Transformasi Digital pada Industri Finansial

Seiring dengan perkembangan teknologi dan maraknya penggunaan smartphone, kini banyak perusahaan dari berbagai industri yang berlomba-lomba melakukan transformasi digital, tak terkecuali di industri finansial.

Tanpa adanya transformasi digital, industri finansial akan kesulitan menjangkau masyarakat Indonesia secara keseluruhan. Bagi masyarakat di daerah yang jauh dari perkotaan, sebenarnya kebutuhan keuangan mereka cenderung lebih sederhana, misalnya untuk tabungan, membayar tagihan, pinjaman kecil dan membeli pulsa. Namun, kebutuhan tersebut tetap membutuhkan jangkauan perbankan. 

Dengan adanya transformasi digital yang kini sudah hadir, seperti microfinancing, P2P lending service, dan Digital Payment System, masyarakat daerah tersebut bisa mendapatkan berbagai kebutuhan keuangan mereka dengan lebih praktis. Sehingga, transformasi digital bagi institusi finansial ini bisa memberi keuntungan bagi semua pihak yang terlibat, mulai dari pelanggan, pemerintah, hingga penyedia jasa finansial.

Cetak Biru Transformasi Digital Industri Finansial

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah meluncurkan Cetak Biru Transformasi Digital Industri Finansial, khususnya perbankan. Cetak biru (blueprint) ini nantinya akan menjadi acuan bagi industri perbankan untuk mempercepat proses transformasi digital.

          Baca juga artikel Memperkuat Sektor Finansial dengan Kemajuan Teknologi

Terdapat lima elemen pengembangan digitalisasi dalam Cetak Biru Transformasi Digital Perbankan. Kelima elemen itu antara lain adalah:

  1. data (mencakup perlindungan data, transfer data, dan tata kelola data)
  2. teknologi (mencakup tata kelola teknologi informasi, arsitektur teknologi informasi dan prinsip adopsi teknologi informasi)
  3. manajemen risiko (mencakup keamanan siber bank umum dan alih daya)
  4. kolaborasi (mencakup platform sharing dan kerjasama bank dalam ekosistem digital)
  5. serta tatanan institusi (mencakup dukungan pendanaan, kepemimpinan, desain organisasi, talenta sumber daya manusia dan budaya).

Mengapa Industri Finansial Harus Melakukan Transformasi Digital?

Berikut adalah alasan penting mengapa industri finansial harus melakukan transformasi digital di era modern ini:

  • Transformasi Digital Merupakan Keharusan
    Sudah sebanyak 97% perusahaan kini mulai melakukan transformasi digital, 21% diantaranya bahkan memprioritaskan strategi transformasi digital tersebut. Perusahaan finansial yang tidak melakukan transformasi digital akan kesulitan mendapatkan pelanggan, karena pelanggan akan lebih tertarik dengan kemudahan yang diberikan oleh kompetitor. Dengan begitu, perusahaan finansial konvensional ini akan kalah saing dan mengalami kerugian.
  • Meningkatkan Customer Experience
    Customer Experience yang baik merupakan hal yang harus diraih oleh tiap perusahaan. Perusahaan finansial kini tidak hanya dituntut untuk bersaing dengan kompetitor dalam hal mendapatkan keuntungan dan menggaet pelanggan baru, namun juga dalam hal menawarkan pengalaman pelanggan yang luar biasa. Transformasi digital inilah yang dapat membantu meraih goals customer experience tersebut, khususnya dalam hal mengenalkan produk dan memberikan kemudahan bagi para pelanggan.
  • Menumbuhkan Pengalaman Karyawan
    Meningkatkan customer experience memanglah penting, tapi meningkatkan pengalaman karyawan juga tak boleh dilupakan, karena karyawan yang nyaman tentu akan memberikan pelayanan terbaik yang menguntungkan perusahaan. Dengan transformasi digital, selain dapat memudahkan pelanggan, juga dapat memudahkan kinerja para karyawan, sehingga pekerjaan mereka pun bisa terselesaikan dengan lebih efisien.
  • Keamanan Data Pelanggan Harus Menjadi Prioritas
    Kelebihan dari transaksi finansial yang dilakukan secara digital adalah seluruh arus keuangan juga tercatat secara digital, sehingga mudah untuk ditelusuri. Berbagai celah untuk tindak kriminal seperti penipuan, pencucian uang hingga pemalsuan uang pun jadi lebih mudah untuk dicegah.

Begitulah penjelasan mengenai beberapa alasan mengapa industri finansial harus segera melakukan transformasi digital.

Ingin perusahaan finansialmu lebih unggul dari kompetitor? Lakukan transformasi digital dengan memasang chatbot dari Widya Wicara untuk perusahaanmu, agar komunikasi dengan pelanggan bisa lebih mudah, praktis, dan tentunya meningkatkan customer experience.

 

Post Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *