Tingkatkan Employee Experience dengan Conversational AI

Bertukar cerita dan berbagi pengalaman sudah menjadi hal yang lumrah di sosial media. Baik itu tentang kehidupan pribadi atau pengalaman saat bekerja. Kebanyakan yang menjadi viral adalah pengalaman-pengalaman tidak mengenakkan. Netizen sering dihebohkan oleh pengalaman seseorang yang diperlakukan tidak adil oleh atasan atau rekan kerja di kantor.

Seperti salah satu surat terbuka yang akhir-akhir ini viral tentang seorang wanita yang menyebutkan bahwa atasannya selalu memanipulasi dan merendahkan dirinya hingga membuatnya tertekan secara batin. Kejadian tersebut merupakan salah satu dari employee experience. Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan employee experience? Dan seberapa penting employee experience untuk perusahaan?

Apa itu employee experience?

Istilah employee experience memiliki pengertian sebagai seluruh perjalanan atau pengalaman karyawan selama berada di sebuah organisasi atau perusahaan. Bisa dikatakan bahwa employee experience merupakan perjalanan seorang karyawan mulai dari masa rekrutmen hingga keluar dari perusahaan.

Employee experience memiliki peran yang sangat penting bagi kemajuan perusahaan. Sebab pekerja yang bahagia akan lebih produktif dan inovatif. Selain itu employee experience yang baik akan menurunkan angka turnover, memperbaiki brand image perusahaan, dan menghasilkan profit yang lebih besar.

Meskipun penting, kenyataannya masih banyak perusahaan yang mengabaikan employee experience. Menurut survei jurnal online Gallup, hanya 2 dari 10 pekerja yang setuju bahwa hasil kerja mereka diapresiasi oleh perusahaan dan 12% setuju bahwa perusahaan memberikan pengalaman yang menyenangkan selama bekerja. Dengan banyaknya keluhan tentang ketidakpuasan karyawan terhadap perusahaan di media sosial juga menjadi salah satu bukti bahwa memang masih banyak perusahaan yang tidak memperhatikan employee experience.

Employee Experience dan Conversational AI

Seperti saat memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan, perusahaan harus bisa memberikan pengalaman terbaik pada karyawan juga. Terutama pada lingkungan kerja hybrid yang hampir semua perusahaan menerapkannya sekarang ini. Ketika semua dilakukan secara remote, karyawan dituntut untuk lebih fleksibel dengan jam kerja dan beban kerja yang terkadang tidak menentu.

Manajer Human Capital/Human Resource harus bisa menjadi jembatan yang baik dengan merancang employee experience yang menyesuaikan lingkungan kerja. Seperti yang disebutkan oleh Yellow Ai dalam salah satu artikelnya, manajer HR di seluruh dunia telah mengevaluasi kembali teknologi dan alat yang mereka gunakan untuk dapat meningkatkan employee experience. Setidaknya ada beberapa poin solusi alat dan teknologi yang dibutuhkan seperti berikut:

  • Sesuatu yang bisa menjawab dan menyelesaikan masalah karyawan di waktu-waktu tertentu, bahkan di luar jam kerja.
  • Kemampuan untuk menyelesaikan tugas-tugas penting seperti keluhan karyawan dan perilaku buruk karyawan yang masuk ke dalam laporan HR.
  • Sesuatu yang dapat mengurangi biaya operasional hingga 30% dengan mengurangi beban kerja bagian HR hanya untuk menjawab pertanyaan tidak penting dan berulang.
  • Bisa dimanfaatkan untuk menjadi alat survey dan penyebaran informasi dari manajemen kepada karyawan yang bekerja secara hybrid (di kantor dan remote).

Teknologi Conversational AI bisa menjadi solusi dari permasalahan ini. Tidak hanya untuk bagian penjualan tetapi teknologi ini juga bisa digunakan oleh bagian Human Resource untuk menghadapi karyawan. Chatbot yang dilengkapi dengan teknologi NLP dapat memahami bahasa manusia secara natural, bekerja selama 24 jam, dan menyelesaikan masalah dalam hitungan detik.

Merujuk pada situs Gartner, pada tahun 2023, sebanyak 75% semua pertanyaan terhadap manajemen HR akan dilakukan melalui percakapan online dalam rangka memenuhi kebutuhan lingkungan kerja hybrid.

Chatbot dapat digunakan pada portal karyawan atau channel platform bertukar pesan. Sehingga karyawan dapat berkomunikasi dengan mudah. Chatbot dapat menjadi jembatan serta solusi terbaik untuk meningkatkan employee experience dengan menaikan engagement karyawan terhadap perusahaan.

Perkuat hubungan antar karyawan dan tingkatkan employee experience perusahaanmu dengan Chatbot Widya Wicara. Chatbot Widya Wicara menyediakan conversational ai yang komunikatif, interaktif, dan dapat diintegrasikan dengan berbagai macam platform.

Kunjungi laman resmi Widya Wicara untuk informasi lebih lanjut.

Chatbot Widya Wicara

 

Sumber: https://www.freepik.com/free-photo/teamwork-meeting-with-business-people_12162301.htm

Post Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *