Text to Speech, Pengisi Suara Unik di Ruang Publik

Ketika seseorang membuka pintu kafe, sebuah suara wanita yang ramah menyambutnya, “Selamat datang di Kafe Sejiwa!”

Sepuluh detik kemudian, beberapa remaja memasuki kafe dan ucapan itu selalu menyambut mereka satu persatu. Tak hanya menyambut kedatangan, suara wanita itu juga mengucapkan selamat jalan jika ada pengunjung yang keluar dari kafe.

Pertanyaannya, apakah pengisi suara tersebut tidak lelah memberikan ucapan hampir seribu kali sepanjang hari? Apalagi, tidak ada waktu istirahat baginya karena pengunjung datang tanpa henti.

Jawabannya, pengisi suara itu takkan pernah berhenti memberikan sambutan, kecuali sambungan listriknya mati. Karena kafe tersebut tidak menggunakan jasa pengisi suara manusia, melainkan teknologi Text to Speech yang diprogram untuk memberi sambutan pada pelanggan.

Mengubah Tulisan Menjadi Suara Unik

Dikenal sebagai teknologi pengubah teks menjadi suara, Text to Speech (TTS) menjadi sangat populer di kalangan masyarakat milenial saat ini. Selain efektif meringankan pekerjaan manusia, TTS juga menghasilkan suara yang lebih unik dengan nada konsisten, sehingga pendengar dapat merasakan sensasi futuristic.

Oleh sebab itu, TTS ini pun dimanfaatkan pada beberapa bidang yang membutuhkan. Seperti Voice Over konten media sosial, audiobook, hingga sebagai alat pembelajaran. Lalu, bagi para pebisnis juga dapat memanfaatkan TTS ini sebagai fitur unik dalam website.

Untuk bagian pelayanan, TTS dapat digunakan customer service sebagai voicebot. Yakni pelayanan chatbot yang dipadukan dengan suara, sehingga pelanggan hanya perlu berbicara untuk mendapatkan jawaban atau layanan yang diinginkan.

TTS dapat digabungkan dengan teknologi lain untuk menghasilkan mesin yang canggih. Contohnya adalah suara navigasi peta digital, smart speaker, dan alat-alat modern lainnya.

Baca juga artikel 9 Contoh Pemanfaatan Text to Speech

Menemukan TTS di Tempat Umum

Selain digunakan untuk kebutuhan personal, ternyata TTS ini juga sering kamu temukan di tempat-tempat umum, seperti ucapan selamat datang di kafe. Nah, apakah kamu tahu tempat-tempat umum lain yang menggunakan TTS?

  1. Jadwal Keberangkatan Transportasi

    Saat berada di stasiun, kita sering mendengar pengumuman jadwal keberangkatan kereta dengan jarak yang sangat dekat. Pasti seseorang pernah berpikir, siapakah perempuan yang mengisi suara jadwal keberangkatan yang tidak pernah berhenti itu?Nyatanya, beberapa stasiun besar telah menggunakan teknologi TTS untuk menggantikan pengisi suara. Sang operator hanya perlu memasukkan data jadwal dengan waktu yang tepat, kemudian TTS akan mengumumkannya dengan menggunakan beberapa bahasa secara berurutan.

    Penggunaan bahasa yang berbeda ini bertujuan untuk memudahkan turis asing yang sedang berkelana di pelosok negeri. Karena selain tak perlu beristirahat, TTS juga dapat memberikan pengumuman dengan aksen bahasa yang jelas dan konsisten.

  2. Nomor Antrean dan Pesanan

    Text to Speech tidak hanya membantu customer service online saja, tetapi juga saat melayani pelanggan secara tatap muka. Bantuan tersebut dapat ditemukan saat pemanggilan nomor antrean. CS tak perlu lagi memanggil nama pelanggan satu persatu, hingga terjadi human error seperti nomor yang terlewat dan lupa dilayani.Teknologi TTS untuk nomor antrean ini biasanya dapat kamu temukan di bank, apotek, rumah sakit, perusahaan asuransi, serta kantor pemerintahan untuk mengurus surat KTP, SIM, STNK, NPWP dan sebagainya.

  3. Pengumuman di Pusat Perbelanjaan

    Pusat perbelanjaan tak bisa lepas dari teknologi TTS untuk memberikan pengumuman promo hingga kasus penting. Ada kalanya, sebuah mall maupun pusat perbelanjaan memiliki angka penjualan yang jauh dari target. Untuk itu, pengumuman promo diskon pun gencar dilakukan agar pengunjung tertarik menambah belanjaannya.Strategi pemasaran model ini tentunya membutuhkan tenaga yang besar dan konsisten. Karena jika pengumuman berhenti, bisa saja pembeli sudah pulang dengan belanjaan yang secukupnya. Maka dari itu, beberapa mall menggunakan TTS ini untuk memancing minat belanja pelanggan pada barang-barang lainnya.

  4. Mesin Otomatis

    Mesin ATM, vending machine, portal parkir, hingga pengukur suhu tubuh saat ini banyak yang menggunakan teknologi TTS untuk menyempurnakan kegunaan alat tersebut. Sebenarnya, maksud di balik penggunaan TTS untuk mesin-mesin otomatis ini adalah memudahkan pengguna disabilitas.Namun, nyatanya banyak orang-orang normal yang lebih suka berhadapan dengan mesin berteknologi TTS, karena tak perlu repot membaca dengan jarak yang dekat. Ditambah lagi protokol “jaga jarak” yang harus dipatuhi di masa pandemi, membuat TTS bukan hanya sebagai pelengkap lagi. TTS menjadi kebutuhan untuk bertahan di era digital ini.

Belum afdol rasanya jika tempat-tempat umum masa kini tidak menggunakan TTS. Kafe, butik, kantor, toko, swalayan, dan seluruh bisnis kekinian akan tampak ketinggalan zaman jika tidak memasang suara TTS di beberapa sudut ruangannya.

Apalagi, pemuda milenial saat ini lebih menyukai hal-hal berbau teknologi canggih dengan konsep futuristic yang memikat. Jangan sampai kamu kehilangan pelanggan hanya karena bisnismu kalah keren dibandingkan toko sebelah.

Pasang teknologi text to speech sekarang juga untuk meningkatkan kualitas bisnismu! Kunjungi www.widyawicara.com untuk melakukan pemesanan segera!

Post Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *