Permasalahan yang sering dihadapi para pebisnis atau pemilik perusahaan adalah respon _customer service_ yang terlalu lama. Saking lamanya, bisa-bisa para pelanggan akhirnya memilih pergi ke perusahaan kompetitor. Wah, bisa gawat nih. Harus gimana dong? Tenang, ada solusinya kok. Kamu bisa pakai **_chatbot_**!
_Chatbot_? Apa itu? _Chatbot_ adalah _software_ inovatif yang bisa menerima dan memberikan respon secara cepat terhadap pesan dari pelanggan. Kini, chatbot sudah banyak digunakan oleh perusahaan di berbagai bidang sebagai _software_ pendamping _customer service_ dengan tujuan optimalisasi kecepatan respon kepada pelanggan. Misalnya saja seperti perusahaan _finance_, perbankan, _e-commerce_, bahkan pada bidang kesehatan sekalipun.
Persentase penggunaan _chatbot_ terbilang cukup besar, lho. Dilansir dari Invespro.com, beberapa tahun terakhir ini penggunaan chatbot diperkirakan mencapai 67% dan kemungkinan angka persentase ini akan terus meningkat di setiap tahun. Keren, kan!
#### ** Memangnya Apa Aja Sih Manfaat Chatbot?**
Semua yang terjadi dalam hidup pasti ada alasannya, begitu juga dengan peningkatan penggunaan _chatbot_. Kira-kira ada apa aja ya manfaat yang menjadi alasan penggunaan layanan _chatbot_ diprediksi akan terus meningkat?
- _Chatbot_ mampu menerima, memproses dan merespon pesan pelanggan dalam waktu singkat - _Chatbot_ bisa selalu aktif selama 24 jam sehari - Komunikasi mudah - Mampu menjawab pertanyaan repetitif dalam jumlah banyak - Memungkinkan semua pelanggan menerima respon - Bisa diakses kapan pun dan di mana pun - Biaya terjangkau - Mampu mengirim pesan secara masif
#### **Mengapa Chatbot Dikatakan Sebagai Masa Depan Customer Service?**
Sahabat Widya, ternyata masih banyak lho pelanggan merasa tidak puas dengan pelayanan _customer service_ yang menurut mereka masih terlalu lambat. Pasalnya, _customer service_ memiliki berbagai masalah yang memperlambat pekerjaan mereka. Misalnya pesan yang datang secara masif dalam satu waktu dan ratusan pesan dengan pertanyaan yang sama yang datang berulang kali.
_Chatbot_ dengan segala kecerdasannya mampu mengenali kata kunci dan menjawab pertanyaan repetitif dalam waktu singkat. Oleh karena itulah, chatbot dinilai sebagai masa depan dari customer service yang akan membantu manusia dalam memaksimalkan pelayanan.
#### **Bukan Cuma E-Commerce, Tapi Perusahaan Finance dan Perbankan Juga Butuh Chatbot**
Berbagai perusahaan telah menilai penggunaan _chatbot_ bisa menjadi masa depan dan jalan keluar dari permasalahan _customer service_ yang dinilai kurang cepat dan tidak bisa selalu aktif seharian penuh dalam melayani pelanggan. Dengan menggunakan _chatbot_, sekarang pelanggan tak perlu lagi menunggu lama. Cukup mengirimkan pertanyaan, lalu _bot_ akan menganalisis pertanyaan tersebut dan memberikan respons cepat dan tepat.
Menariknya, ada juga layanan _chatbot_ untuk perbankan dan _finance_. Di Indonesia juga banyak kok perusahaan layanan perbankan dan _finance_ yang menggunakan _chatbot_. Misalnya adalah bank BCA, BRI, Mandiri dan lain sebagainya. Selain perbankan, perusahaan seperti Telkomsel, XL dan Unilever juga sudah menggunakan _chatbot_, lho.
#### ** Keuntungan bagi Perusahaan**
Salah satu keuntungan perusahaan yang menggunakan layanan _chatbot_ yaitu dapat menaikkan persentase kecepatan respons _customer service_ terhadap pesan pelanggan dan menghemat biaya sekitar 30% dibandingkan dengan merekrut banyak _customer service_. Kecepatan respons chatbot juga tak perlu diragukan lagi.
Efek domino dari meningkatnya pelayanan _customer service_ itu sangat besar. Bila pelayanan pelanggan membaik, pelanggan pun akan merasa lebih puas dan menjadi loyal terhadap perusahaan tersebut. Nggak bakal deh lirik-lirik ke perusahaan kompetitor.
Dimana ya tempat terbaik untuk mendapatkan layanan _chatbot_ inovatif? Widya punya jawabannya! Kamu bisa lho pakai layanan _chatbot_ punya Widya, namanya Chatbot **WINA (Widya Intelligent Assistant)**. _Chatbot_ WINA ini akan memberikan banyak keuntungan buat kamu. Mulai dari jangkauan yang luas, bisa aktif kapan saja selama 24 jam, respons yang cepat jadi nggak ada yang namanya _late response_ lagi, dan kamu juga bisa mendapatkan _insight_ dari berbagai _platform._
