Metode Takrir, Cara Mudah Menghafal Alquran dengan Cepat

Menjadi penghafal Quran atau hafiz Quran adalah impian bagi orang Islam. Apalagi, dengan menghafalkan kitab suci tersebut, kita akan memperoleh banyak keutamaan. Mulai dari pahala yang melimpah, menjadi orang-orang yang didampingi malaikat, hingga mendapat keuntungan berlipat ganda di akhirat kelak.

Namun, menghafalkan alquran tidak semudah itu. Kesibukan duniawi menyita sebagian besar waktu kita untuk beribadah, apalagi menghafalkan Alquran. Oleh karena itu, bagi yang bersungguh-sungguh ingin menjadi hafiz di tengah kesibukan yang padat, kamu harus mencoba metode yang satu ini!

Baca juga artikel 5 Resep Rahasia Cepat Menghafal Al Quran

Mengenal Metode Takrir

Kemampuan ingatan manusia memiliki kapasitas yang terbatas, namun dapat dioptimalkan jika menggunakan cara yang tepat. Salah satu cara paling efektif adalah dengan memberikan stimulasi pengulangan informasi yang berfungsi untuk memelihara informasi tersebut.

Nah, untuk menghafalkan Alquran sendiri, metode pengulangan ini juga terbukti menjadi cara paling mudah dan cepat. Metode pengulangan ini bernama At-Takrir, yang berarti proses mempraktekkan sesuatu yang sistematis dan berulang secara teratur.

Pengulangan ini akan memudahkan informasi berupa ayat-ayat suci Alquran lekas masuk ke dalam ingatan, kemudian bertahan lama dengan cara murojaah (mengingat kembali). Bahkan, pengulangan ini dikatakan dapat masuk dalam long term memory.

Langkah-Langkah Menghafal dengan Takrir

Lalu, bagaimana cara menerapkan metode takrir ini untuk menghafalkan Alquran? Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu praktekkan:

  • Menentukan batasan bagian Alquran yang ingin dihafalkan. Niatkan untuk menghafal satu surat atau satu bagian saja dalam satu waktu. Ini akan membantu fokus konsentrasimu agar tidak terpecah.
  • Menghafalkan ayat satu persatu dengan membaca atau mendengarkannya secara teliti. Lalu, ulangi ayat tersebut terus-menerus sampai hafal.
  • Setelah menghafalkan ayat demi ayat, coba ulang dari awal surat hingga ayat terakhir untuk memantapkan ingatan.
  • Hafalan dengan bantuan orang lain akan sangat membantu jika ada kesalahan pengucapan atau tanda baca.
  • Jika tidak ada orang lain, kamu bisa menggunakan alat rekaman¬†atau smart speaker islami seperti Widya Wicara untuk membantu proses hafalanmu.

Baca juga artikel Benarkah Subuh adalah Waktu Terbaik Untuk Menghafal Al-Quran?

Kunci Sukses Metode Takrir

Setelah memahami apa itu metode takrir, kini saatnya kamu membuktikan sendiri efektivitas metode ini. Namun ternyata, tidak semua orang bisa sukses menggunakan metode ini, lho! Nah, agar kamu termasuk salah satu orang yang sukses, jangan abaikan hal-hal ini, ya!

  • Luruskan niat
  • Luangkan waktu hafalan
  • Disiplin dan istiqomah
  • Atur mood agar bisa berkonsentrasi penuh
  • Jauhi hal-hal yang dilarang oleh Allah SWT

Ingin mempraktekkan metode takrir dengan mudah? Coba pakai fitur hafalan di Smart Speaker Widya Wicara Prima. Dengan istiqomah mengikuti pengulangan ayat Widya, insyaAllah tujuanmu akan segera tercapai. Yuk, istiqomah jadi hafiz/hafizah bersama Widya!

Widya Wicara Speaker Islami

Sumber gambar: Islamic photo created by freepik – www.freepik.com

Post Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *