Kenapa UMKM Perlu Pasang Chatbot Sendiri?

Sebagai pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), kamu harus bisa menyiasati pertarungan yang terjadi di pasar. Salah satunya adalah dengan cara memanfaatkan teknologi untuk menjalankan bisnismu. Kamu bisa mulai menggunakan chatbot customer service.

Chatbot adalah software yang bisa menerima dan memberikan respon secara cepat terhadap pesan dari pelanggan. Chatbot memang sudah banyak digunakan oleh perusahaan di berbagai bidang sebagai software pendamping customer service, tapi jangan salah. Pelaku UMKM juga perlu mempertimbangkan penggunaan chatbot untuk memaksimalkan pelayanan terhadap pelanggan, lho.

Ini dia beberapa faktor yang membuat pebisnis UMKM perlu mencoba teknologi chatbot:

Efektivitas 

Dilansir dari survey Salesforce, 69% konsumen lebih suka mendapat respon dari chatbot, karena mereka bisa mendapat jawaban cepat pada pertanyaan simpel. Berbeda dengan customer service manusia yang harus berpikir dan mencari data yang tepat untuk menjawab pertanyaan, chatbot dapat memunculkan jawaban yang sesuai dengan kata kunci saat itu juga. Sangat efektif!

Baca juga artikel 5 Cara Mudah Bikin Chatbot WhatsApp untuk Bisnismu!

Hemat Biaya

Menggunakan CS manual tak hanya menambah beban gaji karyawan, namun juga biaya operasional seperti pulsa, listrik, dan kuota. Sedangkan, data dari Gartner menyebutkan bahwa virtual CS dapat membantu bisnis mengurangi telepon, chat dan email sebesar 70%. Dengan begitu, biaya yang dibayar pun menjadi lebih ringan karena hanya melalui platform chatbot saja.

Kepuasan Pelanggan 

Banyak orang yang berpikir bahwa dilayani chatbot itu terasa tidak menyenangkan. Padahal jika dilihat dari data HubSpot, 40% pembeli tak peduli apakah mereka dilayani oleh bot atau human agent, yang penting mereka mendapatkan apa yang dibutuhkan.

Bahkan, data dari Forbes menyebutkan bahwa 60% milenial pasti pernah memakai chatbot, lalu 70% diantaranya memiliki user experience yang positif setelah menggunakannya. Data ini cukup menggoyahkan pebisnis lama untuk memakai chatbot, karena sebagian besar target market saat ini adalah milenial dan Gen Z yang menyukai teknologi modern.

Pelayanan 24 jam nonstop

Pelayanan 24/7 yang digadang-gadang sebagai keunggulan utama chatbot, ternyata memang menjadi penunjang kesuksesan bisnis. Berdasarkan data dari The Chatbot, 64% customer mengklaim bahwa pelayanan 24/7 dari chatbot adalah manfaat yang sangat dibutuhkan pelanggan. Apalagi dengan adanya kebiasaan masyarakat baru, semua pelayan online membuat para pelanggan semakin tidak mengenal waktu.

Baca juga artikel Tingkatkan Interaksi Audiens dengan Chatbot untuk Memaksimalkan Penjualan Produk 


Menghindari kesalahan

Sebuah data yang menyebutkan bahwa 90% bisnis melaporkan adanya peningkatan besar dalam kecepatan menyelesaikan keluhan pelanggan (MIT Technology Review). Hal ini karena chatbot memiliki akurasi yang tinggi saat menjawab pertanyaan yang sesuai kata kunci.

Berbeda dengan manusia yang memiliki human error seperti badmood, terpancing emosi, typo, hingga salah fokus. Chatbot akan menyelesaikan semua masalah pelanggan secara cepat tanggap dan tidak akan menambah masalah yang berhubungan dengan perasaan atau emosi.

Ingin omzet bisnis UMKM-mu meningkat pesat? Yuk, pakai Chatbot Widya Wicara!

Sumber gambar: https://www.freepik.com/photos/business

Post Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *