Daftar Perusahaan Penyedia Jasa Speech To Text di Indonesia

Siapa nih di antara Sahabat Widya yang suka suka hilang fokus kalau harus mencatat sekaligus mendengarkan pelajaran, ketinggalan perbincangan meeting padahal lagi ditugaskan untuk notulensi rapat, atau kerepotan mentranskrip wawancara yang panjang?

Tenang dulu tak perlu panik. Ada sebuah teknologi bernama Speech To Text yang berbasis artificial intelligence (AI) dan juga dilengkapi dengan natural language processing (NLP) yang akan membantumu menyelesaikan masalah di atas.

Secara singkat, cara kerja teknologi speech to text (STT) adalah menganalisis sebuah audio dan mengubahnya ke dalam bentuk teks secara otomatis dan akurat. Speech to text juga tersedia dalam berbagai bahasa, lho. Tapi kenapa harus pakai Speech to Text?

Baca juga artikel Bagaimana Teknologi Speech to Text Bekerja dan Apa Kegunaannya?

Ini 5 Alasan untuk Menggunakan Speech To Text

Berdasarkan dari sebuah penelitian sebanyak hampir 72% orang telah familiar dengan software, alat elektronik atau tools yang berbasis teknologi suara. Hal tersebut tentu tidak mengherankan, sebab di era digital ini peralatan canggih yang didukung oleh artificial intelligence dan natural language processing (NLP) kian menguasai pasar. Misalnya smart phone, smart watch, smart speaker hingga teknologi Internet of Things (IoT).

Buat Sahabat Widya yang masih ragu, bimbang atau bertanya-tanya ‘kenapa harus pakai speech to text’, simak alasan-alasan berikut ini, ya.

  1. Speech to Text relatif lebih terjangkau dan ramah di kantong. Sehingga dengan menggunakan teknologi ini, perusahaan akan dapat menghemat cost.
  2. Speech to Text dapat bekerja dengan sangat cepat namun juga akurat.
  3. Penggunaan Speech to Text juga terbilang mudah, tak memerlukan langkah berbelit-belit, serta dapat digunakan melalui komputer maupun ponsel pintar.
  4. Speech to Text dapat membantu meningkatkan produktivitas, efektivitas, efisiensi serta profit perusahaan
  5. Speech to Text merupakan teknologi canggih yang memiliki kemampuan dictation dan spelling yang baik.

Prospek teknologi speech to text dianggap sangat menguntungkan baik bagi perusahaan pengembang maupun bagi para penggunanya. Sejak konsep speech to text atau speech recognition muncul pertama kali pada tahun 1952 di laboratorium Bell, hingga kini banyak perusahaan teknologi yang mengembangkan speech to text termasuk Indonesia.

Makin tertarik untuk pakai speech to text kan? Kalau gitu, biar Sahabat Widya tak bingung menentukan pilihan mau memakai produk speech to text mana, ini Widya udah bikin daftar perusahaan pengembang Speech To Text dan juga pengembang NLP yang ada di Indonesia. Yuk, baca sampai selesai!

Baca juga artikel Perusahaan Penyedia Text to Speech (TTS) di Indonesia

5 Perusahaan Indonesia Pengembang Speech To Text

Bahasa Kita

Salah satu produk dari Bahasa Kita yang populer di kalangan perusahaan lokal hingga instansi pemerintah adalah Notula Rapat. Dengan adanya Notula Rapat yang berbasis speech to text, transkripsi rapat, seminar atau call center customer service notulensi rapat dapat diselesaikan dengan lebih cepat tanpa membuang banyak waktu.

Selain Notula Rapat, Bahasa Kita juga berhasil mengembangkan beberapa produk lain seperti Notula Keyboard, KuTulis, EduGame, MoNik (Monitor Iklan), dan Rekam Medik Elektronik.

Prosa.ai

Perusahaan yang berdiri pada tahun 2018 ini berfokus pada pengembangan teknologi suara dan teks berbasis kecerdasan buatan (AI) dan pemrosesan bahasa (NLP) yang berkualitas tinggi dalam bahasa Indonesia.

Salah satu produk unggulan milik Prosa.ai adalah Prosa.ai Speech to Text. Produk ini mampu mengenali dan mengonversi suara dalam bentuk audio rekaman maupun streaming real-time.

Speech to text yang dikembangkan oleh Prosa.ai dapat diaplikasikan untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Mulai dari membuat notulen rapat, transkrip percakapan customer service dengan pelanggan, perantara untuk menjalankan sistem smart home atau Internet of Things (IoT) hingga dapat diintegrasikan dengan chatbot untuk mengubah instruksi suara menjadi instruksi teks.

Botika

Botika telah berhasil mengembangkan berbagai produk berbasis artificial intelligence yakni Custom Chatbot, Omnibotika, Voice Botika, Botika Pulse, Text To Speech dan Speech to Text. Seluruh produk ini diharapkan mampu memberikan berbagai kemudahan untuk bisnismu.

Berbicara tentang Speech To Text Botika, beberapa benefit yang ditawarkan olehnya antara lain membuat pengingat tagihan dari instruksi suara menjadi bentuk teks, menulis transkrip berita atau wawancara serta mampu membuat notulen rapat.

Nah, dengan adanya teknologi Speech To Text tersebut, perusahaan dan bisnis akan mampu memperluas jangkauan customer, memotong cost dan juga meningkatkan kepuasan layanan pelanggan.

Kata.ai

Perusahaan teknologi asal kota Jakarta ini terus mengembangkan teknologi artificial intelligence-nya dengan memfokuskan pada pemahaman percakapan manusia atau customer dan juga bagaimana teknologi dapat berinteraksi dengan manusia secara natural layaknya manusia.

Sejak berdiri pada tahun 2015, Kata.ai telah mengembangkan berbagai produk teknologi. Diantaranya ada Kata Flow, Kata NL, Kata CMS, Kata Boost, Kata Omnichat dan Kata Voice.

Nah, produk Kata Voice ini adalah aplikasi berbasis interactive voice yang punya fitur utama berupa speech to text API, text to speech API, voice analytics, tersedia dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dan lain sebagainya.

Widya Wicara

Tak ketinggalan, perusahaan teknologi asal Yogyakarta ini juga ikut mengembangkan berbagai produk teknologi suara berbasis artificial intelligence. Beberapa produk solusi yang dimiliki Widya Wicara adalah Smart Speaker Widya Wicara Prima, Natural Language Processing, Wake Word Arunika Text to Speech Widya Wicara dan Speech to Text Widya Wicara.

Kalau ngomongin tentang Speech to Text Widya Wicara, teknologi ini sangat pintar lho, Sahabat Widya. Ia mampu mengonversi audio atau percakapan ke dalam bentuk tulisan secara akurat dan cepat.

Itulah tadi sederet perusahaan-perusahaan yang bisa Sahabat Widya jadikan pertimbangan, ya. Biar lebih jelas lagi, klik di sini untuk mencoba demo speech to text. Kamu hanya perlu merekam suaramu ke dalam box yang tersedia lalu sistem akan mengonversinya dalam bentuk teks. Asik dan mudah banget deh!

Sumber gambar: https://www.freepik.com/free-photo/low-view-modern-skyscrapers-office-buildings_12396223.htm

Post Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *