Speech Technology: Pengertian, Keuntungan, dan Penerapannya

speech technology

Ketika mendengar kata speech technology, apa yang pertama kali muncul dalam benak Sahabat Widya? Apakah kalian langsung teringat dengan teknologi speech recognition

Kalau iya, pasti sekarang kamu lagi bertanya-tanya ‘Ada hubungan apa antara speech technology sama speech recognition’ apalagi nama kedua teknologi ini memang mirip, kan.

Biar nggak salah paham sekaligus bisa menjawab rasa penasaran kalian, Widya udah siapin nih penjelasan tentang speech technology di bawah ini. Simak artikel ini sampai habis!

Pengertian Speech Technology

Speech technology merupakan sebuah sistem yang didesain untuk mengenali bahkan mengimitasi suara manusia. Throwback to 1920’s, saat itu speech technology hanya mampu mengenali perintah sederhana saja. Pada tahun itu, sebuah mesin berbentuk mainan anjing ‘Radio Rex’ diciptakan lengkap dengan voice command dimana pengguna dapat memerintah Radio Rex untuk keluar dari kandang.

Sejak saat itu, speech technology terus berkembang hingga akhirnya secanggih sekarang dimana ia mampu merespon bahkan meniru percakapan manusia secara natural. Wah… jadi penasaran nih, gimana sih cara kerja speech technology?

Cara Kerja Speech Technology

Cara kerja speech technology pada dasarnya bergantung pada dua hal, yakni signal processing dan machine learning

Signal processing berperan untuk memproses dan mendapatkan informasi yang berasal dari sinyal sumber audio atau suara. Penerapannya pun ternyata sangat dekat dengan kita, misalnya pada radio, komputer, ponsel dan lain sebagainya.

Sedangkan machine learning adalah bagian dari artificial intelligence (AI) yang mampu belajar secara otomatis melalui user interaction, history dan data yang tersedia. Dengan kemampuan tersebut, machine learning mampu memprediksi respon yang dibutuhkan oleh pengguna.

Subfield Speech Technology

Pada pembahasan ini, pertanyaan tentang hubungan speech technology dengan speech recognition akan terjawab. Jadi, speech technology itu memayungi berbagai subfield yang salah satunya adalah speech recognition, Sahabat. 

Nah, disamping speech recognition, ada beberapa subfield lain yang perlu kamu ketahui, yaitu:

  • Speech recognition, mampu mengenali suara manusia dan melakukan transkripsi
  • Speech verification, mempengaruhi ketepatan pronunciation atau pengucapan
  • Real-time speech to text conversion, konversi dari suara ke dalam bentuk teks secara real time
  • Interactive voice response (IVR), sistem panggilan suara otomatis yang memungkinkan pelanggan berinteraksi dengan komputer
  • Speech synthesis dan speech analytics, kemampuan menghasilkan suara menyerupai manusia dan menganalisis rekaman suara pelanggan
  • Speaker recognition dan speaker verification, mengenali dan memverifikasi suara pembicara

Benefit Speech Technology

Dari berbagai subfield speech technology diatas, bisa kita lihat bahwa teknologi pintar yang satu ini menawarkan banyak sekali keuntungan dan manfaat bagi para penggunanya. Lebih lengkapnya, Widya coba jelaskan benefit atau keuntungan speech technology di bawah ini! 

  • Memenuhi kebutuhan yang berkaitan dengan transkripsi suara hingga pengisi suara
  • Alat bantu untuk penyandang disabilitas baik tuna rungu, tuna wicara dan tuna netra.
  • Sebagai alat bantu bagi tim forensik untuk mengenali suara
  • Memberi alternatif cara komunikasi yang baru
  • Membuka akses pendidikan dengan menyediakan berbagai alternatif belajar dan materi pelajaran
  • Meningkatkan keamanan rumah atau bangunan dengan voice biometric
  • Mendukung virtual assistant yang ada dalam smart speaker dan smart device lainnya

Use Case atau Penggunaan Speech Technology dalam Berbagai Sektor

Setelah mengetahui pengertian, cara kerja, subfield hingga benefit (keuntungan) speech technology, sekarang saatnya Widya bahas mengenai use case atau penggunaan speech technology untuk berbagai hal, misalnya:

  1. Sektor Pendidikan

Menawarkan berbagai alternatif metode belajar yang dapat membantu siswa berkebutuhan khusus seperti disleksia, gangguan penglihatan, tunanetra, tuna rungu atau anak kecil dengan literasi rendah.

  1. Kesehatan

Memperlancar pekerjaan dokter, perawat dan tim medis. Membantu pasien dengan gangguan penglihatan atau pendengaran untuk mendapatkan informasi yang sama mengenai perawatan, pengobatan, kandungan obat dan lain-lain.

  1. Tim Forensik

Pengenalan suara menggunakan speaker identification atau speaker verification berguna bagi tim forensik ketika mereka harus melakukan investigasi dan mencari informasi lengkap seseorang hanya dari audio percakapannya saja.

  1. Sektor keamanan

Salah satu kegunaan speech technology adalah untuk meningkatkan keamanan, misalnya melalui voice biometric. Fungsi voice biometric mirip seperti teknologi biometrik lain misalnya fingerprint, face recognition atau iris recognition.

  1. Kebutuhan Bisnis

Dengan memanfaatkan teknologi ini, sebuah bisnis bisa dengan mudah mendapatkan insight dari pelanggan, mentranskripsi percakapan pelanggan, menjangkau pelanggan lebih luas, meningkatkan customer satisfaction dan lainnya.

Gimana Sahabat Widya, apakah kamu tertarik menggunakan speech technology juga? Kebetulan banget, Widya Wicara punya beberapa produk berbasis suara yang bisa kamu pilih. Salah satunya adalah text to speech bahasa Indonesia bernama Text to Speech Widya Wicara.

Text to Speech Widya Wicara cocok digunakan buat kamu yang ingin membantu anak dengan kesulitan membaca atau menulis. Kamu bisa memanfaatkan produk yang didukung oleh artificial intelligence (AI) dan juga natural language processing (NLP) ini sebagai teman belajar anak. Gunakan Text to Speech Widya Wicara sekarang dan lihat bagaimana kemampuan belajar anak berkembang dimasa depan. Coba demo gratis dan dapatkan produknya di  www.widyawicara.com.

Post Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *