Bulan Puasa Lebih Istimewa Ditemani Fitur Widya Islami

Share on linkedin
Share on facebook
Share on twitter

Make your memorable Ramadhan with the flagship feature of the Widya Wicara Smart Speaker. Here are 5 noble practices that you can do with the Widya Islami feature.

widya islami bulan ramadhan

Waktu berjalan begitu cepat ya, tak terasa bulan suci Ramadhan atau bulan puasa akan datang sebentar lagi. Sahabat Widya udah menyiapkan rencana apa aja buat menyambut bulan suci ini? 

Jangan sampai kamu tidak memaksimalkan bulan suci Ramadhan yang hanya datang setahun sekali ini untuk mengumpulkan pahala. Belum tentu tahun depan Allah SWT masih mengizinkan kalian bertemu dengan bulan Ramadhan lagi. Ingat, umur manusia kan tak ada yang tahu, jadi alangkah baiknya bila Sahabat Widya bisa mengisi waktu bulan puasa ini dengan melaksanakan berbagai amalan mulia.

Hmm… kira-kira ada amalan ibadah apa aja ya? Yuk kita simak bareng~

5 Amalan untuk Dilakukan Saat Ramadhan, Ditemani Fitur Widya Islami

Fitur Widya Islami adalah fitur pintar berbasis Islami yang dimiliki oleh Smart Speaker Widya Wicara. Fitur ini menarik banget lho, karena kamu gak hanya akan ditemani selama menjalankan aktivitas ibadah, tetapi juga kamu akan memiliki pengalaman yang unik dan istimewa. 

Kebayang nggak sih gimana jadinya kalau kamu menjalankan beberapa amalan di bawah ini bersama Fitur Widya Islami? Pastinya bakalan lebih seru dan istimewa, deh! 

1. Umrah saat Ramadhan

Rasulullah SAW pernah bersabda tentang betapa mulianya melaksanakan ibadah umrah di bulan Ramadhan, bahkan beliau mengatakan umrah ketika Ramadhan senilai dengan haji. 

Berikut sabda Nabi Muhammad yang diriwayatkan dalam sebuah hadits. 

فَإِذَا كَانَ رَمَضَانُ اعْتَمِرِى فِيهِ فَإِنَّ عُمْرَةً فِى رَمَضَانَ حَجَّةٌ

Artinya: “Jika Ramadhan tiba, berumrahlah saat itu karena umrah Ramadhan senilai dengan haji.” (HR. Bukhari no. 1782 dan Muslim no. 1256).

  • Makna umrah senilai dengan haji

Umrah senilai dengan haji? Apa maksudnya? Agar tidak salah kaprah, mari kita cari tahu lebih jauh, yuk

Dilansir dari Rumaysho.com, Imam Nawawi rahimullah menjelaskan perihal ini bahwa “Yang dimaksud adalah umrah Ramadhan mendapati pahala seperti pahala haji. Namun bukan berarti umrah Ramadhan sama dengan haji secara keseluruhan. Sehingga jika seseorang punya kewajiban haji, lalu ia berumrah di bulan Ramadhan, maka umrah tersebut tidak bisa menggantikan haji tadi.” (Syarh Shahih Muslim, 9:2)

Oh iya, kamu tau nggak kalau beberapa Fitur Widya Islami bisa digunakan untuk menemani ibadah umroh juga, lho. Misalnya fitur “Al-Quran” dan “Al-Quran Terjemahan” untuk mendengarkan lantunan ayat suci serta memahami artinya. Fitur “Hadits Pilihan” untuk menambah pemahamanmu terhadap hadits Rasulullah SAW. Kemudian, kamu bisa menambah pengetahuanmu tentang Islam dengan menggunakan fitur “Kuis Pengetahuan Islami”.

2. Berdzikir dan berdoa

Selain melaksanakan puasa dan sholat wajib, Sahabat Widya bisa mengisi waktu di bulan puasa dengan memperbanyak berdzikir dan berdoa. Ketika berpuasa langitkanlah doa, karena doa orang yang berpuasa termasuk kedalam tiga doa yang tidak tertolak.

  • Tiga doa yang tidak tertolak

Dilansir dari Rumaysho.com, dari Anas bin Malik ra, Rasulullah SAW pernah bersabda sebagai berikut:

ثَلاَثُ دَعَوَاتٍ لاَ تُرَدُّ دَعْوَةُ الْوَالِدِ ، وَدَعْوَةُ الصَّائِمِ وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ

Artinya, “Tidak doa yang tidak tertolak yaitu doa orang tua, doa orang yang berpuasa dan doa seorang musafir.” (HR. Al Baihaqi dalam Sunan Al Kubro. Syaikh Al Albani mengatakan hadits ini shahih sebagaimana dalam As Silsilah Ash Shahihah no. 1797)”

  • Perbanyak berdzikir

Selain berdoa, Sahabat Widya juga dianjurkan untuk memperbanyak berdzikir. Memuliakan, menyebut dan mengingat Allah SWT merupakan hal yang dianjurkan untuk dilakukan oleh seorang Muslim. Ingatlaht Allah maka Allah akan mengingat kita.

Allah SWT berfirman dalam Quran surat Al-Baqarah ayat 152,

فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوا لِي وَلَا تَكْفُرُونِ

Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku” (QS. Al-Baqarah : 152)

Seorang Muslim dapat berdzikir kapanpun, namun ada tiga waktu terbaik untuk berdzikir yakni pagi dan petang, setelah melaksanakan sholat, dan setiap ada kesempatan.

Apakah kamu masih suka malas atau kesulitan berdzikir? Tenang aja, Widya Islami punya fitur menarik yang bernama “Dzikir Pagi Petang”. Dengan mengakses fitur ini, Widya dapat menjadi temanmu ketika berdzikir, sehingga berdzikir akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

3. Membaca Al-Quran (tadarus) 

Mambaca dan mendengarkan lantunan ayat suci Al-Quran sangatlah menenangkan hati dan jiwa terutama bila dilakukan ketika bulan suci Ramadhan. Dilansir dari muslim.co.id, dari Abu Hurairah Rasulullah SAW pernah bersabda,

وَمَا اجْتَمَعَ قَوْمٌ فِى بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللَّهِ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَيَتَدَارَسُونَهُ بَيْنَهُمْ إِلاَّ نَزَلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكِينَةُ وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ وَحَفَّتْهُمُ الْمَلاَئِكَةُ وَذَكَرَهُمُ اللَّهُ فِيمَنْ عِنْدَهُ

yang artinya, “Tidaklah beberapa orang berkumpul di salah satu rumah Allah (masjid), mereka membaca Kitabullah (Al Qur’an) dan saling mengajarkan satu dan lainnya di sana, melainkan akan turun kepada mereka sakinah (ketenangan hati), mereka akan diliputi rahmat Allah, akan dikeliling oleh para malaikat dan Allah akan menyebut-nyebut mereka di sisi para makhluk yang dimuliakan di sisi-Nya” (HR. Muslim no. 2699).

Disamping itu, melantunkan ayat suci Al-Quran tidak hanya memberikan ketenangan hati, tetapi juga termasuk dalam amalan mulia yang dapat mendatangkan pahala.

Widya Islami menyediakan fitur menarik, fitur “Al-Quran” yang bisa membantu kamu untuk konsisten bertadarus (membaca Al-Quran). Selain itu ada juga fitur bernama “Sambung Ayat” yang bisa kamu gunakan untuk membantumu menghafalkan ayat-ayat Al-Quran.

4. Upgrade Iman dengan Mengikuti Kajian

Iman seseorang tidak selalu berada dalam kondisi terbaik. Iman kadang bisa naik dan juga turun. Untuk menjaga keimanan, seseorang perlu me-refresh dan meng-upgrade keimanan mereka, misalnya dengan mengikuti kajian Islam.

Pengertian kajian Islam berdasarkan jurnal IAIN Kediri adalah kajian secara sistematis dan terpadu untuk mengetahui, memahami dan menganalisis secara mendalam hal-hal yang berkaitan dengan agama Islam, baik yang menyangkut sumber-sumber ajaran Islam, pokok-pokok ajaran Islam, sejarah Islam, maupun realitas pelaksanaannya dalam kehidupan.

Sahabat Widya bisa mengikuti kajian di masjid, menghadiri event, kajian secara daring (online), ataupun menggunakan fitur “Kajian Islam” yang ada di dalam fitur Widya Islami.

Ada banyak topik kajian islam yang bisa kamu akses melalui fitur ini. Diantaranya ada topik tentang kebesaran Allah, keutamaan sholat subuh berjamaah, cita-cita hidup, orang yang banyak istighfar doanya mustajab dan masih banyak lagi.

5. Menyegerakan Berbuka Puasa

Siapa sangka kalau menyegerakan berbuka puasa termasuk dalam amalan yang dianjurkan untuk dilakukan selama bulan Ramadhan. Rasulullah SAW bersabda,

لاَ يَزَالُ النَّاسُ بِخَيْرٍ مَا عَجَّلُوا الْفِطْرَ

Artinya, “Manusia akan senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Menyegerakan berbuka puasa maksudnya adalah ketika adzan maghrib berkumandang maka seorang Muslim yang sedang berpuasa harus segera membatalkannya.

Untuk memastikan kamu selalu tahu dan mendengar adzan maghrib dimanapun posisimu berada, kamu bisa lho mengetahui jadwal sholat melalui fitur “Jadwal Sholat”. Ditambah lagi, fitur ini menawarkan fungsi adzan yang akan berbunyi ketika waktu sholat telah tiba. Menarik ya.

Itulah 5 amalan yang dianjurkan untuk dilakukan selama bulan Ramadhan. Mari sama-sama berdoa dan berharap, semoga Allah SWT meridhoi amal ibadah Sahabat Widya selama bulan Ramadhan, ya. Aamiin.

Yuk, meriahkan bulan puasa yang penuh berkah ini bersama smart speaker pintar berbasis artificial intelligence (AI) buatan Indonesia, yakni Smart Speaker Widya Wicara Prima dengan fitur kerennya, Widya Islami, yang akan membuat ibadah menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Jangan sampai ketinggalan, buruan miliki produknya sekarang juga!

Widya Wicara Speaker Islami

 

Tokopedia

Related Article

parenting

Mengenal 3 Prinsip Parenting Ali Bin Abi Thalib

Sejatinya, setiap orangtua wajib untuk menjalankan tugas dan tanggung jawabnya terhadap perkembangan anak, mulai dari pengasuhan maupun pendidikan. Hal inilah yang biasanya disebut dengan parenting.

Newest Article
[taxopress_termsdisplay id="1"]

Newsletter

Subscribe to our newsletter and stay updated.

[taxopress_relatedposts id="1"]