5 Rekomendasi Permainan Edukasi Anak Islami untuk Si Buah Hati

Memperkenalkan ajaran agama pada buah hati bisa dimulai sejak dini. Tentu butuh metode khusus untuk mengajarkan agama pada anak supaya efektif, salah satu metodenya adalah dengan permainan edukasi islami. Permainan edukasi memberikan kesenangan pada anak, sehingga proses belajar agama pun menjadi lebih asik.

Selain itu, ada juga lho manfaat lain yang bisa didapatkan dari permainan edukatif. Simak artikel ini sampai habis, ya!

Manfaat yang Didapat Anak dari Mainan Edukatif

Dengan menggunakan permainan/game sebagai media edukasi, anak akan mendapatkan beberapa manfaat, seperti mendapatkan proses kegiatan belajar mengajar yang lebih baik dan efektif, meningkatkan kemampuan anak dalam hal koordinasi, komunikasi dan kerjasama, serta membantu anak supaya lebih mudah dalam memahami materi pelajaran.

Selain itu, dirangkum dari laman Sahabat Keluarga Kemendikbud, berikut beberapa manfaat dan fungsi mainan edukatif bagi anak:

  • Melatih kemampuan motorik
  • Melatih konsentrasi
  • Meningkatkan kreativitas dan perkembangan anak
  • Mengenalkan konsep logika sederhana
  • Menumbuhkan rasa percaya diri
  • Melatih kemampuan verbal dan bahasa anak
  • Mengenalkan konsep sebab akibat
  • Menambah pengetahuan dan wawasan
  • Mengenalkan warna, bentuk, dan tekstur

Rekomendasi Permainan Edukasi Anak Islami

Memberi edukasi pada anak tentang Islam tidak harus dengan materi yang serius, karena kini sudah banyak permainan atau game yang bisa digunakan sebagai media pembelajaran. Jadi, anak tidak akan bosan ketika mempelajari itu, karena dikemas menjadi sebuah permainan yang menarik. Berikut rekomendasi permainan/game edukasi anak Islami:

1.    Permainan Edukasi Islami

Permainan dengan genre edukasi Islami ini biasanya dapat dimainkan oleh anak berusia 2 sampai 8 tahun. Di dalamnya terdapat beberapa topik edukasi mengenai Islam, seperti belajar cara wudhu, belajar huruf hijaiyah, belajar sholat, hingga mengenal para nabi.

Supaya tidak membosankan, biasanya juga dilengkapi dengan animasi, musik, dan narasi yang menarik sehingga akan membantu anak bahkan yang belum lancar membaca.

Para orang tua bisa menggunakan permainan dengan genre ini untuk melatih ketangkasan, kecerdikan, serta mengasah otak dan daya ingat anak.

2.    Board Game

Sesuai namanya, genre board game merupakan permainan yang dimainkan di atas papan. Board game sendiri bisa dikaitkan dengan berbagai tema, salah satunya adalah tema Islami.

Salah satu contoh permainan board game yaitu permainan papan ular tangga dengan tema Islami. Dengan bermain board game ini, anak akan dilatih untuk melakukan berbagai perilaku yang baik, seperti seperti rajin belajar, membuang sampah pada tempatnya, berbakti kepada orang tua, berdoa setiap saat, merapikan tempat tidur sendiri.

Jika anak berhenti di perilaku baik, maka ia akan langsung naik tangga. Namun, jika anak berhenti di perilaku yang buruk, maka ia akan turun tangga.

3. Puzzle Islami

Kemudian ada permainan puzzle islami. Permainan jenis ini berbentuk puzzle dengan menghadirkan konten islami yang menarik bagi anak-anak. Orang tua dapat memilih gambar, tingkat kesulitan dan tingkat permainan yang sesuai dengan usia dan kemampuan anak.

Karena bertema Islami, puzzle game ini gambar-gambarnya juga bernuansa Islam, seperti gambar masjid, ka’bah, dan lain-lain.

Game ini bertujuan untuk mengasah keterampilan kognitif, pemecahan masalah, sosial, dan motorik halus anak melalui permainan.

4.    Cerdas Cermat

Ayah Bunda ingat dengan kuis Who Wants to be a Millionaire? Nah, permainan itu adalah salah satu contoh permainan berjenis cerdas cermat.

Pertanyaan yang disampaikan dalam permainan cerdas cermat akan menyesuaikan dengan tema yang telah ditentukan. Misalnya bila cerdas cermat bertema islami, maka pertanyaannya juga akan seputar Islam.

Permainan ini sangat cocok untuk memberi pengetahuan tentang Islam kepada anak.

5. Smart Speaker Islami

Selain dari beberapa rekomendasi permainan di atas, ada juga lho aplikasi edukatif buatan orang Indonesia, yaitu Smart Speaker Widya Wicara Prima. Jadi, dengan membeli speaker tersebut, para orang tua bisa mendengarkan konten-konten Islami untuk anak, yang tentunya konten tersebut telah dikemas dengan menarik sehingga tidak akan membuat anak bosan.

Widya Wicara Prima memiliki banyak fitur Islami dan Edukatif, seperti Cerita 25 Nabi, Kuis Pengetahuan Islami, Pola Asuh Islami, Sambung Ayat, Jadwal Puasa, Cerita Islami, Kajian Islami, Doa Harian, dan masih banyak lagi. Jadi, tidak hanya berguna bagi anak, tapi juga berguna bagi para orang tua.

Kalau kamu tertarik dengan Widya Wicara Prima ini, langsung saja kunjungi websitenya di www.widyawicara.com.

Post Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *