaknya perusahaan yang mengalami gulung tikar. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) telah melakukan survey pada akhir bulan April hingga awal bulan Mei 2020 mengenai dampak covid-19 pada perusahaan. Hasilnya adalah sebanyak 39,4% usaha terhenti, 57,1% usaha mengalami penurunan produksi dan sisanya usaha yang tidak terdampak.

Akan tetapi sebenarnya peristiwa di atas tidak hanya terjadi di Indonesia saja, secara general perusahan-perusahaan di dunia juga mengalami permasalahan yang sama. Oleh karena itu, bila para pengusaha ingin bisnisnya dapat kuat bertahan di tengah terpaan pandemi, mereka dituntut untuk dapat beradaptasi dengan situasi. Bagaimana caranya?

5 Hal yang Bisa Dilakukan Agar Bisnis Tetap Lancar di Masa Pandemi

Agar bisnis dapat terus berjalan dengan baik, para pengusaha perlu mempersiapkan diri, karyawan dan perusahaan mengubah sistem bisnis supaya tetap relevan dengan situasi kondisi. Nah, ada beberapa langkah yang bisa kamu upayakan, nih. Simak 5 hal ini, ya!

  1. Tetap mengutamakan keinginan pelanggan
    Kepuasan pelanggan adalah hal yang paling krusial, sehingga pebisnis harus memastikan pelanggan mendapatkan pelayanan terbaik, baik saat kondisi normal maupun setelah pandemi. 
  2. Perkuat kerja sama tim
    Dalam situasi pandemi, penting bagi pemilik bisnis untuk memiliki tim kerja yang solid dan kompak agar bisnis dapat bertahan. Berbicara tentang kerja sama, ada sebuah pepatah menarik dari Ubuntu, Afrika. Bunyinya seperti ini, “Jika ingin berjalan lebih cepat, berjalanlah sendirian. Namun jika ingin berjalan lebih jauh, berjalanlah bersama-sama.” 
  3. Mengubah sistem layanan menjadi online
    Mengubah metode layanan dari yang sebelumnya manual menjadi online merupakan jalan keluar yang bisa para pebisnis coba lakukan. Mengapa begitu? Sebab setelah datangnya pandemi, ada perubahan kebiasaan yang terjadi pada masyarakat yaitu meminimalisir kontak dengan orang lain.
  4. Mengikuti perkembangan zaman
    Pemilik bisnis perlu mengikuti perkembangan zaman. Seperti tren teknologi, tren marketing, perubahan behaviour target market dan lainnya juga perlu ditingkatkan. Apabila terlambat mengikuti itu semua, tak menutup kemungkinan bahwa bisnismu akan tergilas oleh bisnis lainnya.
  5. Adaptasi teknologi
    Salah satu cara mengikuti perkembangan zaman adalah dengan mengadaptasi teknologi ke dalam sistem bisnis. Misalnya dengan memilih teknologi berbasis artificial intelligence atau kecerdasan buatan seperti chatbot, speech to text, voicebot, text to speech, dan sebagainya.

Alasan Kuat Kamu Butuh Text to Speech

Sebelumnya sudah sedikit disinggung mengenai adaptasi teknologi dan salah satunya adalah text to speech. Nah, bagi Sahabat Widya yang belum mengetahui tentang teknologi ini, Widya akan beri sedikit penjelasan, ya.

Singkatnya, teknologi text to speech ini mampu mengubah teks menjadi suara. Jadi, kamu tinggal input saja teks yang kamu inginkan lalu sistem akan menganalisis tulisan tersebut dan mengkonversinya menjadi bentuk audio. Hasil audionya pun jernih, berkualitas dan tingkat akurasinya pun tinggi.

Alasan apa sih yang membuatmu butuh text to speech? Yuk, kita cari tahu bersama!

Pertama, memperluas jangkauan pelanggan. Teknologi text to speech memungkinkan kamu untuk membuka peluang baru bagi pelanggan yang merupakan penyandang disabilitas, diseleksia atau memiliki masalah penglihatan lainnya, yang membuat mereka kesulitan membaca. 

Dengan bantuan text to speech, semua orang dapat menikmati (mendengarkan) seluruh konten atau informasi yang tersedia. Seperti info produk dan juga promosi. Kemudian, teknologi ini juga bisa diintegrasikan dalam website, aplikasi atau platform pesan instan yang biasa digunakan pelanggan ketika menghubungi customer service. Nyaman banget, deh.

Kedua, mudah digunakan oleh siapapun. Teknologi ini menawarkan kemudahan akses bagi penggunanya. Hanya dengan satu klik saja informasi yang tadinya berbentuk tulisan dapat langsung didengarkan. 

Diantara mendengarkan dan membaca mana yang lebih efektif? Penelitian dari University of California menemukan bahwa ternyata baik membaca atau pun mendengarkan, otak terlihat menunjukkan efek yang sama. Jadi, jangan khawatir menggunakan text to speech, ya. Informasi yang pelanggan terima akan dapat tersampaikan dengan baik, kok.

Ketiga, masyarakat menyukai kemudahan dan kenyamanan yang ditawarkan oleh teknologi. Seiring berjalannya waktu, kehidupan manusia menjadi semakin maju begitu pula dengan teknologi yang digunakan salah satunya teknologi suara. 

Banyak masyarakat yang mulai bergantung dengan teknologi suara, lho. Nah, bukankah akan menarik kalau bisnismu juga didukung dengan teknologi suara, text to speech misalnya. Dengan adanya text to speech jangkauan pelanggan akan meluas, kepuasan pelanggan meningkat dan bisnismu pun jadi kuat bertahan.

Bukan Hanya Profit, Ini 8 Keuntungan memakai TTS yang Bisa Kamu Panen!

  • Membuat orang menghabiskan waktu lebih lama dalam website.
  • Menghemat waktu dan uang.
  • Text to speech mudah diimplementasikan dengan internet of things (IoT).
  • Memberi pengalaman menarik untuk pelanggan sehingga mereka loyal dengan sebuah bisnis.
  • Memungkinkan pelanggan merekomendasikan sebuah bisnis karena merasa puas dengan pelayanan yang diberikan.
  • Meningkatkan reach konten.
  • Menjangkau target market yang lebih luas.
  • Text to speech menjadi bentuk bisnis marketing yang fresh.

Mulai lakukan perubahan terhadap bisnismu dengan mengadopsi teknologi text to speech. Kalau kamu sudah tertarik ingin memilikinya, pertanyaan selanjutnya adalah dimana kamu bisa mendapatkan produk text to speech terbaik, bukan? 

Wah timing-nya pas banget, nih. Widya punya rekomendasi produk TTS bagus dan berkualitas tinggi buat kamu, namanya Text to Speech Widya Wicara! Penasaran kayak gimana produknya? Mampir aja ke website-nya Widya Wicara di www.widyawicara.com atau bisa juga langsung hubungi kami

Post Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *