Bukan Hanya di Dunia Pendidikan, Ini Dia Fungsi Text to Speech di Kehidupan Sehari-Hari!

Beberapa Fungsi Text-to-speech

Text-To-Speech

Text to speech atau TTS adalah teknologi yang memungkinkan komputer untuk mengubah teks menjadi suara secara otomatis. Teknologi ini sudah tidak asing lagi di dunia pendidikan, tetapi ternyata TTS juga memiliki banyak fungsi di kehidupan sehari-hari. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa fungsi Text-to-speech  yang bisa mempermudah aktivitas kita sehari-hari.

Fungsi TTS yang bisa mempermudah aktivitas kita sehari-hari:

  1. Mendengarkan Artikel Berita atau Buku

TTS sangat berguna untuk mereka yang suka membaca tetapi tidak memiliki waktu untuk membaca secara fisik. Dengan TTS, teks dari artikel berita atau buku dapat diubah menjadi suara dan didengarkan melalui speaker atau headphone. Ini memungkinkan seseorang untuk tetap mendapatkan informasi tanpa harus meluangkan waktu untuk membaca fisik.

  1. Mempermudah Berkomunikasi dengan Orang Tunanetra

TTS juga sangat bermanfaat bagi orang tunanetra, karena mereka dapat mendengarkan teks melalui suara yang dihasilkan oleh TTS. Hal ini memungkinkan mereka untuk mengakses informasi yang sebelumnya sulit bagi mereka untuk terima. Dalam hal ini, TTS berperan sebagai media untuk meningkatkan aksesibilitas bagi orang tunanetra.

  1. Membantu Menjaga Fokus saat Berkendara

Banyak orang yang menghabiskan waktu di kendaraan untuk bekerja atau membaca. Namun, ini dapat berbahaya jika seseorang harus memperhatikan jalan saat berkendara. Dalam situasi seperti ini, TTS dapat membantu seseorang untuk tetap produktif tanpa mengurangi keselamatan di jalan. Teks dari email atau dokumen kerja dapat diubah menjadi suara dan didengarkan melalui speaker mobil.

  1. Mempermudah Membuat Presentasi

Dalam dunia bisnis, presentasi merupakan hal yang sangat penting. TTS dapat mempermudah pembuatan presentasi dengan mengubah teks menjadi suara. Dalam hal ini, seseorang hanya perlu mengetik teks presentasi dan membiarkan TTS untuk membacanya. Hal ini akan mempermudah pembuatan presentasi dan menghemat waktu.

  1. Meningkatkan Kemampuan Bahasa Asing

Terakhir, TTS juga dapat membantu seseorang dalam belajar bahasa asing. Dengan mendengarkan suara yang dihasilkan oleh TTS, seseorang dapat memperbaiki pengucapan dan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang suara dan intonasi dalam bahasa asing. Hal ini akan sangat berguna bagi mereka yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa asing secara mandiri.

Kesimpulan

TTS bukan hanya berguna di dunia pendidikan , tetapi juga memiliki beberapa fungsi Text-to-speech  di kehidupan sehari-hari. Dari memudahkan pembacaan artikel berita dan buku, membantu orang tunanetra untuk mengakses informasi, hingga meningkatkan keselamatan saat berkendara, TTS telah membawa banyak manfaat bagi banyak orang. Dalam era digital yang semakin maju, TTS menjadi semakin penting dan berguna bagi banyak orang. Dengan kemampuannya untuk mengubah teks menjadi suara, TTS telah membantu mempermudah hidup orang-orang dengan cara yang belum pernah terjadi sebelumnya. Oleh karena itu, sebaiknya kita mengoptimalkan penggunaan TTS untuk mempermudah kehidupan sehari-hari kita.

Baca artikel lainnya hanya di Widya.ai

Post Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *