Memperkuat Sektor Finansial dengan Kemajuan Teknologi

Share on linkedin
Share on facebook
Share on twitter

Seberapa besar peran teknologi untuk membantu pekerjaan dunia finansial di era digital?

Peran Internet of Things (IoT) telah masuk ke dalam semua aspek kehidupan. Mulai dari aktivitas harian, perusahaan, kesehatan, hingga keuangan. Salah satu perubahan signifikan yang paling menonjol adalah peran IoT pada dunia Finansial.

Dahulu, semua yang berhubungan dengan keuangan harus melalui prosedur manual yang merepotkan dan memakan waktu lama. Seperti peminjaman modal usaha, transaksi investasi, maupun pembayaran asuransi. 

Kini, dengan adanya IoT, perusahaan-perusahaan finansial menjadi lebih mudah dijangkau dan dimanfaatkan oleh masyarakat umum. Seperti apakah perubahan pada perusahaan finansial yang mendapat sentuhan IoT?

Digital Payment

Dahulu, orang-orang lebih suka bertransaksi menggunakan uang cash. Mereka membawa dompet tebal kemana-mana agar tidak kekurangan uang saat berbelanja. Namun, jika ada copet yang mengambil uang tersebut, maka lenyap sudah seluruh harta dalam dompet.

Berbeda dengan masa kini, orang-orang lebih suka membawa dompet tipis dan ponsel dengan aplikasi digital payment. Sekarang lebih banyak orang yang membayar merchant dengan E-money seperti Gopay, OVO, LinkAja dan Dana. 

Kita hanya perlu memindai barcode yang ada untuk pembayaran, tanpa harus mengantongi lembaran uang. Jika ponsel dicopet, uang tersebut akan tetap aman selama pencuri tidak tahu password e-money kita. 

Digital Bank

Nasabah masa lampau harus pergi ke bank untuk melakukan transaksi seperti setor, tarik, transfer, deposit, maupun pembukaan rekening baru. Dengan adanya Digital Bank, calon nasabah hanya perlu mengunduh aplikasi bank yang diinginkan untuk melakukan semuanya.

Pembukaan rekening pun mudah, hanya perlu mengisi data diri dan melakukan verifikasi melalui video call. Setor dan tarik tunai tanpa kartu pun bisa dilakukan dengan mengetikkan kode pada ATM yang dituju. 

Bahkan, nasabah bisa transfer antar bank dengan cepat, membayar tagihan bulanan, hingga menabung deposito di mana saja tanpa batasan waktu. 

Asuransi Digital 

Dengan adanya asuransi digital, calon nasabah dapat melihat pilihan polis, mendaftarkan diri, melakukan pembayaran polis, hingga mencairkan dana dengan mudah dalam satu aplikasi saja. Agent tidak perlu datang menemui nasabah satu persatu untuk hal-hal yang dapat dilakukan secara online. 

Namun, pada beberapa kasus, agent mungkin tetap datang untuk memastikan kondisi barang yang diasuransikan seperti mobil, rumah, dan barang berharga lainnya. Selain itu, untuk melengkapi data, ada beberapa asuransi digital yang tetap mengirim surel ke alamat rumah guna mendapatkan data yang lebih valid. 

Sekuritas & Blockchain

Berinvestasi menjadi hal yang sangat mudah untuk masyarakat modern. Entah investasi di bursa saham maupun blockchain yang semakin berkembang. Teknologi IoT membuat proses investasi mulai dari pembukaan Rekening Dana Nasabah (RDN) hingga pembelian saham menjadi sangat mudah dan dapat dilakukan dalam satu aplikasi saja. 

Tak hanya investasi, trading menjadi salah satu bentuk dampak dari kemudahan pembelian saham dan blockchain ini. Dengan menggunakan analisis teknikal yang kuat dan kecepatan internet super, kegiatan trading akan jauh lebih menguntungkan daripada investasi yang memakan waktu lama. 

Pinjaman Online

Terakhir, ada fintech pinjaman online yang kini marak digunakan oleh muda-mudi yang membutuhkan modal tambahan cepat tanpa proses yang rumit. Hanya perlu memasukkan data pada aplikasi, uang tunai segera cair dan dapat digunakan untuk apapun.

Meski sudah berada dibawah pengawasan OJK, namun aplikasi ini tergolong salah satu hasil IoT yang membahayakan bagi perekonomian masyarakat. Karena bunga yang kadang tidak masuk akal dan cara penagihan yang menyeramkan, Pinjol banyak dihindari oleh masyarakat. 

Namun, jika benar-benar membutuhkan uang dan dapat menggunakan logika dengan tepat, pinjaman online ini cukup membantu saat terdesak. Hanya saja, dibutuhkan ketelitian dan insting tajam agar tidak terjerumus dalam jebakan pinjol yang tidak bertanggung jawab. 

Dari perubahan IoT pada perusahaan-perusahaan finansial di atas, ada satu teknologi yang digunakan pada seluruh perusahaan tersebut. Teknologi tersebut adalah Chatbot. Karena sifatnya yang digital dapat menjangkau jutaan nasabah, maka CS pun akan kewalahan jika menjawab pertanyaan nasabah secara manual.

Oleh sebab itu, chatbot dapat memberikan jawaban cepat untuk pertanyaan-pertanyaan mudah yang sering diajukan nasabah. Chatbot juga dapat melakukan perintah ringan seperti melakukan transaksi, melihat saldo bank, membayar premi, hingga mengecek tipe investor seperti Robo-chat pada beberapa sekuritas. 

Ingin mentransformasikan perusahaan fintech-mu menjadi lebih unggul? Pasang chatbot Widya sekarang juga dan jadilah perusahaan finansial terbaik era ini!

 

Hubungi Kami

 

Sumber gambar: https://www.freepik.com/photos/business’>Business photo created by freepik – www.freepik.com

Related Article

parenting

Mengenal 3 Prinsip Parenting Ali Bin Abi Thalib

Sejatinya, setiap orangtua wajib untuk menjalankan tugas dan tanggung jawabnya terhadap perkembangan anak, mulai dari pengasuhan maupun pendidikan. Hal inilah yang biasanya disebut dengan parenting.

Newest Article
[taxopress_termsdisplay id="1"]

Newsletter

Subscribe to our newsletter and stay updated.

[taxopress_relatedposts id="1"]